City Tour, Daftar Wisata, Desa Wisata, Inspirasi, Tentang Kota

Mengenal Kota Tilamuta Kabupaten Boalemo

Jembatan Soeharto, Tilamuta, Boalemo - Gorontalo

Jembatan Soeharto, Tilamuta, Boalemo - Gorontalo - foto milik @is_rauf

Kota Tilamuta merupakan sebuah kecamatan yang menjadi Ibukota dari Kabupaten Boalemo yang berada di Provinsi Gorontalo.

Dari Gorontalo, untuk jaraknya sekitar 80 km dan menempuh perjalanan yang cukup berliku penuh tikungan selama kurang lebih sekitar 3 jam.

Mengenal Kota Tilamuta Kabupaten Boalemo 1

Salah satu pusat keramaian di kota Tilamuta ini adalah kawasan Alun-Alun kota Tilamuta yang sering dijadikan tempat nongkrong dan tempat berbagai acara diselenggarakan.

Saat malam Sabtu atau malam Minggu, kawasan alun-alun Tilamuta ini depenuhi oleh anak muda dan juga penjual makanan yang terkadang hingga larut malam. Deretan lampu-lampu hias dan tanaman yang rindang disekitar alun-alun juga akan menambah kesan aman dan menyenangkan.

Alun alun tilamuta

Alun alun tilamuta – foto milik @rolisasi_

Kabupaten ini mempunyai beragam wisata alam. Hal ini karena dilihat dari kondisi geografis wilayah yang berbatasan dengan Laut sulawesi yang ada di sebelah utara dan teluk Tomini yang ada di sebelah selatan.

Wisata di kota Tilamuta Boalemo

Di Kota Tilamuta ini terdapat 3 obyek tujuan wisata yaitu Pantai Boalemo indah di Desa Bolhutuo, Pulau Pasir putih di depan Desa Bajo dan Air Terjun ayuhulalo di Desa Ayuhulalo.

Berikut ini beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi saat kamu berada dikota Tilamuta :

Bukit Cinta Tilamuta Boalemo Gorontalo
Bukit Cinta Tilamuta, Boalemo - Gorontalo

Bukit Cinta Tilamuta, Boalemo Gorontalo – foto milik @sittinurjannahsyarifuddin

Tempat wisata dikota tilamuta ini menyuguhkan pemandangan alam dan hamparan lautan luas langsung dari puncak Cinta Tilamuta. Bukit yang indah ini juga tak hanya menyuguhkan pemandangan alam saja, kita juga bisa melihat keindahan kota tilamuta dari atas ketinggian.

Obyek Wisata Mangrove & Tambatan Hati Pelangi Tilamuta
Obyek Wisata Mangrove dan Tambatan Hati Pelangi Tilamuta

Obyek Wisata Mangrove dan Tambatan Hati Pelangi Tilamuta – foto milik @is_rauf

Tempat Wisata di kota tilamuta selanjutnya adalah Kawasan Mangrove dan Tambatan Hati Pelangi yang berada tak jauh dari kota Tilamuta.

Tempat ini menyuguhkan berbagai jenis tanaman mangrove dengan pesona dan sensasi meniti jembatan kayu yang bisa dikelilingi diantara lebatnya pepohonan mangrove yang ada disana.

Suasana Malam Hari Kota Tilamuta Boalemo
Suasana Malam Hari Kota Tilamuta Boalemo

Suasana Malam Hari Kota Tilamuta Boalemo – foto milik @fadhly_suaib

Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam saja, kalian juga bisa menikmati Suasana Malam Hari Kota Tilamuta kabupaten Boalemo yang indah dengan kerlap kerlip lampu kota yang menghiasi sepanjang Jalan.

Tugu Limu, Alun Alun Tilamuta

Tugu Limu, Alun Alun Tilamuta – foto milik @novaldyrest

Bahkan hingga sampai ke kawasan Tugu Limu yang berada di Alun Alun Tilamuta juga dihiasi oleh lampu warna-warni yang indah. Percaya deh hasil jepretan kalian saat berada diantara lampu-lampu tersebut akan membentuk bingkaian foto yang keceh.

Satu lagi tempat wisata yang lokasinya tak jauh dari kota Tilamuta yakni Pulau Idaman Boalemo yang sebelumnya bernama Pulau Mohupomba.

Pulau ini terletak di Desa Tenilo, Tilamuta, Boalemo. Jaraknya dari Ibukota Provinsi Gorontalo adalah 104 km atau sekitar 2,5 jam naik mobil.

