Makna dan Sejarah Tari Merak - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Makna dan Sejarah Tari Merak

Tari Merak

Tari Merak - Sumber:

Tari Merak – Indonesia merupakan wilayah kesatuan yang terdiri dari banyak suku. Keberagaman suku yang ada tentunya menyebabkan adanya variasi kebudayaan. Nah, Seni tari merupakan salah satu kesenian budaya yang harus dilestarikan.

Tari Merak

Tari Merak – Sumber: garudacitizen.com

Masing-masing suku memiliki ciri khas dan keunikan pada tariannya. Salah satunya adalah Tari Merak. Tarian khas Jawa Barat ini merupakan tarian yang unik dan memiliki kekhasannya tersendiri. Kesenian tradisional ini sangat berkaitan erat dengan namanya.

Kamu harus baca ini juga:

Nah, setelah membaca artikel ini, kamu akan tau apa sebenarnya makna dan sejarah dari tarian ini. Yuk, mari kita simak.

Apa sih Makna Tari Merak ini?

Sesuai dengan namanya, tari merak menunjukkan sebuah tarian yang mengadopsi ciri-ciri burung merak. Mulai dari kostumnya yang mirip dengan bulu-bulu merak, hingga gerakannya yang mirip dengan perilaku burung merak.

Walupun begitu, tari ini bukan mencerminkan dan menceritakan tentang dunia merak atau bahkan dunia hewan. Kesenian tradisional khas Jawa Barat ini ternyata menampilkan kemesraan dua ekor merak jantan dan betina yang sedang jatuh cinta.

Ya, tarian ini merupakan salah satu tarian tentang percintaan. Ada penarinya yang berperan sebagai merak jantan dan adapula merak betina. Selama menari, mereka akan berlarian dan kejar-kejaran dengan sangat mesra.

Seperti burung merak aslinya, penari dengan peran merak jantannya akan mengepakkan sayap dengan indah untuk memikat merak betinanya.  Unik, kan?

Ciri Khas Kostum Tari Merak, Unik.

Tari Merak

Tari Merak – Sumber: garudacitizen.com

Biasanya, kostum yang dikenakan penarinya memiliki perpaduan warna hijau, hitam dan biru. Untuk membuatnya semakin mirip dengan burung merak, ditambahan motif bulat-bulat khas bulu brung merak juga.

Sementara itu, penarinya menggunakan mahkota yang bentuk kepala burung merak. Mahkota merak ini sangat mirip dengan mahkota yang dipakai oleh pengantin wanita Sunda loh. Selain kepalanya yang dihiasi mahkota kepala merak, penarinya juga memiliki hiasan telinga juga.

Aksesoris lainnya yang digunakan penarinya adalah apok yang dikenakan dilehernya. Penarinya menggunakan selendang yang berfungsi sebagai sayapnya. Nantinya penari tarian ini akan mengepak-kepakkan selendangnya itu saat menari. Persis seperti perilaku burung merak.

Nah, Sebenarnya Bagaimana Sejarah Tari Merak?

Berdasarkan cerita sejarah, Tari merak ini berasal dari Jawa Barat, tepatnya dari Pasundan. Tarian khas Sunda ini ada sejak tahun 1950 yang diciptakan oleh Raden Tjetje Somantri. Beliau merupakan seniman yang berasal dari Jawa Barat.

Raden Tjetje Somantri dibantu oleh tokoh lain dalam menciptakan tari merak ini yaitu Dra. Irawati Durban Arjon. Mereka berdualah yang mengembangkan tarian unik ini menjadi tari tradisional yang kontemporer dan dinamis.

Tari Merak ini memang diciptakan untuk menggambarkan kisah dua pasang merak jantan dan betina yang sedang kasmaran. Gerakan tarian memang diadopsi dari perilaku merak saat sedang bermesraan.

Bahkan sejarah juga mencatat bahwa tarian ini pertama kalinya ditampilkan di gedung  Schouwburg Concordia (Gedung Merdeka) pada Konferensi Asia Afrika. Tentunya, ini merupakan hal yang sangat membanggakan warga Jawa Barat.

Keberadaan dan Eksistensi Tari Merak

Nah, sejak dulu tari ini memang digunakan sebagai tarian untuk menghibur . Bahkan hingga sekarang, Tari merak terus berkembang dan sering ditampilkan saat menyambut para tamu. Lebihnya lagi, tarian ini bisa ditampilkan dalam ruangan tertutup tanpa menggunakan panggung sehingga mudah ditampilkan dalam kegiatan atau acara di dalam ruangan.

Bahkan, sejak dulu tari khas Jawa Barat ini juga sangat sering ditampilkan di acara pernikahan. Biasanya, tarian ini akan dijadikan tarian pengantar untuk mempertemukan pengantin pria dan wanita Sunda saat resepsi adat dilakukan.

Tari Merak

Tari Merak – Sumber: manjakan.com

Tarian ini termasuk tarian yang riang dan gembira. Gerakan lincah khas burung merak akan ditampilkan oleh penarinya. Hingga tarian ini sangat diminati oleh anak-anak wanita. Tidak hanya itu, kostumnya yang persis menyerupai burung merak akan menjadi sangat menarik. Hal itu yang membuat anak-anak tertarik untuk mempelajari tari merak.

Sanggar seni tari yang ada di wilayah jawa barat bahkan diluar jawa barat banyak menjadikan tari merak sebagai salah satu tarian yang akan dipelajari. Selain unik, tarian ini juga memberikan keceriaan bagi para penontonnya loh.

Leave a Reply