Masjid Nurul Ulum Bandar Lampung - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Masjid

Masjid Nurul Ulum Bandar Lampung

Masjid Raya Nurul Ulum kota bandar lampung

Masjid Raya Nurul Ulum kota bandar lampung - foto Atho Sofyan Al-Bongasi

Di Bandar Lampung terdapat masjid yang cukup tradisional bernama Masjid Nurul Ulum Lampung. Sekalipun tradisional, masjid ini tetap terawat dengan baik serta masih digunakan sampai saat ini.

Selain untuk aktivitas sholat berjamaah, masjid ini juga diberdayakan untuk kegiatan sosial masyarakat.

Nah, pada artikel traveling berikut ini, akan saya coba jelaskan terkait Masjid Nurul Ulum.

Ulasannya seputar fasilitas, kegiatan, desain dan yang terakhir seputar tempat dan rute menuju lokasi masjid. Jadi, silakan disimak ini review masjid yang lebih lengkap:

Masjid Nurul Ulum Lampung

MASJID RAYA NURUL ULUM ISLAMIC CENTRE Kota Bandarlampung

MASJID RAYA NURUL ULUM ISLAMIC CENTRE
Kota Bandarlampung

Masjid Nurul Ulum Lampung dibangun di atas tanah seluas 2.475 m2. Sedangkan luas total tanah adalah 5000 m2 yang merupakan tanah wakaf dari warga setempat.

Di sinilah masjid kebanggaan warga Lampung ini berdiri dengan awal pembangunan rampung pada tahun 1991. Kurang lebih sudah tiga puluh tahunan masjid ini menjadi ikon di Lampung.

Sekalipun tidak terlalu luas, tetapi masjid ini telah menjadi saksi sejarah peningkatan keberagamaan di Lampung. Luas masjid hanya mampu menampung 200 orang jamaah saja.

Namun, ini tidak menyurutkan semangat para pengelola untuk terus memberdayakan masjid dengan baik. Bahkan setiap tahun, masjid ini selalu mengagendakan banyak acara keagamaan.

Baca juga : 6 Hotel Di Lampung Dekat Pantai dan indah

Fasilitas Masjid Nurul Ulum Lampung

bagian dalam Masjid Raya Nurul Ulum bandar lampung

bagian dalam Masjid Raya Nurul Ulum bandar lampung – foto g maps Winarno Abdullah

Sebagai sebuah tempat ibadah Islam yang dibuka untuk publik, pihak pengelola dalam hal ini takmir, sudah melengkapi masjid dengan berbagai fasilitas.

Tujuan pembangunan fasilitas ini semata untuk mempermudah masyarakat yang ingin beribadah sekaligus untuk meningkatkan rasa betah ketika sudah tiba di sana. Nah, ini dia beberapa fasilitas yang dimaksud:

1. Dapur Jamaah

Fasilitas yang pertama adalah dapur jamaah. Di sini, jamaah bisa membuat kopi gratis yang telah disediakan oleh takmir.

Bahkan, jamaah yang menginap pun pasti dilayani dengan baik dengan memanfaatkan dapur yang berada di bagian luar masjid.

Dengan adanya dapur jamaah, tentu jamaah akan lebih betah di masjid. Apalagi suasana sekitar masjid memang sangat indah dan permai.

Sehingga wajar kalau banyak orang selepas sholat langsung bersantai melepas penat. Jadi kalau Anda kemalaman, silakan mampir ke masjid ini.

Baca juga : Daftar 5 Suku Yang Ada Di Lampung dan lokasinya

2. Perpustakaan

Masjid Raya Nurul Ulum kota bandar lampung

Masjid Raya Nurul Ulum kota bandar lampung – foto Atho Sofyan Al-Bongasi

Masjid Nurul Ulum Lampung juga menggodok kajian keislaman untuk masyarakat. Nah, untuk mendukung program ini, pihak masjid telah membangun perpustakaan mini yang di dalamnya dipenuhi dengan ratusan buku-buku agama.

Silakan baca-baca di situ lalu tanyakan kepada ulama yang pasti stand by di masjid.

Perpustakaan tersebut juga diperuntukkan bagi para remaja masjid. Sehingga mereka mampu meliterasikan dirinya dengan baik terutama terkait dengan kecerdasan dalam beragama.

Alhasil, mereka tidak akan mudah menerima aliran agama yang menyimpang atau keluar dari koridor Islam yang Kaffah.

3. Aula

Aula di Masjid Nurul Ulum Lampung cukup luas. Biasanya, bangunan ini dipakai ketika ada acara keagamaan yang mengikutsertakan ribuan jamaah.

Sebelum pandemi, aktivitas semacam ini juga sering dilaksanakan di Masjid Nurul Ulum.

Aula juga sering dipakai oleh warga untuk melaksanakan ijab kabul pernikahan. Memang ada sewa untuk fasilitas ini.

Namun nominalnya tidak besar dan biasanya tetap dikembalikan kepada kebutuhan umat seperti pemberdayaan masjid hingga santunan anak yatim, janda tua dan lansia.

Kegiatan-Kegiatan Masjid Nurul Ulum Lampung

interior Masjid Raya Nurul Ulum bandar lampung

interior Masjid Raya Nurul Ulum bandar lampung – foto Hendra Gunawan

Ada banyak kegiatan yang dilangsungkan di Masjid Nurul Ulum Bandar Lampung. Semua kegiatan tersebut tidak semata acara keagamaan saja tetapi juga ada kegiatan sosial, remaja dan pendidikan.

Kegiatan-kegiatan ini diproyeksikan menjadi rutinitas harian, mingguan, bulanan maupun tahunan.

Kegiatan harian adalah sholat berjamaah yang menjadi ritual wajib bagi umat Islam terkhusus di seputar masjid.

Namun ternyata juga banyak dari daerah lain yang ikut sholat di masjid ini termasuk mereka yang kemalaman dan sedang menginap.

Kegiatan bulanan di antaranya adalah majelis taklim dari kalangan ibu-ibu. Di sini para emak-emak ini mengaji bersama sembari mendengarkan tausiah dari ulama yang memang ditunjuk oleh takmir masjid.

Sedangkan untuk jamaah pria, biasanya diagendakan di waktu yang berbeda.

Rute dan Alamat Masjid Nurul Ulum Lampung

Masjid Nurul Ulum Lampung

Masjid Nurul Ulum Lampung – foto g map Edy

Masjid Nurul Ulum beralamat di Rajabasa Raya, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung. Lokasinya berdekatan dengan Asrama Haji Lampung yang berada tepat di pertigaan jalan Lintas Sumatera.

Jadi, jika sudah tiba di simpang tiga ini, Anda cukup pilih jalur kiri, lurus lalu akan tiba di depan masjid.

Masjid ini berada di kawasan pendidikan Bandar Lampung. Sebab, di sekitar masjid terdapat banyak sekolah dari tingkat dasar hingga perkuliahan.

Sedangkan perusahaan yang terdekat dengan masjid adalah PT Abung Jaya Perkasa.

Itulah review terkait Masjid Nurul Ulum Lampung yang perlu diketahui pembaca. Jangan lupa untuk mampir ke tempat ini jika kebetulan sedang berkunjung ke Bandar Lampung.

Jangan khawatir dan tidak perlu was-was bakal tersesat karena saat ini sudah ada Google Map yang bisa dimintai bantuan pencarian.

Leave a Reply