Asal Usul dan Sejarah Tari Sparkling Surabaya - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Sparkling Surabaya

Tari Sparkling Surabaya

Sumber: blogspot.com

Tari Sparkling Surabaya – Pernahkah kamu ke wilayah Surabaya, Jawa Timur? Selain menyediakan tempat wisata dan kuliner yang menakjubkan, Kota Surabaya juga menyediakan hiburan seni budaya yang tidak kalah menariknya loh.

Salah satunya adalah Tari Sparkling Surabaya. Mungkin nama tarian ini masih terdengar asing di telingamu. Tarian ini merupakan salah satu tarian yang juga berasal dari Jawa Timur, tepatnya Surabaya. Tarian yang satu ini termasuk tarian kreasi yang baru saja diciptakan. Tarian ini merupakan hasil perpaduan antara tarian tradisional dan modern, yang tentunya tidak menghilangkan identitas tradisional Surabaya.

Tari Sparkling Surabaya

Sumber: blogspot.com

Sebelum melihat langsung bagaimana seni dari tarian Sparkling ini, kamu harus tau asal-usul dan sejarah dari Tari Sparkling Surabaya ini. Berikut ini adalah sekilas tentang asal-usul adanya Tari Sparkling ini.

Apa itu Tari Sparkling?

Seperti yang telah disebutkan di atas, tari Sparkling ini adalah sebuah tari kreasi baru. Tarian yang merupakan hasil perpaduan antara tarian tradisional khas Jawa Timuran dan tarian modern kekinian ini disusun sangat baik sehingga tidak meninggalkan seni khas Kota Surabaya.

Walaupun dianggap merupakan tarian baru, Tari Sparkling Surabaya sangat dikenal oleh masyarakat Surabaya. Tarian ini ternyata menggambarkan bagaimana jati diri dari masyarakat Kota Surabaya loh. Bahkan,  tarian ini sering dijadikan sebagai tarian penyambutan tamu.

Kamu juga harus tau ini:

Asal usul dan Sejarah Tari Sparkling Surabaya

Nah, bagaimana sih asal usul terbentuknya tarian kreasi ini? Ternyata, terciptanya tarian ini sangat berkaitan erat dengan daerah asalnya, yaitu Kota Surabaya. Tari Sparkling ini merupakan tarian yang diciptakan pada tahun 2007 oleh Diaztiarni. Dulunya, tarian kreasi ini diciptakan untuk menyambut ulang tahun Surabaya yang ke-714. Sesuai dengan tema ulang tahunnya “Sparkling Surabaya”, membuat tari kreasi ini dinamai tari Sparkling Surabaya.

Adanya keindahan dan kelincahan pada Tari Sparkling Surabaya diharapkan dapat menggambarkan jati diri dan semangat warga Kota Surabaya. Sparkling yang berarti gemerlap, berkilau atau bersinar, menggambarkan kondisi masyarakat Kota Surabaya yang hidup dinamis dalam masyarakat yang plural. Bahkan, Sparkling juga menunjukkan pengaharapan agar Kota Surabaya bisa  terus bersinar.

Leave a Reply