Kuliner, City Tour

Suka Kulineran? Coba 6 Kuliner Khas Pekalongan yang Nikmat Ini

Kuliner Khas Pekalongan

Kuliner Khas Pekalongan - foto rully fajar himawan

Berkunjung ke kota lain merupakan hal yang menyenangkan. Selain suasana baru, beberapa hal di kota lain juga tidak bisa ditemui di kota lain. Kalaupun ada, biasanya tetap ada yang berbeda. Hal tersebut bisa kita lihat dari kulliner atau makanan Khasnya. Setiap kota punya kuliner khasnya masing-masing yang cita rasanya juga berbeda-beda termasuk Kuliner Khas Pekalongan.

Jika berkunjung ke Pekalongan, selain terkenal akan batiknya yang bagus dan kualitasnya diakui, makananya khasnya pun juga dikenal nikmat. Berlibur ke Pekalongan sangat direkomendasikan terutama bagi kamu yang ingin mencoba wisata kulinernya.  Dari yang manis hingga gurih, Pekalongan menyajikan beragam makanan khasnya yang bisa membuat penikmatnya jatuh cinta dengan cita rasanya.

Kira-kira apa saja kuliner Pekalongan yang khas untuk dicicipi? Yuk simak di bawah ini.

1. Nasi Megono, Kuliner Khas Pekalongan

Kuliner Khas Pekalongan

Nasi Megono, Kuliner Khas Pekalongan yang enak – foto resepkoki.com

Kuliner Pekalongan yang khas salah satunya adalah Nasi Megono atau dikenal dengan sebutan Sego Megono. Makanan ini sangat populer di Pekalongan karena rasanya yang nikmat dengan lauk dan sayuran yang berlimpah. Nasi Megono ini berisi irisan nagka muda yang dipadukan dengan bumbu sambal kelapa.

Baca juga ya : Yuk Coba Kuliner Simpang lima Semarang yang legendaris

Rasanya gurih, pedas, dan bikin nagih tentunya. Nasi Megono lebih mantap jika disantap dalam keadaan hangat bersama dengan ikan goreng dan kerupuk. Kuliner Pekalongan yang satu ini juga mudah ditemui di warung-warung tenda lesehan di Pekalongan.

2. Kluban Bothok Kuliner Pekalongan

Kluban Bathok Kuliner Khas Pekalongan yang lezat

Kluban Bathok Kuliner Khas Pekalongan yang lezat – foto garvingoei

Makanan khas Pekalongan lainnya adalah Kluban Bothok. Isinya ada kelapa parut urap sebagai bumbunya, kol, tauge, kacang panjang, sayur bayam, dan kangkung. Kluban Bothok ini juga sedap jika disantap dengan pindang tetel. Selain rasanya yang lebih bervariasi, Kluban Bothok ini punya rasa khas. Bagi kamu yang mencari Kluban Bothok di Pekalongan bisa ditemukan di warung-warung atau depot yang menjual pindang tetel.

3. Pindang Tetel Pekalongan

Pindang Tetel, Kuliner Khas Pekalongan yang nikmat

Pindang Tetel, Kuliner Khas Pekalongan yang nikmat – foto cookpad.com

Kuliner Pekalongan yang khas lainnya adalah pindang tetel. Makanan ini sudah sangat dikenal di Pekalongan. Pindang tetel ini sejenis soto tetapi menggunakan bumbu kuah yang dimasak dengan menggunakan buah pucung yang telah matang. Tak heran rasanya berbeda dengan sejenis soto lainnya. Berkunjung ke Pekalongan sangat wajib untuk menjajal makanan ini. Selin mudah ditemukan di sudut Kota Pekalongan, pindang tetel ini juga cukup terjangkau.

4. Tauto Daging Pekalongan

Tauto Daging, Kuliner dari pekalongan

Tauto Daging, Kuliner dari pekalongan – foto tastemade.id

Tauto ini sejenis makanan berkuah dengan rasa yang sedap dan nikmat. Tauto daging khas Pekalongan ini memiliki rasa yang mirip sop daging kuah kental yang menggunakan bumbu tauco sehingga rasanya lebih nendang di lidah. Semangkuk tauto daging pekalongan biasanya berisi potongan daging, jeroan, mie so’on, serta beberapa sayuran yang pas banget disantap ketika musim hujan.

5. Garang asem, Kuliner Khas pekalongan

Garang Asem, Kuliner Pekalongan yang Legendaris

Garang Asem, Kuliner Pekalongan yang Legendaris – foto travelingyuk.com

Jika mendengar Garang asem mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga. Namun garang asem dari Pekalongan punya cita rasa yang khas, lho. Bila garang asem pada umumnya merupakan pepes dengan bumbu santan, tapi garang asem khas Pekalongan ini disajikan dengan kuah yang gurih dan sedap. Garang asem ini biasa dimakan dengan nasi megono yang nggak kalah nikmat.

6. Apem Kesesi, Kue Khas Pekalongan

Apem kesesi Kue Khas Pekalongan

Apem kesesi Kue Khas Pekalongan – foto rully fajar himawan

Setelah kuliner Pekalongan yang cukup berat, ada juga kuliner Pekalongan yang khas namun ringan. Jajanan tradisional ini cukup mudah ditemui di Pekalongan. Apem Kesesi ini merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dengan topping gula jawa atau gula aren. Teksturnya kenyal dengan bentuknya yang pipih. Rasanya legit dan sedikit manis membuat Apem Kesesi ini jadi jajanan pasar primadona di Pekalongan.

Baca juga ya : Yuk Liburan ke Curug madu pekalongan  yang indah ini

***

Nah, itulah 6 kuliner Pekalongan yang khas yang bisa kamu cicipi dan beli di Pekalongan. Pekalongan juga punya wisata kuliner yang nikmat sehingga sangat sayang untuk dicoba. Mana, nih kuliner Pekalongan yang khas yang pernah kamu coba sebelumnya?

Leave a Reply