Pantai

Pantai Nampu Wonogiri, Inilah Harga Tiket & Rutenya

Pantai Nampu Wonogiri

Pantai Nampu Wonogiri

Salah satu destinasi wisata di Wonogiri yang kini tengah hits dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Nampu. Keindahan dan pesona Pantai Nampu rupanya membuat banyak orang dari berabagai daerah baik dari Solo maupun dari Jogjakarta penasaran dan mulai mengunjungi Pantai Nampu Wonogiri saat akhir pekan.

Pantai Nampu Wonogiri

Pantai Nampu Wonogiri – foto clickberita

Pantai Nampu Wonogiri merupakan destinasi wisata pantai yang berada di pesisir selatan Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Pantai Nampu terletak di Bumi Sari Natar dusun Dringo, desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri ini kini menjadi destinasi wisata unggulan terlebih setelah dimuat dibeberaa media televisi.

Pantai Nampu Wonogiri memiliki Pasir yang Putih

Salah satu keindahan yang dimiliki oleh Pantai Nampu Wonogiri adalah pasir pantainya yang putih serta dihiasi dengan karang yang indah membuat pantai ini menjadi salah satu objek wisata primadona di Wonogiri. Hempasan ombak ke bibir pantai yang terkadang cukup aman bagi wisatawan membuat pengunjung juga betah berlama-lama di pantai Nampu Wonogiri.

Pantai Nampu Wonogiri

Pantai Nampu Wonogiri – foto jejekapiknik

Setibanya pengunjung Dari area parkir Pantai Nampu Wonogiri, maka kita harus naik tanggal menuju pantai. Yap memang Pantai Nampu Wonogiri berada disebuah lembah bukit. Maka dari itu pengunjung yang akan ke Pantai Nampu Wonogiri harus berjalan menuruni bukit dan melewati puluhan anak tangga. Tapi tenang saja karena rasa lelah kalian selama perjalanan akan segera terbayar ketika kalian sampai di pantai.

Selain menikmati keindahan pasir putih Pantai Nampu Wonogiri, pengunjung juga bisa menikmati waktu bersantai disaung-saung yang ada ditepi pantai. Jangan lupa memesan seafood atau makanan lainnya sembari menikmati kesyahduan dan hembusan angin pantai. Meski dihari biasa tidak terlalu banyak penjual makanan namun saat libur kita bisa menjumpai banyak penjual makanan karena banyaknya pengunjung yang datang.

Lokasi Pantai Nampu Wonogiri

Pantai Nampu Wonogiri atau bisa juga disebut Pantai Nampu Paranggupito Wonogiri ini berlokasi di Dusun Dringo, Ds Gunturharjo, Kec Paranggupito, Kab Wonogiri, provinsi Jawa Tengah. Dari pusat kecamatan Paranggupito jarak ke Pantai Nampu Wonogiri sekitar 15 kilometer atau 20-35 menitan saja menggunakan kendaraan. Meski Pantai Nampu Wonogiri masih belum banyak dikenal oleh wisatawan namun sudah ada beberapa petunjuk menuju Pantai Nampu Wonogiri. Jika kalian bingung bisa bertanya kepada penduduk setempat.

Pantai Nampu Wonogiri

Pantai Nampu Wonogiri ombaknya tenang – foto by travel kompas

Untuk transportasi umum menuju Pantai Nampu Wonogiri memang belum ada karena lokasi Pantai Nampu Wonogiri cukup terpencil. Jadi jika kalian ingin ke Pantai Nampu Wonogiri jangan lupa untuk membawa kendaraan pribadi baik naik motor atau naik mobil. Oh ya satu lagi, jika kalian ingin menuju ke Pantai Nampu Wonogiri usahakan pagi hari ya karena Pantai Nampu Wonogiri cukup sepi saat menjelang sore hari.

Harga Tiket Masuk Pantai Nampu Wonogiri

Bagi teman-teman yang ingin masuk ke lokasi Pantai Nampu Wonogiri dan menikmati pesona keindahan Pantai Nampu Wonogiri maka kalian diharuskan membayar tiket masuk yang cukup murah yakni hanya Rp 2000 – 5000 saja per orang atau per wisatawan. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan Pantai Nampu Wonogiri akan dikenakan biaya sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mbiaya parkir mobil.

Sebenarnya Pantai Nampu Wonogiri belum dikelola secara maksimal menjadi sebuah obyek wisata oleh pemerintah setempat. Mungkin itulah alasan mengapa akses menuju pantai ini dan fasilitas di Pantai Nampu Wonogiri masih seadanya. Namun kini beberapa fasilitas tengah dibangun dan diperbaiki. Semoga saja kedepanya pemerintah Wonogiri mengembangkan potensi wisata Pantai Nampu Wonogiri.

Cara Menuju Pantai Nampu Wonogiri

Berikut ini beberapa tips atau info jika kalian ingin menuju Pantai Nampu Wonogiri baik dari kota Solo ataupun Jogjakarta karen memang saat ini banyak sekali pengunjung yang datang dari kedua tempat ini selain tentunya wisatawan dari Wonogiri sendiri.

Jarak tempuh dari Solo ke Pantai Nampu Wonogiri sekitar 92 km. Untuk menuju Pantai Nampu Wonogiri dari kota Solo, kalian bisa melewati arah dari jalan Raya Solo – Wonogiri – Giritontro – Giribelah – Paranggupito – Gunturharjo -Dringo dan langsung menuju ke lokasi Pantai Nampu Wonogiri. Kalian juga sebenarnya bisa mengambil rute dari arah Donorojo masuk Kalak – Dringo lalu ke Pantai Nampu wonogiri atau bisa juga melalui arah Punung – Sendang – Kalak – Dringo – lalu ke Pantai Nampui Wonogir.

Pantai Nampu Wonogiri

Pantai Nampu Wonogiri

Jika kalian berangkat dari arah Yogyakarta kaliab bisa mulai dari arah Kecamatan Pracimantoro sampai ke Giritontro. Sedangkan jika ditempuh dari Baturetno akan dimulai dari Giriwoyo sampai ke Giritontro. Sementara jalan dari Giritontro ke Paranggupito jalan akan terasa sempit dimana kita bisa menemui banyak tikungan, tanjakan dan turunan yang cukup tajam. Sebenarnya sangat di sarankan jika kaliandatang ke Pantai Nampu Wonogiri ini dengan membawa sepeda motor agar lancar diperjalanan saat melewati jalan yang cukup sempit.

Leave a Reply