6 Pakaian Adat Sumatera Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Uncategorised, Budaya, Fashion

6 Pakaian Adat Sumatera Selatan

Baju Adat Kabupaten Banyuasin, Pakaian Adat Sumatera Selatan

Baju Adat Kabupaten Banyuasin, Pakaian Adat Sumatera Selatan - fisika-sumsel.blogspot

Pakaian adat Sumatera Selatan – Sebagai negara yang kaya akan budaya, Indonesia memiliki keistimewaan sebab memiliki banyak suku dengan berbagai kebudayaan yang dimiliki. Kebudayaan tersebut juga tergambar pada pakaian adat tiap daerah yang memiliki ciri khas masing-masing.

Sumatera Selatan misalnya memiliki dua jenis pakaian adat yang biasanya digunakan untuk acara-acara tertentu. Seperti pernikahan dan berbagai acara resmi. Pakaian adat Sumatera Selatan yang resmi pakaian adat Palembang.

Memiliki karakteristik khasnya sendiri dengan makna yang mendalam. Pakaian adat tentu memiliki makna di tiap bagiannya termasuk pakaian adat Sumatera selatan.

Nah Berikut ini rangkuman beberapa pakaian adat Sumatera Selatan dan sekitarnya yang bisa kamu pakai atau kamu coba.

1. Baju Aesan Gede

Baju Aesan Gede, Pakaian Adat Sumatera Selatan

Baju Aesan Gede, Pakaian Adat Sumatera Selatan – foto wedingku.com

Aesan Gede atau baju gede adalah Pakaian adat Sumatera Selatan yang melambangkan pakaian kebesaran. Sebagai pakaian kerajaan Sriwijaya yang juga sebagai perlambang keagungan kerajaan juga filosofi swarnadwipa atau pulau emas pada provinsi ini. Pakaian berwarna merah jambu dipadukan sulaman berwarna keemasan.

Pakaian adat Aesan Gede memang tampak sangat mewah. Gemerlap dan mewahnya pakaian ini semakin bertambah dengan berbagai tambahan aksesoris dibutuhkannya.

Seperti mahkota, bungo cempako, kelapo standan, kembang goyang, baju dodot dan songket bermotif napan perak. Itulah beberapa pernik yang tersedia di aesan gede yang juga berkebang dengan kemajuan zaman.

2. Baju Aesan Paksangko

Baju Aesan Paksangko, Pakaian Adat Sumatera Selatan

Baju Aesan Paksangko, Pakaian Adat Sumatera Selatan – Sumber : tabbayun.com

Pakaian Adat Sumatera Selatan Berikutnya adalah Baju Adat Aesan Paksongko yang tampil lebih anggun dibanding dengan aesan gede. Gaya busana laki-laki pada aesan paksangko menggunakan songket lepus sulam emas ditambah songket selempang, cap dengan motif taburan bunga emas.

Bawahannya menggunakan seluar atau celana, dan menggunakan songkok emas yang diperlukan di kepala. Kemudian gaya busana perempuannya menggunakan baju kurung (dodot) merah yang bertabur motif bintang emas ditambah teratai penutup dada. Menggunakan piala mahkota, penutup kain, dan kain songket khas Sumatera Selatan bersulam emas.

Leave a Reply