Pemandian Air Panas Way Belerang - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Alam, Daftar Wisata, Pengetahuan

Pemandian Air Panas Way Belerang

Way belerang

Sumber foto: travelingyuk.com

Way Belerang ini adalah sebuah tempat pemandian air panas yang bisa menjadi tujuan wisata jika kalian berkunjung ke Kota Kalianda, Lampung Selatan. Tempat pemandian air panas ini juga tak kalah menariknya dengan yang berada di Ciater, Jawa Barat.

Way Belerang

Sumber foto: jatisariku.com

Lokasi Way Belerang ini terletak tepat di Gunung Rajabasa, yang mana suasananya masih alami atau sejuk dan nyaman dari banyaknya pohon-pohon besar disekitar. Rute perjalanan menuju Way Belerang ini bisa kalian mulai dari jalan Soekaerno Hatta (By Pass), lalu ke jalan lintas Sumatera hingga menuju kota Kalianda. Hingga menemukan simpang Kota Kalianda, kalian belok ke arah kanan menuju kantor Bupati Lampung Selatan. Dari tempat ini para pengunjung tinggal menempuh jarak sejauh 5 km ke lokasi Pemandian Air Panas Way Belerang Kalian, Lampung Selatan.

Kondisi perjalanan kesana pun halus beraspal, jika masih bingung kalian bisa bertanya kepada warga sekitar yang akan dibantu untuk menunjukkan lokasi pemandian tersebut.

Air belerang yang berada di pemandian air ini berasal dari Gunung Rajabasa dan ada juga dari bawah kolam, sehingga tempat ini dikatakan masih murni.

Way belerang

Sumber foto: jatisariku.com

Suasana kolam pemandian air panas ini juga sama seperti kolam renang pada umumnya, bedanya bagian lantai diisi dengan batu bulat kecil-kecil dan bertingkat. Sehingga para pengunjung bisa berendam sambil duduk.

Way belerang

Sumber foto: travelingyuk.com

Terdapat dua kolam disini. Pertama bagian atas dengan kolam yang memiliki warna lebih pekat dan aroma belerang lebih menyengat. Kedalamannya hanya sekitar 100 cm, ada juga pancuran air panas yang bersuhu 50 hingga 60 derajat Celcius yang bisa kalian nikmati langsung dari gunungnya. Sebelum menyentuh air pancuran ini, ada baiknya kulit dibiasakan lebih dulu.

Sementara kolam bagian bawah lebih jenih dan lebih luas. Kedalamannya mencapai 150 cm. Air hangat di kolam ini bersumber dari bagian bawah kolam. Pengunjung juga bisa merasakan air yang agak panas jika dekat dengan sumber belerangnya. Mungkin jika kalian mencoba, rasa air kolam ini agak kurang enak atau rasa manis dan asam.

Way belerang

Sumber foto: jatisariku.com

Leave a Reply