Melihat Keunikan 2 Rumah Adat Nias Sumatera Utara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Rumah Adat

Melihat Keunikan 2 Rumah Adat Nias Sumatera Utara

Rumah Adat Nias

Rumah Adat Nias

Rumah Adat Nias – Indonesia memang negara yang kaya. Memiliki beragam flora fauna, suku, budaya hingga rumah adatnya. Salah satunya rumah adat yang ada di Sumatera Utara. Rumah adat di Provinsi ini ada banyak jenisnya serta hadir dengan ciri khas maupun keunikannya masing-masing.

Sumatera Utara memang didominasi oleh suku Batak, tetapi sebenarnya tentu bukan hanya suku Batak saja. Adanya setiap suku ini mempunyai rumah adat dengan keunikan maupun ciri khasnya masing-masing baik dari sisi desain, arsitektur maupun fiturnya.

Rumah Adat Nias

Rumah Adat Nias – Sumber : backpackerjakarta.com

Salah satu rumah adat yang memiliki keunikan tersendiri ada di kepulauan Nias. Pulau Nias yang mempunyai destinasi wisata bahari terindah ini, rupanya juga memiliki kekayaan budaya termasuk rumah adat yang unik.

Konstruksinya fleksibel serta tahan dari guncangan gempa. Selain itu, materialnya terdiri dari kayu dan lempengan batu. Terdapat beberapa jenis rumah adat Nias yang bisa Anda temui yaitu sebagai berikut.

1. Omo Sebua

Oma Sebua, Rumah Adat Nias

Oma Sebua, Rumah Adat Nias – Sumber : merdeka.com

Rumah Adat Nias Sumatera Utara yang pertama adalah Rumah adat Omo Sebua. Rumah adat ini letaknya ada di pusat desa dan dibangun hanya untuk Kepala desa. Menurut sejarah, Omo Sebua ini di zaman dulu dimanfaatkan sebagai tempat untuk pertahanan saat perang antar desa masih seringkali terjadi.

Pembangunan rumah adat Omo Sebua ini pada tumpukan kayu ulin berukuran besar dilengkapi atapnya yang menjulang tinggi. Hal ini menjadi salah satu ciri khas dari Oma Sebua dimana atapnya curam dengan tinggi yang mencapai 16 meter. Atapnya berbentuk pelana pada bagian depan dan belakang sehingga efektif melindungi rumah dari curah hujan.

Omo Sebua juga tahan dari gempa. Hal ini trebukti dimana pada tahun 2005 terjadi gempa, namun Omo Sebua masih kokoh berdiri. Bangunan Omo Sebua punya pondasi yang berdiri pada lempengan batu berukuran besar serta balok diagonal yang berukuran besar juga, ditambah bahan –bahan lain sehingga mampu meningkatkan stabilitas dan fleksibilitasnya pada gempa bumi.

Baca Juga ya :

2. Omo Hada

Oma Hada, Rumah Adat Nias

Oma Hada, Rumah Adat Nias Sumatera Utara – Sumber : satuharapan.com

Jika Omo Sebua dibangun untuk Kepala desa, maka Omo Hada merupakan rumah adat Nias yang ditinggali oleh rakyat jelata.

Leave a Reply