Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Pantai

Keindahan yang Tersembunyi dari Pantai Rancabuaya Garut

sumber-pegipegi.com

Pantai memang selalu menjadi tempat terfavorit bagi banyak orang untuk berwisata baik itu bersama teman, keluarga, pacar, sahabat, ataupun sendiri. Mungkin karena suasana pantai yang menenangkan dengan deburan ombak, angin sepoi-sepoi, dan biru laut yang seakan menyatu dengan langit.

Beruntunglah tinggal di Indonesia, karena negara kita ini memiliki banyak sekali pantai-pantai indah yang sayang sekali jika dilewatkan. Salah satu nya adalah pantai Rancabuaya.

sumber-gunungkidulku.com

Pantai Rancabuaya merupakan pantai yang memiliki banyak hasil laut seperti ikan tongkol, udang, lobster, dan ikan laut lainnya. Dan memang sebagian besar warga disana bermata pencaharian sebagai nelayan. Hasil tangkapan para nelayan didistribusikan ke daerah-daerah lain di Indonesia.

1. Rute menuju kesana

Pantai ini tepatnya berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk menuju ke pantai ini, banyak jalur alternatif yang bisa ditempuh. Apalagi lokasinya dekat dengan jalur utama Trans Jawa Barat dan Jalan raya Rancabuaya.

Dari Pusat Kota Garut, kamu bisa mengambil rute jalan raya Garut-Cikajang kemudian menuju jalan Margawati. Kemudian kamu bisa berjalan menuju jalan Pasundan, Papandayan, Cimanuk, Cisurupan, dan Cikajang. Setelah itu kamu akan sampai di Cipang Ramatan yang sebelumnya harus melewati jalan amblas terlebih dahulu.

Dari Cipang Ramatan, jika kamu berjalan terus maka akan sampai di jalan Raya Cihurip, Cisompet, dan Cigodeg. Kemudian kamu akan melewati Jalan Trans Jawa Barat dan kemudian sampai di Jalan Rancabuaya. Nah, jika sudah sampai disini, artinya sebentar lagi kamu akan sampai di tujuan. Jaraknya sekitar 135 kilometer dengan waktu tempuh 3 sampai 4 jam.

2. Ada apa saja di pantai Rancabuaya

sumber-topijelajah.com

Nah, selama ini kan kita kenalnya Dodol Garut aja nih ya, tapi sekarang kamu sudah tau dong ya kalo di Garut ada pantai yang indah dan memiliki banyak hasil lautnya.

Meskipun pantai ini bisa disebut sebagai pantai ikan, namun jangan khawatir. Karena pantai ini masih memiliki keindahan dan bahkan bisa membuatmu terpesona saat melihatnya. Oh iya, selain ikanĀ  disini juga terdapat rumput laut dan terumbu karang.

Daerahnya berpasir putih ditambah lagi dengan rindangnya pohon kelapa dan pohon ketapang yang cocok untuk tempat bersantai. Biasanya orang-orangĀ  sengaja kesini untuk melepaskan penat setelah melakukan aktivitas seharian.

1. Air Terjun

Ada yang unik loh dari pantai ini, ternyata di Pantai ini terdapat sebuah air terjun yang mengalir langsung dari tebing ke pantai. Woww ini benar-benar merupakan pemandangan yang sangat indah dan bisa dijadikan spot berfoto yang cantik. Dijamin kamu tidak akan menyesal berkunjung ke pantai ini.

2. Sumber Air

Setelah air terjun, berjalanlah ke arah lain maka kamu akan menemukan sumber air bersih yang bisa digunakan untuk mandi. Kamu tau sungai Cihideung dan sungai Ciharashas? Ya, sumber air bersih ini berasal dari dari air sungai Cihideng dan sungai Ciharashas.

3. Sunset View

Bagi kamu penikmat senja, boleh banget nih mengabadikan momen saat senja menyapa. Pas banget buat kamu yang suka foto di tengah indahnya sunset dan keindahan karang ditambah lagi dengan deburan ombak. Lengkap sudah keindahan yang dirasakan.

4. Air Laut dengan 3 warna kontras

Air lautnya sangat jernih sampai-sampai dasar laut pun terlihat. Terdapat 3 warna jika dilihat dari udara, yaitu warna putih dari buih ombak, warna hijau dari lumut laut dan tanaman lainnya, serta biru tua yang dihasilkan dari terumbu karang.

5. Fasilitas dan Wisata Kuliner

Nah, jika kamu berwisata disini pastinya tidak akan menemukan kesulitan ya. Karena disini fasilitasnya lengkap, ada mushola, gazebo, toilet, ruang bilas, dan juga banyak kedai makanan yang menjual berbagai masakan berbahan dasar hasil laut.

3. Tiket Masuk

Untuk tiket masuknya sendiri sangat murah ya, pengunjung bisa menikmati berbagai keindahan di pantai ini hanya dengan membayar uang sebesar Rp 5000 per orang untuk hari senin-jumat. Sedangkan untuk hari sabtu-minggu dikenakan tarif Rp 10.000 per orang.

 

 

 

Leave a Reply