Tari Adat

Tari Tanggai Berasal Dari Palembang, Ini Sejarah dan Fungsinya

Tari Tanggai

Tari Tanggai

Tari Tanggai – Tari adalah salah satu jenis unsur budaya yang tidak bisa di lepaskan dari tengah tengah kita. sebab kita tahu dengan adanya budaya akan memperkaya daerah itu sendiri.

Tentu saja kita tahu bahwa di sini setiap daerah yang ada di Indonesia itu memiliki kebudayaan yang berbeda beda dan juga tidak sama antara daerah yang satu dengan daerah yang lain.

Tari biasanya di adakan pada saat penyambutan tamu atau bisa juga sabagai sarana untuk melestarikan dan juga memperkenalkan budaya yang ada di daerah itu sendiri.

Kota Palembang sumatera selatan

Kota Palembang sumatera selatan – foto beritagar.id

Di kota Palembang provinsi Sumatera Selatan ada sebuah tarian tradisional yang masih sering dipentaskan dalam penyambutan Tamu atau dalam acara-acara tertntu yakni  bernamaTari Tanggai.

Tari Tanggai ini konon sudah ada sejak zaman dahulu dan terus mengalami inovasi serta kreasi baru di setiap gerakanya. Nah kali ini kita akan membahas mengenai Tari Tanggai baik dari segi fungsinya maupun sejarahnya.

Pengertian dari Tari Tanggai

Tari tanggai adalah salah satu jenis tarian yang berasal dari Sumatra selatan atau di sini yang di kenal dengan nama Palembang.

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan nama kota Palembang karena kekhasan makanannya yang sudah terkenal tak hanya di kalangan wilayah Indonesia saja.

Baca Juga ya :

Tari Tanggai

Tari Tanggai – Source: kelambit.com

Namun juga di sini juga sudah terkenal juga di kalangan masyarakat yang ada di luar negeri. Tari tanggai ini rupanya memiliki kemiripan dan juga kesamaan dengan tari gending yang juga berasal dari wilayah Palembang Sumatra.

Hanya saja di sini yang merupakan perbedaan dari keduanya itu terletak pada jumlah pemain atau penari yang menarikan tarikan itu.

Pada tarian tanggai ini di mainkan oleh pemain yang berjumlah 5 orang. sedangkan di sini untuk tari gending itu di tarikan oleh 9 orang penari.

Adapun di sini tanggai ini memiliki pengertian dan makna yaitu bagaimana keagungan dan juga kemegahan kerajaan sriwijaya yang berdiri dengan megah dan kokoh pada masa kejayaan dan pada masa munculnya kerajaan kerajaan.

Manfaat dan Fungsi Tari tanggai

Tari Tanggai

Tari Tanggai – Source: pinterest.com

Sama halnya seperti tarian lain pada umumnya yang memiliki fungsi dan juga manfaaat tertentu. Demikian juga di sini dengan tari tanggai yang juga memiliki fungsi dan manfaat.

Adapun di sini yang merupakan fungsi dan juga kegunaan tertentu. Adapun di sini fungsi dari adanya pertunjukan tari tanggai yaitu adalah :

– Sebagai sarana untuk menyambut tamu
– Dan juga berguna untuk melestarikan tarian asal Palembang

Sejarah Tari Tanggai

Tari Tanggai

Tari Tanggai

Tari tanggai ini muncul ketika jaman kerajaan sriwijaya. Di mana tarian ini mengandung unsur mistis dalam keagamaan hindu dan juga agama budha pada masa kerajaan sriwijaya.

Biasanya dalam pertunjukan tari tanggai itu di mainkan oleh 5 orang pemain wanita. ara penari Tari Tanggai ini memakai pakaian khas daerah yaitu kain songket, pending, dadat, sanggul malang, kalung, kembang urat (ramai), kembang goyang, tajuk cempako serta tanggai.

Selain itu ketika menari tarian tanggai para penari itu juga di iringi oleh music penggiring yang di mainkan oleh kelompok music tradisional.

Leave a Reply