Alam, Air Terjun, Budaya, Daftar Wisata, Museum, Pengetahuan

5 Tempat Wisata di Bulungan

Air hutan gunung seriang

Air hutan gunung seriang - Sumber: Indonesia Tourism

Tempat Wisata di Bulungan – Kabupaten Bulungan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Tanjung Selor. Sebelumnya kabupaten ini merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Timur kemudian pada tahun 1999 mengalami pemekaran menjadi 3 kabupaten dan 1 kota yaitu Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, dan Kota Tarakan yang menjadi ibukota Provinsi Kalimantan Utara.

Sejarah nama Bulungan diketahui berasal dari sebuah kesultanan yang pernah ada di daerah tersebut yaitu bernama Kesultanan Bulungan dan berkedudukan di Tanjung Palas. Banyak hal dan tempat wisata menarik dapat dikunjungi di Kabupaten ini, berikut 5 diantaranya.

1. Museum Kesultanan Bulungan

Museum Kesultanan Bulungan

Museum Kesultanan Bulungan – Sumber: Backpacker Jakarta

Tempat Wisata di Bulungan yang pertama adalah Museum Kesultanan Bulungan. Museum ini dapat dikunjungi pengunjung mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WITA. Alamat lengkap museum ini adalah di Tj. Palas Tengah, Tj. Palas, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Museum ini menyimpan sejarah kejayaan serta identitas dari masyarakat asli Bulungan.

Pada tahun 1964, Bangunan Kesultanan Bulungan mengalami kebakaran namun masih dapat diselamatkan peninggalan bersejarah dimasanya seperti tempat tidur sultan, foto-foto, kursi, meja, dan duplikat baju kebesarannya.

2. Air Hutan Gunung Seriang

Air hutan gunung seriang

Air hutan gunung seriang – Sumber: Indonesia Tourism

Tempat Wisata di Bulungan yang kedua adalah Air Hutan Gunung Seriang.  Air Hutan Gunung Seriang Berlokasi 2 km dari Kota Tanjung Selor, obyek wisata ini masih harus ditempuh kurang lebih 20 menit berjalan kaki dari pintu masuk.

Biasanya Pengunjung dapat bebas berendam di air yang sejuk dan bening ketika sudah mencapai lokasi. Selain itu, pengunjung juga serasa disambut oleh banyaknya kupu-kupu liar yang terbang di sekitar gunung.

3. Air Terjun Long Pin

Air Terjun Long Pin

Air Terjun Long Pin – Sumber: Traveling Yuk

Air Terjun Long Pin adalah Tempat Wisata di Bulungan yang ketiga. Air Terjun Long Pin ini Masih di Kota Tanjung Selor, terdapat satu obyek wisata alami yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yaitu air terjun Long Pin. Suara air mengalir, udara yang sejuk, serta pemandangan yang asri akan menjadi suguhan bagi para pengunjung.

Baca juga ya : Kunjungi 5 Tempat Wisata di Tanjung Selor  yang paling ngehits

Terdapat danau kecil di hilir air terjun ini dan sangat bisa untuk dinikmati oleh pengunjung. Namun, karena minimnya penerangan, wisatawan dianjurkan untuk meninggalkan lokasi sebelum matahari terbenam.

4. Sungai Giram, Tempat Wisata di Bulungan yang Hits

Sungai Giram

Sungai Giram – foto korankaltara.com

Berlokasi di Desa Long Beluah, arus sungai ini memiliki potensi wisata arung jeram ketika sedang memiliki arus deras. Tak hanya itu, sungai ini pun cocok dijadikan lokasi untuk berkemah maupun untuk sekedar berenang. Ketika air sedang tenang, permukaan air akan terlihat jernih dan pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan yang hanya ada di sungai tersebut.

5. Selimau Park

Tempat Wisata di Bulungan yang terakhir adalah Selimau Park. Untuk para pengunjung yang berlibur dengan terutama keluarga dengan anak kecil, taman Selimau Park sangat cocok untuk dikunjungi dengan adanya wahana bermain seperti sepeda bebek air, perosotan, komedi putar, dan juga kolam renang anak-anak.

Selimau Park

Selimau Park – foto tripterus.com

Tak hanya itu, di taman ini juga terdapat taman mangrove, kebun binatang mini, dan patung-patung menyerupai binatang.  Alamat lengkap taman ini adalah di Jalan Sunan Ampel, Tj. Selor Tim., Tj. Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Taman ini dapat dikunjungi setiap hari dengan jam operasional 08.00 s/d 18.00 WITA dengan harga tiket masuk Rp 15.000. Dengan harga terjangkau dan fasilitas memadai, tentu saja taman ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga Kabupaten Bulungan.

Leave a Reply