Mengenal Gunung Beriun, Gunung Berkontur Tanah yang Masih Perawan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Alam, Gunung, Pendaki, Uncategorised

Mengenal Gunung Beriun, Gunung Berkontur Tanah yang Masih Perawan

Gunung Beriun

Gunung Beriun - Sumber: theblackborneoexpedition.com

Nama Gunung Beriun terasa asing ketika mendengar namanya. Padahal gunung yang satu ini merupakan salah satu gunung yang unik di Indonesia. Gunung Beriun menjadi gunung yang menarik perhatian para penjelajah gunung seperti tim expedisi terkenal di Indonesia karena gunung ini belum pernah di daki oleh siapapun dan masih perawan, lho. Namun kabar baiknya, Tim Black Borneo Expedition 2016 berhasil menginjakkan kaki pertama kali di titik tertinggi Gunung Beriun ini.

Nah, untuk kalian yang belum tahu sama sekali tentang Gunung Beriun yang satu ini, penting banget untuk menyimak ulasan singkat tentang gunung yang satu ini agar kalian lebih mengenai keindahan alam Indonesia yang jarang diketahui banyak orang.

Sedikit Tentang Gunung Beriun

Gunung Beriun mungkin bukanlah gunung sebagai tempat wisata public, melihat lokasinya yang ekstrim dan tersembunyi. Dibutuhkan tim dan orang-orang tertentu dengan keahlian mendaki yang mumpuni untuk bisa menjangkau Gunung Beriun ini. Meskipun begitu, Gunung Beriun ini bisa kita nikmati dengan mengagumi pesona dan keunikannya jika dibandingkan dengan gunung-gunung lain.

Baca Juga ya :

Mengenal Gunung Beriun, Gunung Berkontur Tanah yang Masih Perawan 1

Sumber: okezonlifestyle.com

Gunung Beriun ini berlokasi di Kutai Timur, Kalimantan Timur yang merupakan satu-satunya gunung berkontur tanah dan tertinggi di Kawasan Karst Sangkulirang. Gunung Beriun termasuk ke dalam sub kawasan Karst (pegunungan kapur) Sangkulirang yang meliputi Gunung Beriun, Batu Gergaji, Batu Tondoyan, Batu Tutunambo, dan Batu Pangadan.

Uniknya, ditengah sub kawasan Karst Sangkulirang ini, Gunung Beriun adalah satu-satunya yang punya puncak berkontur tanah sehingga mengandung keanekaragaman hayati yang kaya sekali.

Pendakian Gunung Beriun

Tak hanya itu, Gunung Beriun ini punya fakta-fakta menarik yang mungkin tidak dimiliki oleh gunung-gunung lain di Indonesia. Kawasan Gunung Beriun belum teridentifikasi karena belum pernah tercatat penelusuran memasuki wilayah yang satu ini. Baru ketika 2016 lalu Tim Ekspedisi Black Borneo pertama kali menginjakkan kaki di puncak Gunung Beriun yakni 1261 mdpl.

Jalur pendakian Gunung Beriun

Jalur pendakian Gunung Beriun – foto nationalgeograpic.grid.id

Dengan adanya tim pertama kali yang sampai di titik tertinggi tersebut, diharapkan jalur menuju puncak Gunung Beriun dapat dibuka untuk jalur-jalur penelitian selanjutnya di kawasan tersebut. Selain itu, membuka jalur di Gunung Beriun ini tidak semudah kedengarannya. Dibutuhkan tenaga ekstra dan usaha keras karena medan dan jalurnya yang susahnya bukan main, berbeda dengan gunung-gunung lain di Indonesia.

Leave a Reply