Rute Menuju Curug Cipinaha Tasikmalaya Dan Harga Tiketnya - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun

Rute Menuju Curug Cipinaha Tasikmalaya Dan Harga Tiketnya

Curug Luhur Cipinaha Gunung Tanjung Tasikmalaya

Curug Luhur Cipinaha Gunung Tanjung Tasikmalaya - foto ig @fajar_kakoi

Curug Cipinaha Tasikmalaya – Kota Tasikmalaya di Jawa Barat adalah memiliki potensi wisata air terjun atau curug, yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Salah satunya bernama Curug Luhur Cipinaha. Tempat yang dibuka pada tahun 2011 ini selalu ramai, pada hari biasa maupun hari libur.

Dinamakan Curug Luhur, karena posisi curug berada di daerah dataran tinggi atau “Luhur” dalam bahasa Sunda. Sementara Cipinaha sendiri diambil dari nama lokasi Curug ini berada.

Curug Cipinaha

Curug Cipinaha – foto ig @ian.risw_

Namun Masyarakat luas lebih sering menyebutnya sebagai Curug Cipinaha saja. Curug ini juga memiliki pesona yang tak kalah menariknya dengan Curug lain yang ada di Tasikmalaya.

Keindahannya sudah sangat dikenal oleh masyarakat setempat, maupun para pendatang yang ingin menyaksikan keindahannya.

Selain itu, tempat ini juga sangat cocok untuk dijadikan sarana wisata air dan juga sebagai tempat untuk ajang mengabadikan momen menarik untuk Instagram kamu.

Lokasi Curug Cipinaha Tasikmalaya

Rute Menuju Curug Cipinaha Tasikmalaya Dan Harga Tiketnya 1

Google Map Curug Cipinaha Tasikmalaya – Photo by WordPress

Lokasi Obyek Wisata Curug Cipinaha Tasikmalaya  terletak di Malatisuka, Gunung Tanjung, Tasikmalaya, Jawa Barat 46168, Indonesia.

Namun  jika anda masih bingung dimana lokasi tepatnya, tidak ada salahnya mendapatkan bantuan dengan memakai google maps. 

Rute Menuju Curug Cipinaha Tasikmalaya

rute menuju Curug Cipinaha

rute menuju Curug Cipinaha – foto milik ig @znuron_

Jarak dari pusat Kota Tasikmalaya ke lokasi Curug Luhur Cipinaha, kurang lebih 30 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. 

Dari Tasikmalaya arahkan kendaraan ke Manonjaya, kemudian ambil jalan ke rute Pasar Gunung Tanjung. Sampai disana, belok kiri ke arah Desa Cikembang, kemudian melewati Desa Poponcol, hingga sampai di Desa Malatisuka.

Bagi yang belum pernah berkunjung ke lokasi, disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua, selain karena jalanan menanjak dan turunan yang cukup tajam, lebar jalan pun cukup sempit. Walaupun kondisi jalan cukup baik.

Sesampainya di lokasi parkir, kamu akan disuguhi dengan keindahan suasana terasering yang menghampar luas.

Dan dari situ, kamu  harus mulai berjalan kaki cukup jauh dan menguras tenaga untuk sampai ke lokasi curug. Diperkirakan jarak perjalanan yang harus ditempuh sekitar 7 kilometer.

Sepanjang perjalanan kamu akan melewati jalan setapak, pematang sawah serta ladang yang cukup luas. Disamping itu, perjalanan juga sedikit menyisir pinggir jurang yang terjal. Sehingga dibutuhkan konsentrasi untuk melaluinya. 

Jika mengalami kesulitan untuk menemukan lokasi curug,  lebih baik meminta bantuan penduduk setempat untuk mengarahkan ke jalur yang tepat. 

Leave a Reply