Air Terjun, Alam, Budaya, Pengetahuan

Curug Cipamingkis Bogor, Bisa menjadi tempat Camping di Bogor

Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis - Sumber: Travels Promo

Curug Cipamingkis – Tidak sedikit orang yang merasa jenuh dan butuh jeda dari aktivitas sehari-hari namun tidak didukung oleh ketersediaan waktu dan tidak jarang pula biaya. Kadang kita lupa bahwa pikiran juga butuh penyegaran dan tidak perlu berlibur dengan gaya mewah maupun dalam jangka waktu yang panjang.

Cukup dengan mengisi ranselmu dengan perbekalan air minum, bekal makanan, powerbank, dan kamu pun siap untuk berlibur satu hari ini. Melirik kota Bogor, akses mudah serta memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dipilih. Salah satunya adalah Curug Cipamangkis.

Daerah curug ini dulu merupakan area persemaian hutan pinus, itulah sebabnya lahan di sekitar air terjun maupun di area sekelilingnya dipenuhi oleh pohon pinus dan menjadi penambah indahnya pemandangan.

Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis – Sumber: Travels Promo

Curug Cipamingkis  memiliki aliran air yang berasal dari Gunung Halimun Timur. Lebih tepatnya berasal dari pertemuan dua sungai yaitu Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Air terjun ini masih sangat jernih dan menyegarkan. Air terjun berketinggian 10 – 15meter ini menyajikan pemandangan yang asri beserta kesegaran air dan kesejukan udara bagi para pengunjung.

Para pengunjung tergolong aman untuk merasakan pancuran air terjun maupun bermain air di sekitarnya. Curug Cipamingkis merupakan salah satu curug yang dikelola langsung oleh BUMN, yaitu oleh Perum Perhutani.

Mitos Curug Cipamingkis Bogor

Curug Cipamingkis Bogor

Curug Cipamingkis Bogor – Sumber: Chanel Muslim

Selain karena air terjunnya yang cantik, ternyata destinasi ini menyimpan banyak sekali mitos dibaliknya. Mitos pertama, memiliki keterkaitan dengan asmara atau hubungan percintaan. Pernah disebutkan katanya apabila ada seseorang dengan status single atau belum memiliki pasangan mandi di bawah ar terjun ini dengan niat ingin bertemu dengan jodoh, maka harapannya tersebut dapat terkabul.

Kemudian ada juga kisah tentang penjaga Curug Cipamingkis. Beberapa orang menyebutkan bahwa hawa mistis masih terasa di sekitar curug ini. Konon katanya Curug Cipamingkis dijaga oleh seekor jelmaan ular naga atau disebut sebagai Dewi Ular atau Ratu Ular, paduan dari Pangeran Langit.

Ada salah seorang pengunung curug ini menyatakan bahwa ia mengalami pengalaman aneh yaitu secara tak sengaja bertemu dengan makhluk ghaib yang menyorotkan mata berbinar merah dan tajam ke arahnya. Setelah mengalami kejadian tersebut ia merasakan ada perubahan dalam dirinya dan ia merasa menjadi memiliki daya tarik untuk lawan jenisnya. Walaupun cerita ini menarik untuk digali, belum diketahui dengan jelas siapa pengunjung tersebut dan kapan kejadiannya.

Fasilitas Yag ada di Curug Cipamingkis Bogor

Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis – Sumber: Travels Promo

Terlepas dari cerita mitos di balik Curug Cipamingkis, daya tarik yang dapat secara nyata dinikimati oleh pengunjung adalah wahana lokasi foto yang menakjubkan. Spot foto ini berhasil menarik banyaknya pengunjung yang datang kesini, terutama bagi pengunjung yang memiliki hobi fotografi. Beberapa diantaranya adalah lokasi foto Gardu Pandang, Foto Bintang, Jembatan Cinta, Perahu Asmara, Stone Garden, Taman Barathayuda, dan Rumah Pohon.

Selain lokasi foto, Curug Cipamingkis juga dapat dimanfaatkan untuk para komunitas pecinta alam untuk berkemah. Pastinya seru dapat melewati malam mendengar suara air terjun. Terdapat pula kolam renang bagi pengunjung yang datang bersama keluarga, cocok sekali untuk anak-anak bermain namun harus tetap di bawah pengawasan orang tua. Belum selesai di situ, terdapat pula kolam terapi ikan yang katanya memiliki manfaat yaitu dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Lokasi dan HTM Curug Cipamingkis Bogor

Curug Cipamingkis Bogor masih dalam area Jabodetabek, air terjun ini berlokasi di Jonggol, Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor – Jawa Barat 16830 dan dalam dihubungi melalui nomor telepon: (021) 8794-3662 / (021) 8794-4243.

Baca juga:

Untuk tiket masuk terbilang terjangkau dengan banyaknya fasilitas yang didapat oleh pengunjung yaitu Rp 35.000 untuk wisatawan domestik pada weekday dan Rp 40.000 untuk weekend. Parkir dikenakan Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Satu kavling untuk berkemah dikenai biaya sewa Rp 60.000 per malamnya. Curug Cipamingkis ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Selamat merencakan liburan akhir pekan.

Leave a Reply