Daftar Wisata, Taman

Romantic Garden Bantul

Romantic Garden Bantul 1

Romantic Garden Bantul - Foto by @wisata_oke

Romantic Garden Bantul -Bantul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejarah Bantul, tanggal 20 Juli 1831 secara resmi ditetapkan pembentukan Kabupaten Bantul yang sebelumnya dikenal bernama Bantulkarang. Berdasarkan peristiwa tersebut, tanggal 20 Juli setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Bantul. Luas wilayah Kabupaten Bantul 508,85 Km2.

Topografi Bantul sebagian adalah  dataran rendah 40% dan lebih dari separuhnya (60%) daerah perbukitan yang kurang subur, secara garis besar terdiri dari:

  • Bagian Barat, adalah daerah landai yang kurang subur.
  • Bagian Tengah, daerah datar dan landai yang merupakan daerah pertanian subur.
  • Bagian Timur, daerah yang landai, miring dan terjal yang keadaannya masih lebih baik dari daerah bagian Barat.
  • Bagian Selatan, sebenarnya merupakan bagian dari daerah bagian Tengah dengan keadaan alamnya yang berpasir dan sedikit berlaguna, terbentang di Pantai Selatan dari Kecamatan Srandakan, Sanden dan Kretek.

Kota Bantul memiliki lebih dari empat puluh objek wisata, baik yang alami ataupun dibuat oleh pihak swasta. Kali ini kita akan mengulas tuntas tempat wisata Romantic Garden Bantul.

Romantic Garden Bantul 3

Gerbang Kota Bantul – Foto IDN Times

Lokasi & Rute menuju Romantic Garden Bantul

Terletak di bagian selatan bantul berlokasi di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Jawa tepatnya di Dusun Wonoroto, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden. Tidak jauh dari pantai Samas dan pantai Gua Cemara. Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampai ke tempat wisata ini sekitar 44 menit dengan jarak 25 km dari pusat kota Yogyakarta.

Baca juga ya : Wisata penuh tantangan di  Taman Tempuran Cikal  Yogyakarta

Romantic Garden Bantul berdiri sejak akhir tahun 2018, Kamu dapat menikmati taman bunga seluas satu hektar yang memiliki tujuh jenis bunga dan menghasilkan beranekaragam warna. Pemilik kebun ini adalah Danang Ari Nugroho. Awalnya Romantic Garden ini adalah lahan pertanian cabai dan bawang yang kemudian disulap pemiliknya menjadi tempat wisata yang indah.

Para wisatawan cukup merogoh kocek Rp. 8.000 saja untuk menikmati indahnya warna-warni bunga dan biaya parkir gratis. Selain itu terdapat fasilitas Mushola dan kamar mandi.

Romantic Garden Bantul 4

Spot untuk foto di depan rumah dan mobil – Foto by www.instagram.com

Di Romantic Garden Bantul, kamu dapat berswafoto dengan memilih spot-spot yang instagramable. Ada sebelas spot, terdiri dari 2 unit rumah romantic, ayunan 2 unit, tempat duduk dalam sangkar burung 1 unit, dan yang lainnya. Menurut pengelola Romantic Garden Bantul, bunga-bunga selalu disiram setiap hari, karena sebagian tanah di Bantul adalah pasir dan supaya kesegaran bunga tetap dapat dinikmati pengunjung. Bagi kamu yang mau foto prewedding, disini adalah tempat yang oke.

Para wisatawan juga dapat membeli buah tangan berupa benih bunga yang telah dikeringkan dalam plastik,  berukuran delapan kali lima centimeter. Satu bungkus benih bunga dihargai lima ribu rupiah. Benih bunga yang dijual di Romantic Garden Bantul tersedia beragam jenis, ada bunga matahari, bunga kertas hibrida, benih kenikir dan juga benih bunga seribu bintang.

Yang cukup laku adalah benih bunga seribu bintang yaitu genus tumbuhan berbunga di keluarga Rubiaceae, yang hanya terdiri dari satu spesies yaitu, Serissa japonica, di Indonesia lebih dikenal dengan nama Seribu Bintang (Serbin). Bunga hibrida kertas menurut pemilik lebih tahan lama jika dirawat dengan baik, bisa bertahan sampai dengan dua tahun.

Romantic Garden Bantul

wisatawan di tengan bunga seribu bintang Romantic Garden Bantul – Foto by @wara.w.u

Untuk para pencinta traveling, jika mampir ke Romantic Garden Bantul kami sarankan datanglah di waktu pagi atau sore. Tempat wisata ini buka sampai dengan pukul enam sore. Sinar matahari diwaktu pagi dan sore lebih bersahabat buat kamu. Tapi jika kamu tetap ingin datang disiang hari jangan lupa untuk membawa topi dan kacamata hitam sebagai pelindung, karena Romantic Garden Bantul tidak memiliki naungan.

Ada satu tips lagi buat kamu, datang ke Romantic Garden Bantul akan lebih kamu nikmati keindahan mekarnya bunga pada saat hari raya idul fitri. Ya, karena pengelola biasanya sudah memperhitungkan menanam bunga matahari 7 bulan sebelum lebaran dimana saat itu bunga matahari akan mekar, cerah dan terang sehingga wisatawan puas.

Jalan-jalan di Romantic Garden Bantul bersama orang-orang tercinta tentu jadi pilihan yang tepat buat kamu.

Leave a Reply