Bukit, Alam, Daftar Wisata, Pantai, Pulau

6 Tempat Wisata di Baa Rote Ndao NTT

pantai telaga nirwana, Tempat Wisata di Baa Rote Ndao

pantai telaga nirwana, Tempat Wisata di Baa Rote Ndao - Foto by qupas.id

Tempat Wisata di Baa Rote Ndao – Baadale (Ba’a atau Baa) merupakan sebuah desa yang ada di Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di Pulau Rote, menyimpan pesona alam yang beragam. Mari kita simak tempat wisata apa saja yang ditawarkan oleh Pulau Rote.

1. Batu Termanu

Tempat Wisata di Baa Rote Ndao yang pertama adalah Batu Termanu. Batu Termanu terletak di Desa Onatali, Kecamatan Rote Tengah. Batu Termanu sebenarnya merupakan 2 buah bukit berukuran sangat besar yang berada di sebuah tanjung dan di lepas pantai.

6 Tempat Wisata di Baa Rote Ndao NTT 1

Batu Termanu – Foto by indonesia.travlr.com

Dua bongkahan batu besar tersebut yaitu Batu Suelai, yang disebut-sebut berkelamin pria oleh masyarakat setempat ini terletak di pesisir pantai. Sedangkan Batu Hun yang berkelamin wanita ini  terletak berada di laut lepas yaitu sekitar 500 m dari bibir pantai.

Terlepas dari cerita mistis dibalik batu tersebut, cara untuk menuju ke lokasi ini ada dua cara

Perjalanan lewat udara

Via udara, pengunjung dapat menggunakan pesawat dari Bandara El Tari Kupang ke Bandara Lekunik Rote, menggunakan maskapai yang melayani rute Kupang-Rote-Kupang yaitu Trans Nusa dan Susi Air, dengan biaya sekitar 200-300an ribu rupiah untuk sekali penerbangan. Untuk jadwalnya yaitu seminggu 3 kali yakni Senin, Rabu dan Jum’at/ Sabtu (jadwal dapat berubah tergantung situasi dan kondisi cuaca).

Perjalanan lewat Laut

Sedangkan via lautnya terdapat 2 pilihan alternatif kapal yaitu menggunakan kapal lambat (ferry) dan kapal cepat (speed boat). Apabila pengunjung memilih menggunakan kapal ferry, waktu pemberangkatannya yaitu pukul 08.00 WITA dari Pelabuhan Bolok, Kupang dan kemudian berlabuh di Pelabuhan Pantai Baru, Rote. Waktu penyeberangan memakan waktu tempuh hinga 3-4jam (tergantung cuaca dan kondisi laut).

Dan bagi yang memilih alternatif kapal cepat berangkatnya yakni dari Pelabuhan Tenau, Kupang dengan waktu keberangkatan pukul 08.00 WITA. Perjalanan dengan kapal cepat memakan waktu sekitar 1.5-2 jam lamanya tergantung kondisi angin dan gelombang di laut.

Walaupun perjalanan menuju kesini lumayan menyita waktu, tenaga dan biaya tapi eloknya Batu Termanu akan jadi penawar lelah kamu.

2. Pantai Telaga Nirwana

Pantai Telaga Nirwana, Tempat Wisata di Baa Rote Ndao

Pantai Telaga Nirwana, Tempat Wisata di Baa Rote Ndao – Foto by qupas.id

Pantai Telaga Nirwana juga menjadi salah satu Tempat Wisata di Baa Rote Ndao yang harus kamu kunjungi.  Telaga Nirwana terletak di Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao. Tempat ini punya muara laut dengan air sejernih kristal serta laguna indah yang dikelilingi pepohonan mangrove dan batuan cadas.

Supaya bisa sampai di lokasi, kamu perlu menyewa sampan milik nelayan dari bibir Pantai Buedale. Kemudian mendayung kira-kira sejauh 200 meter atau 10 menitan untuk sampai di bibir telaga.

Kalau pakai jalur darat, tujulah Kota Baa. Dari sana, jaraknya sekitar 35 kilometer ke Desa Oeseli. Semua perjalanan tersebut bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun empat. Disini kamu akan merasakan nuansa privat pool karena memang akses kesini masih lumayan sulit.

