Alam, Daftar Wisata, Pengetahuan

Pemandian Air Panas Way Belerang

Way belerang

Sumber foto: travelingyuk.com

Way Belerang ini adalah sebuah tempat pemandian air panas yang bisa menjadi tujuan wisata jika kalian berkunjung ke Kota Kalianda, Lampung Selatan. Tempat pemandian air panas ini juga tak kalah menariknya dengan yang berada di Ciater, Jawa Barat.

Way Belerang

Sumber foto: jatisariku.com

Lokasi Way Belerang ini terletak tepat di Gunung Rajabasa, yang mana suasananya masih alami atau sejuk dan nyaman dari banyaknya pohon-pohon besar disekitar. Rute perjalanan menuju Way Belerang ini bisa kalian mulai dari jalan Soekaerno Hatta (By Pass), lalu ke jalan lintas Sumatera hingga menuju kota Kalianda. Hingga menemukan simpang Kota Kalianda, kalian belok ke arah kanan menuju kantor Bupati Lampung Selatan. Dari tempat ini para pengunjung tinggal menempuh jarak sejauh 5 km ke lokasi Pemandian Air Panas Way Belerang Kalian, Lampung Selatan.

Kondisi perjalanan kesana pun halus beraspal, jika masih bingung kalian bisa bertanya kepada warga sekitar yang akan dibantu untuk menunjukkan lokasi pemandian tersebut.

Air belerang yang berada di pemandian air ini berasal dari Gunung Rajabasa dan ada juga dari bawah kolam, sehingga tempat ini dikatakan masih murni.

Way belerang

Sumber foto: jatisariku.com

Suasana kolam pemandian air panas ini juga sama seperti kolam renang pada umumnya, bedanya bagian lantai diisi dengan batu bulat kecil-kecil dan bertingkat. Sehingga para pengunjung bisa berendam sambil duduk.

Way belerang

Sumber foto: travelingyuk.com

Terdapat dua kolam disini. Pertama bagian atas dengan kolam yang memiliki warna lebih pekat dan aroma belerang lebih menyengat. Kedalamannya hanya sekitar 100 cm, ada juga pancuran air panas yang bersuhu 50 hingga 60 derajat Celcius yang bisa kalian nikmati langsung dari gunungnya. Sebelum menyentuh air pancuran ini, ada baiknya kulit dibiasakan lebih dulu.

Sementara kolam bagian bawah lebih jenih dan lebih luas. Kedalamannya mencapai 150 cm. Air hangat di kolam ini bersumber dari bagian bawah kolam. Pengunjung juga bisa merasakan air yang agak panas jika dekat dengan sumber belerangnya. Mungkin jika kalian mencoba, rasa air kolam ini agak kurang enak atau rasa manis dan asam.

Way belerang

Sumber foto: jatisariku.com

Tak hanya dua kolam air hangat di atas, ada juga air belerang dingin yang mengalir di parit kecil. Sepertinya parit ini dibuat secara alami, aroma belerang tercium kurang menyengat, kondisi air jernih dan terasa dingin. Namun, kalian juga perlu berhati-hati untuk mencoba mandi disini karena air belerang ini sangat pedih jika terkena mata. Terlebih ketika berenang dan menyelam.

Tempat pemandian air panas Way Belerang ini juga menyiapkan sebuah pondokan sebagai tempat meletakkan barang-barang bawaan para pengunjung. Suasana sekitarnya masih terasa sejuk dan banyak pepohonan yang bisa kalian nikmati sambil berduduk-duduk dan menikmati makanan yang kalian bawa bersama keluarga dari rumah.

Baca Juga :

• Ini Pemandian Air Panas Gunung Pancar

• Dan Ini Pemandian Situ Tirta Marta Purbalingga

Selain itu, kawasan rekreasi dari Way Belerang sendiri juga menyediakan taman bermain untuk anak-anak. Yang mana permainan pada umumnya seperti perosotan, ayunan, bangku putar, taman untuk bersantai, hingga fasilitas kolam renang di air tawar dan flying fox, balai pertemuan, arena bermain, kantin, dugan party, delman bersama kudanya serta arena taman bebas.

Untuk tempat ibadah muslim juga tempat ini disediakan musalah. Kalian hanya perlu masuk ke lokasi Way Belerang dengan harga tiket Rp 10.000 saja dan sudah termasuk parkir serta asuransi. Namun, bila ingin berenang di kolam air tawar, para pengunjung perlu membayar tiket masuk tambahan sebesar Rp 5.000.

Para pengunjung juga akan ditawarkan sabun belerang yang dijual dengan harga Rp 1.000 dengan isi dua keping kecil. Konon, sabun ini memiliki manfaat untuk mengobati gatal-gatal di kulit, apalagi jika kalian menggunakannya sambil berendam di kolam belerang.

Menurut penduduk setempat, kolam belerang itu sendiri memang bermanfaat untuk mengobati bermacam jenis penyakit kulit, misal panu, kadas, kurap, kutu air hingga penyakit kulit yang dikarenakan dengan jamur dan bakteri lainnya.

Beruntungnya, tempat pemandian air panas Way Belerang ini jadi semakin berkembang dan semakin ramai dikunjungi para wisatawan. Terlebih lagi tempat wisata ini dikelola oleh Dinas Pariwisata Lampung Selatan sehingga para pengunjung nyaman untuk berekreasi.

Demikian informasi tentang pemandian air panas Way Belerang yang bisa kalian kunjungi kapan saja. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply