Air Terjun

Harga Tiket Curug Lawe Ungaran dan Rutenya

Curug Lawe Benowo Kalisidi

Curug Lawe Benowo Kalisidi - foto ig @pesona_kabsemarang

Curug Lawe Ungaran – Kota Semarang mungkin tidak begitu populer sebagai tempat wisata. Akan tetapi, ada satu destinasi di sini yang sangat layak dikunjungi namanya adalah Curug Lawe Ungaran atau bisa juga di sebut sebagai Air Terjun Lawe Ungaran. Satu tempat wisata air terjun yang unik dan sangat eksotis.

Tak hanya itu, destinasi ini juga baru ditemukan dan alam di sana masih “perawan” sehingga nilai natural-nya masih terlihat jelas. Oleh sebab itu, jika ingin menikmati suasana pelesir yang berbeda datang saja ke Air Terjun Lawe Ungaran.

Pesona Air Terjun Lawe Ungaran

Curug Lawe Benowo Ungaran

Curug Lawe Benowo Ungaran – foto ig @dessyinvita

Air Terjun Lawe Ungaran atau curug Lawe Ungaran atau coban Lawe Ungaran merupakan tempat wisata hits yang bakal menjadi ikon wisata baru di kota ini. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pengunjung yang datang setiap hari. Bahkan, di hari biasa pun traveler yang berkunjung mencapai ratusan orang.

Salah satu alasan pengunjung tertarik ke Curug Lawe Benowo Kalisidi karena pemandangan alamnya yang indah. Sebagai destinasi yang ada di lereng Gunung Ungaran, tentu suasana sekitarnya lebih permai. Apalagi air terjun ini berada di dalam hutan yang rindang, tentu kesannya lebih asri dan teduh.

Selain itu, air terjun memiliki ukuran yang cukup tinggi. Sehingga, deburan air dari puncak cukup keras sehingga mencipta kolam kecil di bagian dasarnya. Peristiwa inilah yang membuat traveler tidak akan bosan berdekatan dengan air terjun.

Baca juga :

Sarana Wisata di Curug Lawe Ungaran

Curug Lawe Ungaran

Curug Lawe Ungaran – foto ig @daffaargy

Wisata Air Terjun Lawe Ungaran merupakan tempat wisata yang baru ditemukan. Makanya masih belum ada pengelolaan yang maksimal dari pemerintah setempat. Justru yang mengelola hingga saat ini adalah warga sekitar sekaligus yang membangun fasilitas-fasilitas wisata.

Selain ada gazebo sederhana, masyarakat juga telah membangun gardu pandang di sekitar air terjun. Lokasinya berada di ketinggian dengan curug menjadi latar utama. Karena itu, terkadang traveler berfoto di atas gardu pandang terutama saat sunsite atau terbit matahari.

Fasilitas berikutnya adalah lahan parkir yang cukup luas yang berada di kaki bukit. Traveler bisa menitipkan kendaraannya di sana lalu mulai hacking menuju air terjun yang berada di bagian atas.

Rute Menuju Curug Lawe Ungaran

Curug Lawe Benowo Kalisidi

Curug Lawe Benowo Kalisidi – foto ig @pesona_kabsemarang

Rute menuju tempat wisata Curug Lawe Ungaran sangat mudah. Sedangkan jalur trayek terdekat bisa melalui jalan di depan Universitas Negeri Semarang yang tepat ada di pusat kota.

Jika menggunakan jalur ini, silakan ambil jalur ke kiri melewati UNNES. Kalau sudah tiba di pertigaan belok kanan lalu lurus hingga menjumpai gapura pertama di kiri jalan. Silakan masuk ke gapura tersebut yang akan mengarahkan traveler hingga ke tempat parkir Curug.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki karena masih belum ada akses kendaraan ke curug. Traveler akan menerabas hutan yang rimbun sehingga perlu membawa penunjuk jalan agar tidak tersesat. Untuk ini, traveler bisa meminta bantuan warga setempat dengan membayar sekadarnya saja.

Jarak dari area parkir hingga air terjun cukup jauh. Untuk sampai ke sana, pengunjung harus berjalan kaki selama satu jam dengan jalur sedikit menanjak. Sekalipun demikian, suasana di perjalanan sangat indah dan teduh sehingga rasa lelah tidak akan terasa apalagi jika pelesirnya bersama seluruh keluarga.

Harga Tiket Masuk Curug Lawe Ungaran

Air Terjun Lawe Ungaran

Air Terjun Lawe Ungaran – foto ig @happy.vio

Untuk masuk ke Curug Lawe Ungaran, traveler harus membayar tiket Rp4.000 per-orang. Harga yang sangat murah dan terjangkau bahkan seakan tidak sebanding dengan keindahan yang akan dirasakan ketika sudah tiba di sana.

Selain harga tiket, pengunjung juga harus membayar biaya parkir Rp5.000 per-kendaraan. Sedangkan uangnya akan dialokasikan untuk pengelolaan tempat wisata dan sebagiannya lagi untuk biaya penjagaan.

Di luar biaya tersebut, traveler tidak akan dibebani dengan biaya lagi. Artinya, segala fasilitas di air terjun, seperti gazebo, spot foto dan berenang di sungai batu tidak dikenakan biaya sepeserpun. Jadi, jika datang ke tempat ini lebih irit budget dibandingkan ke tempat wisata yang lain.

Itulah review singkat tentang Curug Lawe Ungaran yang menakjubkan. Silakan persiapkan budget kalian sekarang juga, lalu kunjungi air terjun paling eksotis di Semarang ini bersama seluruh anggota keluarga.

Leave a Reply