Bukit

Bukit Turgo Sleman

Bukit Turgo Sleman

Turgo Hill - Sumber : rentalmobiljogja.id

Bukit Turgo Sleman –  Siapa yang tidak mengenal Daerah Istimewa Yogyakarta? Seperti namanya, salah satu provinsi di Indonesia tersebut memang istimewa di mata pengunjung. Beberapa turis baik lokal maupun internasional seringkali memilih Yogyakarta sebagai tempat tujuan wisata mereka.

Yogyakarta memiliki salah satu kabupaten bernama Sleman, yang di kenal sebagai tempat asal dari buah salak pondoh. Tidak hanya itu, berbagai universitas terkenal sebenarnya secara administratif terletak di kabupaten ini. Contohnya Universitas Gadjah Mada.

Namun, yang akan di bahas saat ini bukan mengenai kuliner atau universitas yang ada di Sleman. Dalam artikel ini akan di bahas mengenai salah tujuan wisata di Sleman, yaitu Bukit Turgo.

Mengenai Bukit Turgo

Bukit Turgo Sleman 1

Pemandangan Bukit Turgo : Sumber : antarejatour.com

Bukit Turgo merupakan sebuah bukit basaltik kecil (basaltik/ basal adalah batuan beku yang ekstrusif, terbentuk dari solidifikasi magma yang terjadi dipermukaan bumi. Biasanya berwarna abu-abu atau hitam karena pembekuannya cepat dipermukaan bumi) di sebelah selatan Gunung Merapi dan memiliki ketinggian mencapai 1000 mdpl.

Lokasinya ada di sebelah barat Kaliurang, di Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Terdapat juga sebuah dusun, yaitu Dusun Turgo yang menjadi sebuah objek wisata. Objek wisata yang berada di Dusun Turgo sendiri antara lain jelajah hutan Merapi, meracik teh dan kopi ala masyarakat setempat, pertunjukan budaya, dan ritual keagamaan.

Nama Bukit Turgo tidak terpisahkan dengan Gunung Merapi yang berada di Yogyakarta. Gunung yang begitu mempesona bagi para pencinta alam di balik keganasannya.

Ada beberapa tempat untuk menyaksikan kemegahan Gunung Merapi, yaitu di Kaliurang, Kali Adem, dan Bukit Turgo. Untuk Kaliurang dan Kali Adem sudah begitu populer di kalangan masyarakat, sedangkan Bukit Turgo masih terdengar sedikit asing.

Padahal di bukit tersebut pengunjung bisa menyaksikan pemandangan puncak Gunung Merapi dari jarak dekat jika cuaca sedang cerah. Sebagai tambahannya, terkadang terlihat awan putih yang berjalan melewati puncak bukit. Dari atas bukit juga bisa menyaksikan liukan Sungai Boyong yang tampak hijau mempesona.

Perjalanan Menuju Bukit Turgo

Bukit Turgo Sleman 2

Hiking di Bukit Turgo – Sumber : nurfajrian.wordpress.com

Untuk mencapai puncak, pengunjung diharuskan berjalan selama kurang lebih 1 jam menyusuri hutan desa dan melewati sebuah jalan setapak yang masih berupa lapisan tanah.

Tetapi jangan khawatir karena di beberapa bagian terdapat alat bantu berupa tali yang melintang, bertujuan untuk membantu para pejalan saat melewati jalanan yang cukup terjal.

Ritual Keagamaan di Bukit Turgo

Bukit Turgo Sleman 3

Makam Kyai Turgo – Sumber : pasag-merapi.blogspot.com

Bukit Turgo Sleman tidak hanya digunakan untuk bertamasya, tetapi juga ada ritual keagamaan yang berlangsung di sana. Karena di atas bukit terdapat makam Kyai Turgo yang dipercaya sebagai Syekh Jumadil Qubro.

Selain sebagai tempat wisata religi, makam tersebut juga di nilai sebagai monumen peninggalan sejarah bagi warga sekitar. Di bawah makam tersebut ada sebuah goa yang biasa digunakan untuk tirakat bagi pengunjung yang berziarah ke makam.

Syekh Jumadil Qubro merupakan nenek moyang dari para wali di Indonesia sekaligus seorang ulama besar dari Samarkand, Uzbekistan. Beliau adalah salah satu tokoh penting dalam penyebaran Islam di Indonesia. Konon beliau merupakan keturunan ke 10 dari Al-Husain, cucu Nabi Muhammad SAW.

Dijelaskan bahwa makam dari beliau memang di situ tempatnya karena orang-orang jaman dahulu membutuhkan gunung untuk menepi.

Potensi Wisata Bukit Turgo

Dikarenakan potensi wisatanya yang begitu besar, salah satu pelaku wisata jeep akan membuat jalur khusus ke sana. Namun, masih perlu koordinasi dengan masyarakat setempat.

Di Bukit Turgo, wisatawan dapat belajar mengenai tanaman endemik Gunung Merapi yaitu Anggrek Vanda Tri Color. Di samping itu, ada pula jenis tanaman lainnya seperti 27 jenis bambu, kebun salak pondoh, kopi, pemerasan susu kambing, dan bunker merapi.

Bukit Turgo Sleman 4

Anggrek Vanda Tri Color – Sumber : merahputih.com

 

Bukit Turgo Sleman 5

Salak Pondoh – Sumber : jogja.tribunnews.com

Mengenai tempat wisata, pasti tidak lepas dari berapa biaya yang dikeluarkan untuk bisa menikmatinya. Untuk berwisata di sini karena terdapat berbagai macam objek yang bisa dinikmati, maka harganya pun variatif, tergantung paket apa yang di pilih.

Harga berkisar antara Rp. 10.000 – Rp. 50.000

Itulah sedikit kisah mengenai Bukit Turgo Sleman. Di Yogyakarta sendiri sebenarnya masih banyak tempat wisata yang bisa didatangi seperti Teras Kaca di Pantai Nguluran atau jika ingin sekedar duduk cantik di cafe yang instagramable bisa coba singgah di Cafe Brick Yogyakarta.

Leave a Reply