Tentang Kota

Pesona Kota Tanjung, Ibu Kota Kabupaten Lombok Utara

salah satu masjid dikota tanjung

salah satu masjid dikota tanjung - foto gmaps Darmawan Darmawan

Kota Tanjung merupakan salah satu kecamatan yang juga merupakan ibu kota di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pusat perdagangan dan pemerintahan kabupaten ada di kecamatan ini. Tanjung berjarak sekitar 35 Km ke arah utara dari Kota Mataram.

Penduduk Kota Tanjung

Penduduk Kota Tanjung sangat heterogen, ada Suku Sasak, Bali, Jawa, Bima, Sumbawa dan suku-suku lainnya.

Baca Juga ya :

kantor bupati lombok utara

kantor bupati lombok utara – foto g maps Mulyadi Ardiansyah

Kota Tanjung menyimpan potensi untuk menjadi sentra perdagangan yang bisa disejajarkan dengan kota-kota lain di Nusa Tenggara Barat.

Mayoritas penduduk kota Tanjung memeluk agama Islam. Kebanyakan pemeluknya adalah Suku Sasak, Jawa, Bima, Sumbawa. Agama lain yang dianut di kota ini adalah Buddha, dan Hindu, yang kebanyakan dianut oleh penduduk dari suku Bali.

Beragam tempat peribadatan juga dijumpai di kota ini. Selain didominasi oleh masjid, Pura dan Vihara juga terdapat di kota Tanjung.

salah satu masjid dikota tanjung

salah satu masjid dikota tanjung – foto gmaps Darmawan Darmawan

Tempat Wisata di Kota Tanjung

Ada banyak objek wisata di kota tanjung kabupaten lombok utara ini. Beberapa diantaranya adalah Pantai Sire, Pantai Sedayu, Pantai Sejuk dan Pantai Sorong Jukung.

Tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, Kabupaten Lombok Utara juga mempunyai beberapa kuliner khas yang tidak akan bisa ditemui di tempat lain. Salah satu kuliner khas tersebut adalah Sate Ikan Tanjung.

Sate ikan khas Tanjung Lombok Utara

Sate ikan khas Tanjung Lombok Utara – foto gmpas Febby Agustya Natadiwijaya

Sate yang hanya ditemui di sekitar daerah Tanjung. Tidak seperti sate ikan di daerah lain, keunikan aroma dan rasa dari sate ini membuat setiap orang akan langsung bisa membedakan nya dengan sate – sate ikan di daerah lain .

Di daerah asalnya Lombok Utara, pedagang sate Ikan Tanjung hanya bisa kita jumpai di waktu – waktu tertentu yaitu mulai dari pukul empat sampai dengan enam sore hari. Lewat dari jam-jam itu kita tidak akan menemukannya karena harganya yang cukup terjangkau membuat Sate ini sangat cepat terjual.

Selain itu keberadaan pedagangnya yang berjajar di sepanjang jalan menuju daerah Tanjung juga membuat setiap pengunjung yang kebetulan lewat bisa langsung menikmatinya atau membawanya pulang sebagai oleh- oleh.

pantai sedayu dikota tanjung lombok utara

pantai sedayu dikota tanjung lombok utara – foto gmpas Accu Mbong

Berikut ini ada beberapa tempat wisata yang bisa kamu temui di kota ini, antara lain :

Tiga Gili yang Bikin Jatuh Hati

Salah satu dari tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara yaitu Tiga Gili yang terdiri dari Gili Trawangan, Gili Meno serta Gili Air. Ketiga pulau kecil ini terlihat berada saling berdekatan jadi sangat cocok sekali untuk kamu gunakan seagai pengalaman liburan island hopping.

Sunset gili trawangan

Sunset gili trawangan – foto @kataomed

Tiga gili ini juga dikelilingi oleh perairan yang terlihat sangat jernih dengan terumbu karang yang sangat indah. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Tiga Gili ini yaitu tidak adanya kendaraan bermotor yang ada di dalam pulaunya. Sehingga tempat ini disebut juga sebagai salah satu destinasi wisata anti polusi yang sangat nyaman.

Gunung Rinjani, Gunung Api Terindah Seantero Negeri

Memang tak lengkap liburan kamu ke pulau Lombok Utara tanpa harus mendaki Gunung Rinjani. Status dari gunung Rinjani merupakan gunung berapi aktif yang tertinggi kedua yang ada di Indonesia.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani – foto @adhinagara

Gunung ini pula yang telah diklaim sebagai sebuah gunung dengan pemandangan terindah yang dimiliki oleh negeri ini. Tidak hanya seuah pemandangan dari puncak gunungnya saja namun untuk sepanjang rute pendakian ini kamu juga bakalan tak henti-hentinya disuguhi dengan pemandangan yang bikin mulut menganga kagum.

Itulah sebabnya bagi kamu para pendaki jangan lewatkan berkunjung ke tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara ini.

Air Terjun Sendang Gile, Indahnya Gile Bener!

Salah satu tempat wisata di Tanjung Kabupaten Lombok utara yang juga memiliki pesona dan keindahanya sendiri adalah Air Terjun Sendang Gile.

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile – foto @ana09_syarif

Air terjun ini merupakan air terjun terindah yang memilki ketinggian sekitar 31 meter yang bisa kamu akses melalui desa Senaru. Untuk bisa menuju ke spot air terjun tersebut kamu mesti menuruni anak tangga sebanyak 315 buah yang bisa bikin kamu berkeringat.

Namun sesampainya di air terjun ini maka rasa puas serta segar akan langsung terasa. Apalagi percikan air terjunnya yang cukup dingin bakal mengisi energi kamu yang telah terbuang selama perjalanan. Konon katanya siapa saja yang pernah membasuh muka dengan menggunakan air di Air Terjun Sendang Gile ini bisa awet muda.

Pesona Kota Tanjung, Ibu Kota Kabupaten Lombok Utara 1

sumber : youtube

Inilah seputar kota Tanjung ibukota kabupaten Lombok Utara. Sebuah kota yang menyimpan banyak sekali pesona yang bisa dihadirkan untuk para pengunjungnya.

Leave a Reply