Masjid

Ini Dia 6 Masjid Terbaru dan Termegah Di Indonesia yang Layak Dikunjungi

masjid terbaru dan termegah

Indonesia adalah negara dengan penduduk islam terbesar di dunia. Maka dari itu, wajar kalau jumlah masjid di negeri ini juga sangat banyak. Bahkan masjid terbaru dan termegah di Indonesia juga berlimpah.

Untuk traveler yang tidak mengetahui masjid apakah tersebut dan bagaimana kemegahan masjidnya, berikut akan dijelaskan dengan singkat. Semoga dengan adanya uraian ini, kamu lebih tertarik untuk mendatangi dan beribadah di dalamnya.

Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia

masjid terbaru dan termegah di Indonesia

Masjid Terbaru dan Termegah di Indonesia

Jumlah masjid terbaru dan termegah di Indonesia sangat banyak. Namun yang populer ada enam yang akan dijelaskan pada list di bawah. Silakan disimak semoga ada manfaat yang terkait dengan spiritualitas umat. Ini dia penjelasannya:

1. Masjid Istiqlal Ibu Kota Jakarta

Masjid Istiqlal

Masjid termegah di Indonesia yang pertama adalah Masjid Istiqlal. Masjid yang berada di Ibu Kota Jakarta ini juga dianggap sebagai rumah ibadah muslim terluas se Asia Tenggara.

Saking luasnya area Masjid Istiqlal, jamaah yang bisa ditampung mencapai 200.000 orang. Tentu bukan jumlah yang sedikit, maka layak kalau masjid Istiqlal juga menjadi ikon Jakarta dan Indonesia.

2. Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Masjid Nasional Al Akbar

Surabaya sebagai kota metropolitan kedua setelah Jakarta juga tidak mau kalah dalam hal pembangunan masjid. Bahkan salah satu masjid di Kota Surabaya yaitu Masjid Nasional Al Akbar dianggap bisa menampung jamaah sebanyak 59.000 orang.

Tak hanya itu, pengunjung juga diperbolehkan untuk menaiki kubah masjid yang berwarna hijau. Terutama bagi jamaah yang ingin melihat alam Surabaya dari atas ketinggian.

3. Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid terbaru dan termegah di Indonesia yang ketiga adalah Masjid Islamic Center Samarinda. Masjid ini menggabungkan antara tiga unsur wisata yaitu wisata religi, wisata edukasi dan wisata alam.

Hal ini dikarenakan banyak pengetahuan yang didapatkan dari masjid dengan arsitektur timur tengah tersebut. Bahkan juga ada perpustakaan yang bisa diakses oleh 40.000 jamaah.

Selain itu, letak masjid yang berdampingan dengan Sungai Mahakam membuat pemandangan masjid lebih indah dan udaranya sejuk dan bersih. Maka dari itu, orang yang sholat di dalamnya pasti betah.

4. Masjid Raya Baiturrahman Aceh Darussalam

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid termegah di Indonesia tidak hanya yang baru dibangun. Rumah ibadah yang berdiri tahun 1800an pun banyak yang megah dan tetap mentereng sampai saat ini. Salah satunya adalah Masjid Raya Baiturrahman.

Tak hanya itu, masjid inilah yang menjadi saksi sejarah tragedi tsunami Aceh beberapa tahun yang lalu. Kini dengan beberapa perbaikan dan renovasi, masjid terlihat lebih elegan dan asri.

Maka dari itu, jika sedang ke Aceh, rugi jika tidak mampir ke Masjid Raya Baiturrahman. Karena jika sudah melihatnya apalagi sampai mengerjakan ibadah sholat di dalamnya, pasti ada suasana ketenangan tersendiri yang menyelinap di dalam hati.

5. Masjid Kubah Emas Kota Depok

Masjid Kubah Emas

Kota Depok juga memiliki masjid yang dianggap termegah di Indonesia. Namanya adalah Masjid Kubah Emas yang berada di Kecamatan Limo Depok. Masjid ini mengusung konsep Timur Tengah dengan kesan minimalis tetapi penuh dengan corak dan motif.

Yang paling menarik tentu kubahnya karena memiliki diameter yang cukup besar. Tak hanya itu, warna emas di permukaan kubah memancarkan pesona tersendiri. Ini alasan mengapa masjid ini disebut Masjid Kubah Emas.

Dulunya Masjid Kubah Emas disebut Masjid Dian Al Mahri. Namun ketika dilakukan perluasan dan penggunaan kubah berwarna emas, maka sebutannya pun mulai berubah. Dari Masjid Dian Al Mahri yang menampung 20.000 jamaah menjadi masjid Kubah Emas dengan daya tampung yang sama.

6. Masjid At Tin Jakarta

Masjid At Tin

Masjid termegah di Indonesia yang terakhir adalah Masjid At Tin yang berada di Jalan Taman Mini I Jakarta. Masjid yang menurut kabar selentingan, didirikan oleh cucu Presiden Soeharto untuk mengenang jasa Bu Tien.

Masjid yang mampu menampung jamaah sebanyak 10.000 orang ini tidak hanya luas tetapi juga elegan. Terutama desain ruang yang mewah dan stylish tetapi tidak terlalu berlebihan.

Artinya desain tersebut, tidak mengganggu orang yang sedang beribadah di dalam masjid. Apalagi lingkungannya juga asri karena berada di dalam lokasi Taman Mini Indonesia Indah yang terkenal permai.

Nah, jika sedang berwisata ke TMII dan sudah tiba waktu sholat, datang saja ke Masjid At Tin. Lakukan sholat berjamaah dengan tenang. Setelah selesai, santai sejenak untuk melihat profil masjid.

Demikian beberapa masjid terbaru dan termegah di Indonesia. Silakan didatangi jika kebetulan traveler sedang mengunjungi kota yang menjadi tempat dari masjid tersebut berdiri.

Leave a Reply