6 Makanan Khas Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Makanan Khas Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Makanan khas Talang Ubi

Miso, Makanan khas Talang Ubi - Sumber : cookpad

6 Makanan Khas Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Berbicara tentang makanan khas Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya Indonesia memiliki ratusan kabupaten yang masing – masing memiliki makanan khasnya sendiri.

Salah satunya adalah daerah Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang memiliki beberapa makanan khas yang rasanya unik dan berbeda dari daerah lain seperti di bawah ini.

1. Segarurung

Makanan khas Talang Ubi

Segarurung, Makanan khas Talang Ubi -Sumber : sumbergo

Segarurung merupakan makanan khas Talang Ubi yang cukup populer dan banyak dibawa untuk oleh – oleh. Segarurung adalah makanan berbahan dasar ikan yang sangat menggugah selera.

Tahap pertama proses membuat segarurung adalah ikan dikeringkan dengan cara diasapkan menggunakan kayu bakar. Namun, sebelum dikeringkan segarurung terlebih dahulu dilumuri bumbu khas PALI yakni bumbu – bumbu dapur, bawang, cabai dan asam jawa yang semuanya telah dihaluskan.

Harga segarurung bergantung pada ikan yang digunakan untuk segarurung dari ikan nila biasa dipatok dengan harga Rp 25.000,- sementara segarurung dari ikan patin hanya dipatok dengan harga Rp 20.000,-.

Baca Juga : Terkenal Nikmat, ini 6 Kuliner Khas Simpang Ampek Pasaman Barat!

2. Pede Patin

Makanan khas Talang Ubi

Pede Patin, Makanan khas Talang Ubi – Sumber : infosekayu

Makanan khas Talang Ubi selanjutnya bernama Pede yang bisa dibuat dari ikan Patin. Selain itu, pede juga bisa dibuat dari ikan lainnya seperti ikan gabus dan ikan air tawar lainnya.

Namun, apa itu Pede? Pede yaitu ikan yang sudah difermentasikan selama beberapa hari dan kemudian dimasak kering bersama dengan bumbu – bumbu. Serpihan ikan pede yang telah ditumis lebih dominan dnegan rasa asam.

Namun, rasa asam ini seimbang dengan rasa daging berbumbu yang lembut dan gurih. Setiap porsi Pede ikan patin dijual dengan harga Rp 10.000,- per porsinya. Per porsi biasanya berisi satu iris ikan pede.

3. Asam Paya

Makanan khas Talang Ubi

Asam Paya, Makanan khas Talang Ubi – Sumber : specialtyproduce

Buah ini banyak tumbuh di pedalaman hutan Penukal Abab Lematang Ilir. Sekilas buah ini nampak seperti buah salak. Namun, buah ini berwarna kuning gading dan memiliki kulit bersisik yang tekturnya keras.

Buah ini memiliiki rasa yang sangat asam dan konon bisa membuat lidah terasa kelu. Di daerah asalnya, buah ini biasa digunakan untuk manisan, campuran sop, dan campuran makanan khas Talang Ubi. Buah ini dijual dengan kisaran harga Rp 20.000,- per bonggolnya.

Leave a Reply