Pulau Idaman Boalemo

Pulau Idaman Boalemo – Photo credit @rauf official on Youtube

Untuk menuju Pulau Mohupomba, kamu harus menyeberang dari Pelabuhan Tilamuta naik perahu. Kamu bisa memilih naik speedboat atau ketinting, perahu tradisional milik warga lokal.

Kabupaten Boalemo juga mempunyai 2 taman laut yaitu Taman laut Pulau Nimba di Desa Limbatihu Kecamatn Paguyaman.

Selain wisata alam, daerah ini juga mempunyai wisata budaya, wisata yang diunggulkan yaitu perkampungan suku Bajo dengan bangunan rumah di atas air laut di Desa Bajo, wisata budaya lain yaitu Tari sabe yang merupakan ataraksi alami berupa tarian di atas bara api dengan kekuatan magis.

Penghasilan Masyarakat Kota Tilamuta

Pertanian merupakan sektor yang menjadi unggulan daerah ini, hasil pertanian dari daerah ini berupa bahan tanaman pangan yang meliputi yaitu padi, jagung dan tanaman palawija.

Untuk perkebunan, komoditi utama perkebunan Boalemo ini meliputi jambu mete, kelapa dalam, kelapa hibrida, dan kopi robusta.

Jembatan Soeharto, Tilamuta, Boalemo - Gorontalo

Jembatan Soeharto, Tilamuta, Boalemo – Gorontalo – foto milik @is_rauf

Guna meningkatkan pendapatan daerah, maka selain dari pariwisata, maka Boalema menjadikan kegiatan ekonomi di bidang perikanan dan kelautan sebagai sektor unggulan daerah ini.

Perairan yang dimiliki oleh kabupaten Boalemo ini menyimpan berbagai ikan laut yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi seperti tuna, ikan layang, kerapu tikus.

Dari Kota Gorontalo dan sekitarnya, sampai ke tempat tujuan Tilamuta maka yang tampak hanyalah alam yang hijau saja dengan deretan rumah-rumah penduduk yang terlihat tertata rapi dan indah.

Penataan yang sangat rapi dan indah ini sudah sangat terlihat dengan jelas sejak kamu berada di atas pesawat ketika pesawat terbang rendah dan siap-siap untuk mendarat.

By Pass Lahumbo, Jalanan kota tilamuta

By Pass Lahumbo, Jalanan kota tilamuta – foto@pokay_ilogat

Hijaunya alam selalu menjadi hal yang paling sangat mengesankan dalam perjalanan panjang yang ini. Ada kesejukan yang tak terperikan yang terasa sejuk dalam pandangan mata, sejuk di alam jiwa.

Lebih-lebih ketika ada sisa-sisa hujan yang menggantung terlihat laksana mutiara  bening yang ada di pucuk dedaunan. Sawah yang menghijau yang terbentang semakin menambah semarak indah dan tenang suasana.

Saat perjalanan di Subuh hari, maka kesejukan ini semakin disempurnakan oleh adanya desah angin yang masuk melalui jendela mobil.

Masjid Besar Baiturrahman Tilamuta

Masjid Besar Baiturrahman Tilamuta – foto milik @is_rauf

Dalam keadaan seperti inilah, maka tak puas-puasnya kamu untuk memandang ke luar jendela sambil membiarkan wajahmu disapu oleh dinginnya udara.

Bila kamu ingin menikmati suasana yang cukup riuh dan gegap gempita, maka bukan di Tilamuta ini tempatnya. Sebab di sini masih diliputi oleh suasana kesederhanaan alami, masih bergeliat menata kota, dan bisnis untuk bergerak maju.

Kisah Tilamuta merupakan  rangkaian kisah alam yang sangat asri. Sebuah kisah kekeluargaan yang sangat kental, kisah semangat untuk membangun daerah, kisah untuk maju bersama, dan kisah adat budaya yang masih sangat terjaga.

Mengenal Kota Tilamuta Kabupaten Boalemo 2

sumber : wisatadaerahku.com

Di kota Tilamuta juga sangat terkenal dengan makanan-makanan yang sangat nikmat dengan citarasa yang memang tak terbayang kelezatannya itu. Kota Tilamuta Kabupaten Boalemo sering diguyur hujan.

Tilamuta menyimpan banyak cerita..

 

 

Leave a Reply