Tentang Kota

Mengenal Kota Andoolo Kabupaten Konawe Selatan

Kantor Bupati Konawe Selatan di kota Andoolo

Kantor Bupati Konawe Selatan di kota Andoolo - foto kendaripos.com

Kota Andoolo merupakan salah satu kota di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Tempat ini terkenal memiliki banyak spot wisata yang menjadi daya tarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Setiap tahun, tidak sedikit wisatawan yang rela datang jauh-jauh hanya untu mengunjungi tempat wisata yang ada di sini.

Tentang Kabupaten Konawe Selatan

Kantor Bupati Konawe Selatan di kota Andoolo

Kantor Bupati Konawe Selatan di kota Andoolo – foto kendaripos.com

Kabupaten Konawe Selatan adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Andoolo. Kabupaten ini berasal dari hasil pemekaran Kabupaten Kendari yang disahkan dengan UU Nomor 4 tahun 2003, tanggal 25 Februari 2003. Jumlah Penduduk Kabupaten Konawe Selatan adalah penduduk berjumlah 231.534 jiwa.

Untuk kamu yang hobi berlibur, kami sarankan kamu mengunjungi Kota Andoolo kabupaten Konawe Selatan. Di sini kamu akan disuguhkan banyak tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah. Pastinya kamu tidak bisa move on setelah datang ke sini.

Tempat Wisata di Kota Andoolo Kabupaten Konawe Selatan

Beberapa tempat wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi akan kami jelaskan di bawah ini:

1. Pantai Pulau Senja

Pantai Pulau SenjaKota Andoolo,kabupaten Konawe Selatan

Pantai Pulau Senja, Tempat Wisata di Kota Andoolo Kabupaten Konawe Selatan – Sumber: celebes.co

Destinasi wisata menarik di Kota Andoolo kabupaten Konawe Selatan yang pertama adalah Pantai Pulau Senja. Untuk bisa sampai ke sini, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 50 KM dari pusat kota. Waktu perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih 45 sampa 60 menit.

Pantai Pulau Senja menawarkan keindahan alam yang tidak ada tandingannya. Pasir putihnya yang sangat lembut dan air yang sangat bersih menjadikan liburan ke sini semakin menarik.

Di sini kamu juga bisa menyaksikan pemandangan berupa tebing karang yang tersusun dengan rapi. Sesuai namanya, waktu terbaik berkunjung ke Pantai Pulau Senja adalah sore hari.

Untuk harga tiketnya, setiap orang akan dikenakan biaya Rp. 20.000. Kemudian wisatawan harus membayar Rp. 300.000 untuk menyebrang ke pantai. Tenang saja, kapal yang digunakan bisa memuat 20 sampai 30 orang. Jadi, masing-masing akan dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000.

2. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Objek Wisata Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Tempat Wisata di Kabupaten Konawe Foto:merahputih.com

Salah satu lokasi terbaik yang ada di Kabupaten Konawe Selatan adalah Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai. Taman in merupakan hamparan padang rumput sabana. Kamu bisa menyaksikan ratusan rusa yang hidup secara bebas di sini dan beberapa satwa langka lainnya.

Namun perlu kamu tahu jika ingin berlibur ke sini, pastikan sebelumnya kamu sudah mengantongi izin dari Balai TN. Lokasinya ada di Jl. Poros Bombana, No. 157 Lanowulu.

3. Bukit Alebo, Kota Andoolo

Bukit Alebo, Tempat Wisata di Kota Andoolo Kabupaten Konawe Selatan

Bukit Alebo, Tempat Wisata di Kota Andoolo Kabupaten Konawe Selatan – Sumber: jalanwisata.id

Tempat wisata lainnya yang juga tidak kalah mengagumkan adalah Bukit Alebo. Sebuah objek wisata terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit. Wisatawan datang ke sini juga biasanya berkemah agar mereka bisa menyaksikan keindahan Buit Alebo lebih lama.

Untuk bisa sampai ke Bukit Alebo, kamu bisa mengendari roda dua atau roda empat. Waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 45 sampai 1 jam dari pusat kota. Ketika kamu sudah sampai di sini,

kamu akan langsung dibuat kagum dengan keindahan alamnya. Sebuah lokasi terbaik untuk menghabiskan libur akhir pekan. Beberapa tempat wisata di Andoolo  Kabupaten Konawe Selatan lainnya yang juga bisa kamu kunjungi antara lain:

  • Air Terjun Moramo
  • Labuan Beropa
  • Puncak Ahuawali

Kuliner & Makanan Khas Kota Andoolo Kabupaten Konawe Selatan

Setelah mengunjungi beberapa tempat wisata di kabupaten Konawe Selatan, saatnya kamu juga harus mencicipi kuliner khas Kota Andoolo Kabupaten Konawe Selatan. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Kasoami

Kasoami, Makanan Khas Kota Andoolo Kabupaten Konawe Selatan

Kasoami, Makanan Khas Kota Andoolo Kabupaten Konawe Selatan – Sumber: id.wikipedia.org

Makanan dengan rasa yang khas di kabupaten Konawe Selatan adalah Kasoami. Sebenarnya makanan ini sudah menjadi makanan khas Sulawesi Tenggara dan terkenal dimana-mana. Asalnya dari Buton dan Pulau Wakatobi, namun bisa kamu temukan di beberapa daerah di Sulawesi Tenggara.

Makanan ini terbuat dari singkong atau ubi. Cita rasanya yang khas membuat siapapun ketagihan ketika pertama kali mencicipinya. Kamu juga bisa menambahkan sauran bening dengan ditemani secangkir teh hangat.

2. Kapusu

Kapusu, Makanan khas Kota Andoolo kabupaten Konawe Selatan

Kapusu, Makanan khas Kota Andoolo kabupaten Konawe Selatan – Sumber: review.bukalapak.com

Kapusu merupakan bubur jagung yang dicampur dengan kacang merah. Hidangannya memang unik karena bubur pada umumnya biasanya menggunakan kacang hijau, ketan hitam, atau nasi.  Namun bahan utama Kapusu adalah jagung dan kacang merah.

Makanan ini juga menjadi kuliner khas Sultra yang akan memberikan pengalaman kuliner unik. Rasanya yang khas membuatmu tidak bisa melupakan makanan yang satu ini.

3. Karasi

Karasi, makanan khas kota Andoolo kabupaten Konawe Selatan

Karasi, makanan khas kota Andoolo kabupaten Konawe Selatan – Sumber: ninanurrahmah.wordpress.com

Makanan khas Kota Andoolo kabupaten Konawe Selatan selanjutnya adalah Karasi. Karasi merupakan kuliner lezat lainnya yang juga bisa kamu temukan di kabupaten Konawe Selatan.

Sebenarnya makanan ini mirip roti jala maupun kue rambut. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut akan memanjakan lidahmu. Sangat cocok dijadikan sebagai cemilan favorit di kala bersantai sambil ditemani kopi atau teh hangat.

Demikian informasi tentang tempat wisata serta kuliner lezat di kota Andoolo kabupaten Konawe Selatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply