Mengenal Kota Kumurkek Kabupaten Maybrat - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tentang Kota, City Tour, Rumah Adat, Tari Adat

Mengenal Kota Kumurkek Kabupaten Maybrat

Kota Kumurkek Kabupaten Maybrat

Kota Kumurkek Kabupaten Maybrat

Kota Kumurkek Kabupaten Maybrat – Kabupaten Maybrat merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat, dan memiliki dengan luas wilayah 5.461, 69 km2 serta jumlah penduduk sebanyak 40.694 jiwa. Dengan ibukota Kumurkek, Kabupaten Maybrat memiliki sejuta pesona didalamnya.

Berikut kami berikan informasi mengenai Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat, mulai dari sejarahnya, tradisi, tempat wisata, sampai  budaya yang masih dipertahankan oleh masyarakatnya.

Sejarah Kota Kumurkek Kabupaten Maybrat

Kota Kumurkek Kabupaten Maybrat

Kota Kumurkek Kabupaten Maybrat – Foto : gpwisataindonesia.info

Kabupaten Maybrat merupakan pemekaran dari Kabupaten Sorong, dan pada tanggal 16 Januari 2009 , Kabupaten Maybrat resmi disahkan menjadi sebuah Kabupaten. Kabupaten Maybrat dengan ibukota Kumurkek terdiri dari beberapa distrik, yaitu Distrik Alfat, Distrik Altinyo, Ditrik, Ayamaru, dan Distrik Mare.

Saat ini, Kabupaten Maybrat telah mengalami perkembangan. Perkembangan yang terasa  adalah saat ini masyarakat telah menikmati aliran listrik, serta dibangunnya dua bandara yaitu bandara Kambuaya dan bandara Ayawasi, yang tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kapubaten Maybrat.

Tradisi di Kota Kumurkek Kabupaten Maybrat

Masyarakat di Kabupaten Maybrat memiliki sebuah tradisi yaitu Tradisi Kain Timor. Tradisi ini sudah berlangsung lama, dan sampai saat ini masih di pertahankan oleh masyarakat di Kabupaten Maybrat. Berikut informasi mengenai Tradisi Kain Timor.

Tradisi Kain Timor khas Kota Kumurkek Kabupaten Maybrat

Tradisi Kain Timor khas Kota Kumurkek Kabupaten Maybrat – Foto: pesona.travel

Kain Khas Timor merupakan kain khas NTT yang dibawa pelaut Portugis ke wilayah Maybrat pada tahun 1940 an. Kain Khas Timor digunakan masyarakat Maybrat untuk upacara adat, transaksi, ritual, dan juga pembayaran mas kawin.

Solidaritas antar sesama warga juga ditunjukan lewat tradisi Kain Khas Timor.  Jika ada salah satu warga yang sakit, maka warga yang lain akan berbondong bonding bondong untuk memberi bantuan dengan menggunakan Kain Khas Timor ini .

Budaya di Kabupaten Maybrat

Kabupaten Maybrat memiliki sebuah budaya yang sudah sejak lama mereka lestarikan sejak lama. Berikut adalah budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Maybrat, mulai dari Rumah Adat, Bahasa, hingga tarian tradisionalnya.

1.     Rumah  Kaki Seribu, Rumah Adat Kota Kumurkek Kabupaten Maybrat

Rumah Kaki Seribu

Rumah Kaki Seribu, –  Foto: margopost.com

Masyarakat di Kabupaten Maybrat memiliki kesamaan budaya dengan masyarakat Kabupaten Pegunungan Arfak, yakni tinggal di rumah adat yang mereka sebut Rumah Kaki Seribu (Mod Aki Aksa) .   Ukuran yang digunakan pun sama, yakni  ukuran 8×6 meter, tinggi panggung 1-1,5 meter, dan tinggi Puncak Atap berukuran 4- 5,5 meter.

Selain memiliki ukuran yang sama, Rumah Kaki Seribu di Kabupaten Maybrat menggunakan kayu untuk temboknya, ilalang/ jerami untuk atapnya, serta menggunakan pintu untuk fentilasi udaranya.

2.      Bahasa Kota Kumurkek Kabupaten Maybrat

Bahasa Kabupaten Maybrat

Bahasa Kabupaten Maybrat –  Foto: beritasatu.com

Leave a Reply