Tentang Kota

Inilah Kota Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara  

Selamat datang di kota Kwandang Gorontalo Utara

Selamat datang di kota Kwandang Gorontalo Utara - foto g mpas eki djalali

Kota Kwandang – Kabupaten Gorontalo Utara merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Gorontalo, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kwandang. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2007 pada tanggal2 Januari 2007. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran ketiga (2007) Kabupaten Gorontalo.

Baca juga ya : 

Taman Kwandang Gorontalo Utara

Taman Kwandang Gorontalo Utara – foto g mpas Femy Nas Yasin

Berdasarkan posisi geografisnya, Kabupaten Gorontalo Utara memiliki batas-batas:

  • Utara – Laut Sulawesi
  • Selatan – Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Boalemo
  • Barat – Provinsi Sulawesi Tengah
  • Timur – Provinsi Sulawesi Utara

Kabupaten Gorontalo Utara terdiri atas 11 kecamatan, dan 123 desa dengan jumlah penduduk 104.133 jiwa (data SP 2010) serta luas 1.230,07 km² (data SP 2010, sehingga tingkat kepadatan penduduknya adalah 84,60 jiwa/km².

Kota Kwandang

Kota Kwandang kabupaten Gorontalo Utara sumber : kronologi.id

Wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara adalah sebagai berikut.

  1. Anggrek,
  2. Atinggola,
  3. Biau, mekaran Kecamatan Tolinggula 2011,
  4. Gentuma Raya,
  5. Kwandang,
  6. Monano, mekaran Kecamatan Anggrek 2011,
  7. Ponelo Kepulauan, mekaran Kecamatan Kwandang 2011,
  8. Sumalata,
  9. Sumalata Timur, mekaran kecamatan Sumalata 2011,
  10. Tolinggula, dan
  11. Tomilito, mekaran Kecamatan Kwandang 2011.

Tentang Kota Kwandang

Kota Kwandang merupakan salah satu dari enam kecamatan yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Kwandang berstatus sebagai ibukota kabupetan, memiliki luas wilayah 301,26 km2 atau sekitar 16,95 persen dari luas Kabupaten Gorontalo Utara.

Masjid Agung Baiturrahim kwandang

Masjid Agung Baiturrahim kwandang – foto g mpas Aditya Sari

Wilayahnya berbatasan dengan Laut Sulawesi di sebelah utara dan memiliki garis pantai yang panjang. Di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Gorontalo; di sebelah barat dengan Kecamatan Anggrek; dan di sebelah timur dengan Kecamatan Atinggola.

Jumlah penduduk Kota Kwandang tahun 2012 sebanyak 36.750 jiwa atau sekitar 34,54 persen dari penduduk Kabupaten Gorontalo Utara, dengan kepadatan penduduk mencapai 131 jiwa per km2. Kwandang meliputi 13 desa kelurahan, yaitu Bualemo, Bulalo, Dambalo, Leboto, Molantadu, Molingkapoto, Moluo, Mootinelo, Ponelo, Pontolo, Posso, Tanjung Karang dan Titidu.

Selamat datang di kota Kwandang Gorontalo Utara

Selamat datang di kota Kwandang Gorontalo Utara – foto g mpas eki djalali

Salah satu kecamatan di Gorontalo Utara yang juga sekaligu smenjadi Ibu kota dari Kabupaten Gorontalo Utara mempunyai panorama indah yaitu Kota Kwandang. Ada beberapa Tempat wisata di Kwandang yang bisa Anda kunjungi disana. Beberapa diantaranya sebagai berikut.

Benteng oranje kwandang

Benteng oranje kwandang

Benteng oranje kwandang – fto liputan6.com

Tempat wisata di Kwandang kabupaten Gorontalo Utara yang pertama adalah Benteng orange. Benteng Orange ini merupakan salah satu tempat bersejarah yang kini menjadi tempat wisata juga.

Benteng dibangun secara gotong royong oleh rakyat setempat pada masa itu. Terdapat lorong penyelamatan dengan panjang 100 km dan ruang bawah tanah. Suasananya begitu sejuk dan hangat, ditumbuhi pohon ketapang yang menjadikannya lebih asri.

Benteng maas

Tempat bersejarah yang ada di kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara adalah Benteng Mas. Benteng Mas tepatnya terletak di desa Cisadane. Suasananya sangat asri dan punya pemandangan yang juga indah. Sayangnya, benteng mas masih tergolong sepi dan jarang dikunjungi wisatawan.

Tempat wisata di Kwandang kabupaten Gorontalo Utara ini mungkin jarang dikunjungi namun tempat ini masuk kedalam destinasi wisata yang harus kamu tahu sejarahnya khsuusnya sejarah perjuangan warga Gorontalo dalam melawan para penjajah.

Pulau Bogisa

Pulau Bogisa

Pulau Bogisa – foto g mpas Unda faundra

Tempat wisata di Kwandang kabupaten Gorontalo Utara lainnnya adalah Pulau Bogisa. Pulau Bogisa ini lokasinya Tak jauh dari pulau Saronde atau tepatnya sekitar 2 km dari perairan Sulawesi Utara. Pulau Bugisa ini dikenal memiliki keunikan pada daratannya, dimana memiliki pasir yang putih hingga menjulur ke laut.

Tak sedikit yang melakukan perkemahan di tepi pantai Pulau Bogisa. Hanya saja, pantai ini belum dilengkapi oleh fasilitas yang lengkap seperti pada pulau Saronde. Maka sebaiknya Anda perlu menyiapkan bekal makanan sesuai kebutuhan jika ke pantai ini.

Pulau Saronde

Pulau Saronde, Tempat wisata di Kwandang kabupaten Gorontalo Utara

Pulau Saronde, Tempat wisata di Kwandang kabupaten Gorontalo Utara- foto kompas.com

Tak hanya indah pada permukaannya saja, pemandangan bawah lautnya juga begitu luar biasa cantik. Hamparan air laut yang bersih dan indah akan membuat siapa saja merasa betah berlama-lama menikmati pulau Saronde.

Oh ya di pulau cantik Pulau Saronde ini kita bisa melihat berbagai binatang laut seperti bintang laut yang cukup banyak tersebar disekitar pulau saronde.

**

Inilah seputar kota kwandang kabupaten Gorontalo Utara. Cukup sangat banyak berbagai tempat indah tersedia di kota ini. Bagi kamu yang ingin berkunjung kesana maka janganlah sampai lupa untuk mampir ke kota ini.

Leave a Reply