Makna dan Sejarah Tari Singo Ulung - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya

Makna dan Sejarah Tari Singo Ulung

Tari Singo Ulung

Tari Singo Ulung - Sumber: kamerabudaya.com

Tari Singo Ulung – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak suku. Setiap suku dari wilayah masing-masing memiliki kesenian budaya. Salah satu kesenian budaya yang juga patut dilestarikan adalah seni tari.

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang berada paling timur pulau Jawa, Indonesia. Mayoritas penduduknya merupakan suku Jawa dan sebagian wilayahnya diduduki oleh suku Madura.

Sama halnya dengan wilayah lain, Jawa Timur memiliki berbagai macam tarian khas yang unik, salah satunya adalah Tari Singo Ulung. Tari Singo Ulung ini merupakan tarian yang mengandung nilai-nilai budaya dan sejarah loh.

Penasaran? Mari simak uraian berikut ini.

Apa sih Tari Singo Ulung?

Tari khas Jawa Timur yang berasal dari Bondowoso ini merupakan tarian yang cukup unik.

Tari Singo Ulung

Tari Singo Ulung – Sumber: blogspot.com

Kesenian tradisional ini mengharuskan penarinya menggunakan kostum berbentuk singa. Tidak hanya menggunakan kostum singa, gerakan yang ditampilkan para penarinya juga menyerupai singa.

Baca ini juga ya:

Uniknya Tari Singo Ulung

Kostum yang digunakan penarinya akan berbeda-beda sesuai dengan peran yang dibawakan. Untuk penari dengan peran Singo harus menggunakan kostum singa yang terbuat dari tali raffia putih. Tali raffia akan diurai-uraikan agar terlihat seperti bulu singa. Sementara itu, kepala singa yang digunakan hampir sama dengan kepala singa pada Singo Barong dalam tarian Reog Ponorogo.

Tari Singo Ulung

Tari Singo Ulung – Sumber: kamerabudaya.com

Kostum yang digunakan oleh Panji atau Jasiman adalah kostum seperti tari Topeng. Sementara itu, untuk penari wanitanya akan menggunakan kostum tradisional seperti kebaya dan sampur.

Adalagi penari warok yang menggunakan kostum serba hitam ditambah dengan kaos merah-putih khas Madura. Penari warok akan membawa rotan sebagai kelengkapan menarinya.

Bagaimana Sejarah Tari Singo Ulung?

Tari Singo Ulung

Tari Singo Ulung – Sumber: antarafoto.com

Jadi, menurut sejarah, Tari Singo Ulung ini diciptakan oleh seorang tokoh masyarakat sekaligus pendiri Desa Blimbing daerah Bondowoso yaitu Kiai Singo Wulu.

Leave a Reply