Kuliner

6 Makanan Khas Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Makanan khas Talang Ubi

Miso, Makanan khas Talang Ubi - Sumber : cookpad

6 Makanan Khas Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Berbicara tentang makanan khas Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya Indonesia memiliki ratusan kabupaten yang masing – masing memiliki makanan khasnya sendiri.

Salah satunya adalah daerah Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang memiliki beberapa makanan khas yang rasanya unik dan berbeda dari daerah lain seperti di bawah ini.

1. Segarurung

Makanan khas Talang Ubi

Segarurung, Makanan khas Talang Ubi -Sumber : sumbergo

Segarurung merupakan makanan khas Talang Ubi yang cukup populer dan banyak dibawa untuk oleh – oleh. Segarurung adalah makanan berbahan dasar ikan yang sangat menggugah selera.

Tahap pertama proses membuat segarurung adalah ikan dikeringkan dengan cara diasapkan menggunakan kayu bakar. Namun, sebelum dikeringkan segarurung terlebih dahulu dilumuri bumbu khas PALI yakni bumbu – bumbu dapur, bawang, cabai dan asam jawa yang semuanya telah dihaluskan.

Harga segarurung bergantung pada ikan yang digunakan untuk segarurung dari ikan nila biasa dipatok dengan harga Rp 25.000,- sementara segarurung dari ikan patin hanya dipatok dengan harga Rp 20.000,-.

Baca Juga : Terkenal Nikmat, ini 6 Kuliner Khas Simpang Ampek Pasaman Barat!

2. Pede Patin

Makanan khas Talang Ubi

Pede Patin, Makanan khas Talang Ubi – Sumber : infosekayu

Makanan khas Talang Ubi selanjutnya bernama Pede yang bisa dibuat dari ikan Patin. Selain itu, pede juga bisa dibuat dari ikan lainnya seperti ikan gabus dan ikan air tawar lainnya.

Namun, apa itu Pede? Pede yaitu ikan yang sudah difermentasikan selama beberapa hari dan kemudian dimasak kering bersama dengan bumbu – bumbu. Serpihan ikan pede yang telah ditumis lebih dominan dnegan rasa asam.

Namun, rasa asam ini seimbang dengan rasa daging berbumbu yang lembut dan gurih. Setiap porsi Pede ikan patin dijual dengan harga Rp 10.000,- per porsinya. Per porsi biasanya berisi satu iris ikan pede.

3. Asam Paya

Makanan khas Talang Ubi

Asam Paya, Makanan khas Talang Ubi – Sumber : specialtyproduce

Buah ini banyak tumbuh di pedalaman hutan Penukal Abab Lematang Ilir. Sekilas buah ini nampak seperti buah salak. Namun, buah ini berwarna kuning gading dan memiliki kulit bersisik yang tekturnya keras.

Buah ini memiliiki rasa yang sangat asam dan konon bisa membuat lidah terasa kelu. Di daerah asalnya, buah ini biasa digunakan untuk manisan, campuran sop, dan campuran makanan khas Talang Ubi. Buah ini dijual dengan kisaran harga Rp 20.000,- per bonggolnya.

4. Dodol Nanas

Makanan khas Talang Ubi

Dodol nanas, Makanan khas Talang Ubi – Sumber : tokomesin

 Melimpahnya buah nanas yang tumbuh di daerah Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir membuat masyarakat berinisiatif membuat jajanan yang sarat akan gizi salah satunya adalah dodol nanas.

Dodol nanas saat ini masih dalam proses penetapan sebagai makanan khas Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan buah tangan khas daerah tersebut. Oleh sebab itu, para pelaku UKM dan dinas terkait masih berusaha mewujudkan langkah ini.

Meskipun dodol nanas telah sering dijumpai, tentunya dodol nanas dari Penukal Abab Lematang Ilir ini memiliki ciri khas tersendiri.

Baca Juga : Penuh Sejarah dan Eksotik, Ini 6 Tempat Wisata di Kwandang Gorontalo Utara

5. Dodol Biji Karet

Makanan khas Talang Ubi

Dodol Biji Karet, Makanan khas Talang Ubi – Sumber : bisniswisata

Berbicara tentang dodol, di Penukal Abab Lematang Ilir juga memiliki makanan khas hasil inovasi ibu – ibu pencari getah karet. Makanan khas Talang Ubi ini bernama Dodo Biji Karet. Memang beberapa dari Anda masih asing dan susah membayangkan rasanya.

Tetapi, dijamin makanan ini akan membuat lidah Anda tak berhenti mengecap. Awalnya, biji karet dianggap sebagai limbang yang tidak berguna namun karena kreativitas ibu – ibu di daerah Jerambah Besi kini biji karet memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Proses pembuatannya adalah biji karet yang masih mentah diolah pada tahap pertama untuk menghilangkan racun – racun di dalamna. Proses penghilangan racun ini dengan cara direbus dan direndam selama 3 hari.

Setelah kandungan racun dalam biji karet sudah hilang, biji karet sudah siap diolah menjadi dodol yang enak, kenyal dan lembut. Menariknya lagi, dodol biji karet sudah mengantongi izin dari Dinas Kesehatan setempat dan BPOM, loh. Tertarik mencobanya?

6. Miso

Makanan khas Talang Ubi

Miso, Makanan khas Talang Ubi – Sumber : cookpad

Makanan khas Talang Ubi terakhir adalah Miso. Mungkin dari namanya Anda akan menebak bahwa makanan ini berasal dari Jepang. Namun ternyata tidak, makanan ini asli dari Indonesia tepatnya dari kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

Makanan ini berisikan bihun yang disiram dengan kuah segar dan di atasnya diberikan toping seperti ayam yang telah dibumbui atau bawang goreng. Makanan ini sudah terkenal di tahun 2000-an dan masih belum terungkap siapa yang menciptakan resep tersebut.

Masakan ini diklaim sebagai hidangan terlaris di kota Penukal Abab Lematang Ilir. Ini karena Miso memiliki rasa yang kaya akan rempah khas Indonesia. Selain itu, harga seporsi Miso juga sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 5.000,00 saja.

Demikian ulasan tentang makanan khas Talang Ubi yang memilik cita rasa unik. Pernahkan Anda mencoba salah satu dari makanan di atas? Komen di kolom komentar, ya.

Leave a Reply