Alam, Pantai, Pengetahuan, Tips Travelling

Wisata Pantai Idola Banyutowo di Pati Jawa Tengah

Mengenal pesona Pantai Idola Banyutowo di Kabupaten Pati Jawa Tengah Foto:tukangpantai.com

Mengenal pesona Pantai Idola Banyutowo di Kabupaten Pati Jawa Tengah Foto:tukangpantai.com

Pantai Idola Banyutowo adalah salah satu obyek wisata  pantai yang berada di daerah desa Banyutowo Dukuhseti, Kabupaten Pati Jawa Tengah.  Ini terletak sekitar 36 kilometer sebelah utara Pendopo Kabupaten Pati ke arah Tayu.

Banyutowo adalah desa tempat kelahiran dan tempat tinggal asli dari salah satu penyanyi terkenal yaitu Soimah. Lokasi yang dapat kita tempuh untuk mencapai Pantai Idola adalah, dari pusat kota Pati ke arah utara melewati jalan raya Pati – Tayu dan kemudian masih ke arah utara kembali di jalan raya Tayu – Puncel.

Kemudian di daerah Dukuhseti, kita akan menemukan petunjuk arah ke Pantai Idola. Sesampainya kita di pertigaan rumah penyanyi Soimah, kemudian belok kiri sekitar 50 meter kemudian belok kanan sekitar 100 meter (kita bisa melihat alamatnya di GoogleMaps).

Pesona indahnya Pantai Idola Banyutowo di Kabupaten Pati Foto:Facebook.com

Pesona indahnya Pantai Idola Banyutowo di Kabupaten Pati Foto:Facebook.com

Pantai ini diberi nama Pantai Idola karenakan di pantai inilah semua orang, baik laki-laki, perempuan, anak-anak dan dewasa maupun orang tua dapat merasakan indahnya pesona destinasi alam dan  yang ada di Desa Banyutowo. Banyak turis mancanegara yang datang untuk menikmati indahnya pesona Idola Banyutowo. Meskipun masih dalam tahap pembangunan pantai ini sudah banyak pengunjungnya.

Tidak hanya Pantai Idola Banyutowo yang menjadi popular di Kota Pati namun Pantai Idola Banyutowo juga dapat dijadikan wisata alternatif saat berada di kota ini. Tempat rekreasi ini sangat cocok untuk wisata keluarga maupun wisata edukasi. Walaupun juga masih perlu beberapa sentuhan disana – sini, pantai ini sudah indah dan menarik untuk dikunjungi, khususnya oleh warga Pati.

Disini anda akan disuguhkan pemandangan Sun Rise (Matahari terbit) dan Sunset (Matahari terbenam) yang cantik, dipadu dengan hutan mangrove kecil yang telah dilengkapi dengan jembatan kecil untuk pejalan kaki.

Harga tiket masuk Pantai Idola Banyutowo Pati adalah sebesar Rp. 3.000,- untuk kendaraan roda 2 dan Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda 4.Namun harga tersebut dapat berubah sesuai dengan peraturan yang diterapkan oleh pengelola wisata Pantai Idola Banyutowo.Fasilitas Di Pantai Idola Banyutowo

Panorama Pantai Idola Banyutowo di Kabupaten Pati Jawa Tengah Foto:seringjalan.com

Panorama Pantai Idola Banyutowo di Kabupaten Pati Jawa Tengah Foto:seringjalan.com

Pengelolaan pantai ini dikelola oleh Pokdarwis dan dibantu oleh Pumdes. Pantai ini belom bekerjasama dengan Pemerintah karena masih ingin mandiri sehingga kendala yang terjadi ialah masalah finansial yang menghambat lambatnya pengembangan pantai ini.

Jadi, untuk bisa masuk ke Pantai Idola sangat murah kita sudah dapat masuk dan menikmati pantai serta mencoba wahana lainnya dan juga berfoto-foto di spot foto yang disediakan, pelayanan yang baik, meningkatkan dan menjaga fasilitas yang ada di lokasi objek wisata Pantai Idola Banyutowo, dan terus melibatkan masyarakat dan meningkatkan kerjasama dengan Pokdarwis dalam pengelolaan dan menjadikan objek wisata Pantai Idola Banyutowo memiliki daya tarik tersendiri.

Mengenal pesona Pantai Idola Banyutowo di Kabupaten Pati Jawa Tengah Foto:tukangpantai.com

Mengenal pesona Pantai Idola Banyutowo di Kabupaten Pati Jawa Tengah Foto:tukangpantai.com

Tempat wisata ini menyajikan pemandangan yang begitu indah dan memukau Pantai Idola Banyutowo Pati Jawa Tengah Indonesia. Destinasi ini bukan hanya menyajikan keindahan pantai saja tetapi juga ragam fasilitas menarik di dalamnya.

Beberapa fasilitas yang cukup menarik sehingga dapat mempercantik Pantai Idola itu sendiri seperti wisata kuliner (sea food), tempat duduk, objek selfie, bebek air, ayunan, mangrove, kapal, lapangan volly pantai, mushola, toilet  dan lain sebagainya. Namun, jika kita ingin menaiki bebek di objek wisata air untuk satu kali sewa RP 5.000 dengan durasi 15 menit.

Baca Juga ya :

Selain perahu bebek, pihak pengelola juga menyediakan warung makan yang menyajikan hidangan pesisir. Menu spesial adalah Kelo Mrico dan dengan paduan Sambal Celelek, ikan yang dapat dinikmati diantara, Bandeng, Belanak, Janjan, Udang dan aneka masakan laut lainnya. Jadi jika kita merasa lapar setelah bermain bebek air ataupun bermain air, perut kita yang kosong bisa terisi dengan hidangan kuliner di Pantai Idola Banyutowo.

Spot foto di Pantai Idola Banyutowo di Kabupaten Pati Jawa Tengah Foto:pantaiidola.blogspot

Spot foto di Pantai Idola Banyutowo di Kabupaten Pati Jawa Tengah Foto:pantaiidola.blogspot

Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan perahu nelayan yang bersandar di tepi pantai. Pengunjung juga dimanjakan dengan adanya jeti (sandaran kapal) yang baru, sehingga nyaman dalam menikmati pemandangan laut maupun aktivitas nelayan usai melaut.

Pengunjung yang ingin menyalurkan hobi mancing juga dipermudah dengan adanya keberadaan jeti, maupun jembatan panjang yang menjulur ke laut. Setiap tahun, tepatnya bulan besar diadakan upacara sedekah laut sebagai rasa syukur atas hasil tangkapan ikan yang diperoleh nelayan dan berharap Tuhan selalu memberikan keselamatan dalam melaut untuk mencari ikan. Tunggu apalagi, segera datang ke Desa Banyutowo.

Selain menikmati indahnya pantai, nikmati pula keindahan alam lainnya, kenikmatan masakan, serta keramahan warga penduduknya. Jangan lupa ajak teman, kerabat, dan keluarga. Serta tetap jaga kerbersihan lingkungan!

sumber : kkn.undip.ac.id, wikepedia.com, pantinew.com, tukangpantai.blogspot.com

 

Leave a Reply