Tentang Kota

Mengenal Kota Wanggudu Kabupaten Konawe Utara

Kantor Bupati Konawe Utara di Wanggudu

Kantor Bupati Konawe Utara di Wanggudu - foto heikaku.com

Wanggudu merupakan ibu kota kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Konawe Utara terbentuk dengan berdasarkan Undang-Undang No. 13 tahun 2007. Jumlah penduduk yang tinggal d sini kurang lebih 62.403 jiwa. Sementara untuk luas wilayahnya mencapai 5.101,76 km².

Sebagian besar wilayah kabupaten Konawe Utara berupa dataran tinggi. Tercatat sebanyak 13 kecamatan, 11 keluaran, dan 159 desa yang ada di sini. Perlu kamu tahu bahwa kabupaten Konawe Utara terkenal karena memiliki beberapa tempat wisata menarik. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke sini hanya untuk merasakan keindahan yang tidak ditemukan di tempat lain.

Baca Juga ya :

Kantor Bupati Konawe Utara di Wanggudu

Kantor Bupati Konawe Utara di Wanggudu – foto heikaku.com

Hal ini tidak lepas dari topografinya yang beragam, mulai dari dataran tinggi, dataran rendah, penggunan, pesisir, sampai kepulauan. Kondisi topografi yang beragam inilah yang menjadi nilai tersendiri dimana tempat yang menyuguhkan pemandangan yang indah.

Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Konawe Utara

1. Air Terjun Meseu

Tempat wisata yang pertama di kabupaten Konawe Utara yaitu Air Terjun Meseu. Jika diartikan berdasarkan bahasa Culambu, Meseu artinya ‘jarum’. Alasannya karena secara utuh memiliki bentuk seperti  jarum, yaitu meruncing ke atas. Salah satu keunikan dari air terjun ini adalah terdiri dari 15 tingkat. Masing-masing tingkat tersebut memiliki kolam alam.

Air Terjun Meseu

Air Terjun Meseu Sumber: jalanwisata.id

Namun yang disayangkan memang Air Terjun Meseu merupakan satu-satunya tempat wisata yang masih belum terlalu mendapat perhatian pemerintah. Padahal air terjun ini memiliki potensi  yang besar sebagai lokasi wisata menarik yang bisa mengundang banyak wisatawan. Selain itu, untuk datang ke sini tidak sulit karena lokasinya terjangkau.

2. Pulau Labengki

kabupaten Konawe Utara

Sumber: pegipegi.com

Salah satu pulau terbaik di kabupaetn Konawe Utara yang kerap dikunjungi wisatawan asing. Mereka yang datang ke sini karena terpesona dengan keindahan terumbuh karang yang masih terjaga hingga sekarang.  Terumbu karang tersebut menawarkan gugusan kepulauan dengan satu gusuan besar dan kecil.

Wisatawan biasa menyebutnya dengan Labengki besar dan Labengki kecil. Ada beberapa titik penyelaman yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat keindahan terumbu karang secara langsung. Pulau Labengki juga dihiasi dengan perbukitan. Jadi, yang datang ke sini bukan hanya mereka yang hobi snorkeling dan diving saja, wisatawann yang suka hiking pun juga banyak yang datang ke sini.

Bagi kamu yang datang ke Pantai Labengki bersama pasangan, kamu bisa mengunjungi teluk yang bernuansa romantis. Teluk tersebut dinamakan Teluk Cinta karena bentuknya seperti hati. Teluk ini bisa kamu jadikan sebagai lokasi foto bersama pasanganmu yang akan semakin memperkuat hubunganmu dengan pasanganmu.

3. Pantai Taipa

Pantai Tapia berada di kecamatan Lembo, kabupaten Konawe Utara. Pantai ini menyuguhkan pemandangan pasir putih serta ombak yang tak terlalu besar. Jadi, kamu bisa bermain air di sin sepuasnya karena airnya terbilang aman. Meskipun begitu, tetap perhatikan kondisi pantai pada saat kamu datang ke sini.

Pantai Taipa Konawe Utara

Pantai Taipa Konawe Utara – foto ksmtour

Di sini kamu juga akan menemukan tebing-tebing kart menjulang tinggi. Biasanya, tebing-tebing tersebut akan dimanfaatkan sebagai lokasi panjat tebing sekaligus untuk menikmati keindahan alam dari atas. Kamu bisa menjadikan Pantai Taipa sebagai lokasi untuk berenang dan berolahraga.

4. Telaga Tiga Warna

Tempat wisata yang tidak kalah menarik di kabupaten Konawe Utara adalah Telaga Tiga Warna. Sesuai dengan namanya, telaga ini memiliki tiga warna air yang berbeda, yakni hijau, biru, dan kuning. Mengapa telaga ini sampai memiliki tiga warna? Hal ini disebabkan oleh adanya pembiasan cahaya matahari yang kemudian dipantulkan oleh air telaga

Jadi, perbedaan warna tersebut bukan karena airnya yang keruh, namun murni karena pembiasan cahaya. Uniknya, telaga ini tidak pernah kering dan wisatawan yang datang ke sini tidak perah menyempatkan mandi. Jika kamu tertarik datang ke Telaga Tiga Warna, maka silahkan datang ke Desa Linomoiyo, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara.

5. Pemandian Air Panas Wawolesa

kabupaten Konawe Utara

Sumber: merahputih.com

Kamu suka pemandian air panas? Maka coba datang ke Pemandian Air Panas Wawolesa. Pemandian ini terletak di antara pegunungan kapur yang mempunyai ratusan mata air maupun sumber air panas dari dasar bumi.

Menariknya, air tersebut kemudian mengalir membentuk sengkedan dan juga kolam-kolam alam berundak-undak. Jadi, secara tidak langsung bentuknya mirip terasiring.

Selain menikmati keseruan mandi air panas, kamu juga akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang ada di sekeliling pemandian. Tertarik untuk datang ke sini? Tempat ini berada di kecamatan Lasolo dan lokasinya ada di atas perbukitan.

 

Leave a Reply