Tentang Kota, City Tour

Mengenal Kota Suwawa Kabupaten Bone Bolango

Center Point Bone Bolango

Center Point Bone Bolango - foto hulondalo.id

Kota Suwawa – Salah satu Kota yang berada di provinsi Gorontalo adalah Kota Suwawa. Kota Suwawa merupakan ibu kota atau pusat pemerintahan dari kabupaten Bone Bolango dimana kabupaten ini dibentuk berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bonebolango dan Kabupaten Pohuwato di Provinsi Gorontalo.

Baca juga ya :

kantor bupati kabupaten bone bolango

kantor bupati kabupaten bone bolango – foto wikipedia

Kota Suwawa ini terdiri atas 10 desa, antara lain Desa Boludawa, Bube, Bube Baru, Bubeya, Helumo, Huluduotamo, Tinelo, Tingkohubu, Tingkohubu Timur, dan Ulanta.

Batas wilayah Kabupaten Bone Bolango

Berdasarkan posisi geografisnya, saat ini Kabupaten Bone Bolango berbatasan dengan beberapa wilayah seperti:

  • Batas Wilayah Utara – Kabupaten Bolaang Mongondow (Provinsi Sulawesi Utara) dan Kabupaten Gorontalo Utara;
  • Batas Wilayah Selatan –Teluk Tomini;
  • Batawa Wilayah Barat – Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo;
  • Batas wilayah Timur – Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Provinsi Sulawesi Utara).
Mengenal Kota Suwawa Kabupaten Bone Bolango 1

sumber : wikipedia

Kabupaten Bone Bolango sendiri terdiri dari 18 Kecamatan dan salah satunya adalah kecamatan Suwawa. Berikut ini 18 kecamatan yang ada di kabupaten Bone Bolango:

  1. Kecamatan Tapa
  2. Kecamatan Bulango Utara
  3. Kecamatan Bulango Selatan
  4. Kecamatan Bulango Timur
  5. Kecamatan Bulango Ulu
  6. Kecamatan Kabila
  7. Kecamatan Botupingge
  8. Kecamatan Tilongkabila
  9. Kecamatan Suwawa
  10. Kecamatan Suwawa Selatan
  11. Kecamatan Suwawa Timur
  12. Kecamatan Suwawa Tengah
  13. Kecamatan Pinogu
  14. Kecamatan Bonepantai
  15. Kecamatan Kabila Bone
  16. Kecamatan Bone Raya
  17. Kecamatan Bone
  18. Kecamatan Bulawa

Tentang Kota Suwawa

Kota Suwawa merupakan salah satu pusat perekonomian di kabupaten Bone Bolango. Luas Kabupaten Bone Bolango secara keseluruhan adalah 1.984,58 km2. Jika dibandingkan dengan wilayah Provinsi Gorontalo, luas Kabupaten ini sebesar 16,24%.

Center Point Bone Bolango

Center Point Bone Bolango – foto hulondalo.id

Kecamatan terluas di Kabupaten Bone Bolango adalah Kecamatan Pinogu dan kecamatan yang memiliki luas terkecil adalah Kecamatan Bulango Selatan. Kota Suwawa ini merupakan salah satu kecamatan dari kabupaten Bone Bolango yang cukup dikenal.

Cukup banyak hal yang sangat istemewa yang terdapat di kota ini. Setiap orang yang berkunjung ke Bone pastinya jangan pernah melewatkan untuk mampir ke kota ini. Jumlah penduduk kabupaten Bone Bolango mencapai 158.550 jiwa dengan luas wilayah kabupaten tercatat mencapai 1.984,31 km2.

Tempat wisata di Kota Suwawa Bone Bolango

Ada banyak hal menarik yang di di Suwawa atau diwilayah kabupaten Bone Bolango seperti salah satunya adalah Danau Perintis. Danau ini adalah sebuah danau yang terletak di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Danau Perintis di Suwawa Kabupaten Bone Bolango Gorontalo

Danau Perintis – Photo credit: akurat.co

Danau Perintis adalah cekungan yang sengaja dibendung oleh masyarakat pasca-kemerdekaan Indonesia. Gunanya untuk menampung air dan mengalirkannya ke sawah-sawah warga. Seiring waktu, danau ini sering dikunjungi masyarakat luar Suwawa untuk memancing ikan namun kemudian beragam kepentingan bertemu di sini.

Kesepuluh desa di Suwawa tersebut menyimpan potensi wisata alam yang begitu menakjubkan. Misalnya, Danau Perintis, Pemandian  Air Panas Lombongo dan The Ullanta Hills. Tapi, kalau kamu sudah mengunjungi Kabupaten Bone Bolango, sayang sekali kalau kamu tidak mengunjungi destinasi wisata lain di kabupaten ini.

Kabupaten yang merupakan kampung halaman dari kakek mantan presien RI ke-3, Alm. BJ. Habibie ini memiliki potensi wisata alam yang luar biasa menakjubkan. Misalnya, Taman Laut Olele yang sangat terkenal, Pantai Botubarani, Pantai Kurenai, Air Terjun Toluda, Water Sport Bintalahe, Wisata Pemandian Meranti dan Bukit Tangga Bali.

Benteng Ullanta Wisata Hits di Kabupaten Bone Bolango Gorontalo

Benteng Ullanta – Photo credit: nyero.id

Benteng Ullanta adalah objek wisata yang terletak di Desa Ullanta, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango. Benteng ini menjadi objek wisata yang digemari masyarakat sekitar karena aksesnya mudah dan masuknya pun tidak dipungut biaya, alias gratis.

Lokasi wisata Benteng Ullanta ini terus dipugar dan dikembangkan oleh pemerintah daerah agar dapat menjadi destinasi wisata unggulan di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Tahun lalu, di lokasi wisata ini dibangun dua menara baru yang membuat objek wisata ini semakin megah nan menawan. Selain itu, pemda juga menambahkan bangunan gerbang dan gazebo sehingga objek wisata ini semakin menarik pengunjung untuk datang.

 

Leave a Reply