Baca Juga ya :

3. Pantai Tolanamon, Tempat Wisata di Baa Rote Ndao

Pantai Tolanamon yang menjadi salah satu Tempat Wisata di Baa Rote Ndao  ini merupakan kawasan Perpaduan antara pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, dan kondisi alam sekitar yang masih alami membuat Pantai Tolanamon menjadi salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi.

Pantai Tolanamon, Tempat Wisata di Baa Rote Ndao

Pantai Tolanamon, Tempat Wisata di Baa Rote Ndao – Foto by qupas.id

Lokasi Pantai Tolanamon terletak di Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Apabila berangkat dari Kota Ba’a, kamu harus menempuh perjalanan dengan medan terjal dan tidak mudah selama 2 jam.

Meskipun demikian, rasa lelahmu akan hilang begitu sampai dan menyaksikan secara langsung keindahan dari pantai ini yang buka mulai pukul 08.00 sampai 18.00 waktu setempat ini, Sedangkan untuk tiket masuknya, kamu perlu menyiapkan Rp. 20.000 saja.

4. Pantai Bo’a

Pantai Bo'a, Tempat Wisata di Baa Rote Ndao

Pantai Bo’a, Tempat Wisata di Baa Rote Ndao – Foto by indonesia.travel

Tempat Wisata di Baa Rote Ndao lainya yang juga harus kalian kunjungi adalah Pantai Boa. Pulau Rote di selatan Indonesia ini penuh dengan atraksi laut yang indah, yang menarik wisatawan dari domestik dan mancanegara.

Salah satunya adalah Pantai Bo’a. Pantai ini terletak di kabupaten Rote Ndao, provinsi NTT, lebih tepatnya di desa Bo’a, di Kecamatan Rote Barat, pada jarak sekitar 7,5 km dari pusat kabupaten. Pantai Bo’a dikenal sebagai surganya para peselancar, wisatawan mancanegara sudah sering mengadakan acara di Pantai Bo’a.

5. Pemandian Sulimatan

Pemandian Sulimatan, Tempat Wisata di Baa Rote Ndao

Pemandian Sulimatan, Tempat Wisata di Baa Rote Ndao – Foto by tripzilla.id

Pemandian Sulimatan menjadi salah satu Tempat Wisata di Baa Rote Ndao selanjutnya yang harus kamu kunjungi. Sulimatan (masyarakat lokal biasa menyebutnya Mamen) merupakan pemandian air tawar yang terletak di Desa Edalode-Kecamatan Pantai Baru.

Tempat pemandian ini berada di tengah sejuknya mamar (kebun kolektif masyarakat dalam budaya orang rote) yang menambah kesan alamiah dan natural dari tempat wisata ini. Berenang di tempat ini membuat kamu serasa berenang di kolam renang pribadi karena suasana yang sejuk dan kesegaran airnya.

6. Pantai Oeseli

Pantai Oeseli, Tempat Wisata di Baa Rote Ndao

Pantai Oeseli, Tempat Wisata di Baa Rote Ndao – Foto by Indonesiakaya.com

Pantai Oeseli menjadi Tempat Wisata di Baa Rote Ndao yang terkahir yang harus kalian kunjungi. Lokasi wisata pantai ini berada di desa Oeseli, kecamatan Rote barat daya, Nusa tenggara Timur.

Kamu akan menjumpai sebongkah karang berukuran raksasa dengan lubang nan besar sehingga membuatnya seperti pintu gerbang. Semakin kamu masuk ke dalam, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan lukisan alam yang berasal dari hamparan pasir nan putih.

Air lautnya juga jernih apalagi tersedia pohon kelapa maupun bakau nan indah membuat mata anda terpana dengan keindahannya. Sementara penginapan hanya bisa kamu dapatkan di kawasan narembala dengan jarak sekitar 20 km dari pantai Oeseli Rote ini.

So…buat kamu yang hobby traveling, pastikan mampir ke Pulau Rote dan kunjungi tempat-tempat wisata yang sudah kita bahas.

Simak Juga Yuk

 

 

Leave a Reply