Alam, Pantai

Pantai Bagedur, Pantai Baru di Lebak Banten yang Unik

Pantai Bagedur

Pantai Bagedur - Sumber: Merah Putih

Pantai Bagedur – Ketika mendengar Pulau Banten, biasanya destinasi wisata yang terlintas di pikiran adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Padahal, Taman Ujung Kulon hanya merupakan salah satu dari sejuta pesona provinsi yang terletak di paling barat Pulau Jawa ini. Salah satunya adalah Pantai Bagedur, mari kita lihat lebih dekat destinasi wisata yang satu ini.

Akses & Rute Menuju Pantai Bagedur

Pantai Bagedur

Pantai Bagedur – Sumber: Tempat Wisata Indonesia

Lokasi Pantai Bagedur Banten berada tepatnya  di desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Berjarak sekitar 115 Km dari Kota Rangkasbitung atau 83 Km dari Kabupaten Pandeglang. Akses menuju pantai ini tergolong sudah memadai, pengunjung bisa menggunakan jalur Gunung Kencana, Saketi, maupun jalur Sukabumi Pelabuhan Ratu.

Baca Juga : Suka Tantangan, kunjungi Curug Munding  di Leba Banten ini

Mayoritas pengunjung memilih menggunakan jalur Gunung Kencana. Dengan lingkungan yang masih sangat alami, sepanjang perjalanan pengunjung akan banyak melewati jalanan berkelok dan merasa seperti berkendara di dalam hutan. Walaupun terkesan mengerikan, jangan khawatir karena jalanan pun sudah dicor, jadi terbilang nyaman untuk para pengendara.

Pantai Bagedur, Pantai yang masih Asri

Pantai Bagedur

Pantai Bagedur – Sumber: Jejak Piknik

Pantai ini memiliki pasir putih padat yang terhampar sepanjang 15 km untuk menyambut pengunjung setelah melewati perjalanan Panjang dan berkelok. Pantai ini berada di sisi selatan dan membuat pantai ini memiliki ombak yang cukup kuat, sehingga amat dianjurkan untuk para pengunjung berhati-hati jika ingin berenang.

Di Pantai Bagedur memang pengunjung tidak akan menemukan wahana permainan air seperti banana boat atau jetski. Namun, pantai ini tetap memiliki pesona dan pilihan aktivitas yang bisa disuguhkan kepada pengunjung. Dengan tekstur pasir yang padat, pantai ini cocok untuk para pengunjung  mengendarai ATV yang bisa disewa dari penduduk lokal.

Selain bermain ATV menyusuri bibir pantai, dengan tekstur pasir yang padat seperti ini pengunjung dapat pula menikmati pantai ini dengan berkemah bersama dengan teman-teman terdekat.

Warga setempat biasa memanfaatkan Pantai Bagedur yang memiliki lebar sekitar 50meter untuk bermain sepak bola. Anak-anak dapat bermain pasir dan berenang di pantai yang bebas dari bongkahan karang, selama ombak sedang tidak terlalu tinggi.

Pantai Bagedur

Pantai Bagedur – Sumber: Merah Putih

Pengunjung pun dapat menyaksikan langsung kegiatan sehari-hari warga setempat yaitu melihat kawanan kerbau yang berjalan santai seusai digembalakan. Semua pemandangan rasanya terlihat menenangkan hati dan sangat berbeda dengan pemandangan di kota-kota besar.

Di pantai ini pun terbilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet, kamar mandi, ruang bilas yang bersih, dan beberapa warung berjajar menjual berbagai makanan dan minuman ringan yang dapat dinikmati pengunjung. Khusus bagi pengunjung yang datang bersama rombongan dan berniat untuk bermalam di area pantai, terdapat pula penginapan maupun homestay yang bisa disewa dengan kurang lebih 100 m dari pantai.

Biaya Retribusi masuk Pantai Bagedur

Untuk dapat menikmati waktu di pantai yang masih sepi pengunjung ini, kita harus membayar sejumlah uang untuk berkontribusi dalam proses pengembangan destinasi wisata ini agar menjadi lebih baik lagi. Biaya yang harus dikeluarkan pun terbilang terjangkau, sejumlah Rp 5.000 untuk sepeda motor, Rp 25.000 untuk mobil pribadi, dan Rp 5.000/orang.

Pantai Bagedur masih tergolong pantai yang masih sepi. Tak heran jika banyak wisatawan yang biasa ke Lebak atau ke Banten mulai memilih Pantai Bagedur sebagai tempat liburan mereka bersama keluarga. Jangan lupa saat kalian mengunjungi Pantai Bagedur, pastikan bawa bekal makanan yang bisa dinikmati bersama keluarga dan teman-teman kalian.

Leave a Reply