Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Gending Sriwijaya

Tari Gending Sriwijaya

Tari Gending Sriwijaya

Tari Gending Sriwijaya – Kota Palembang adalah salah satu jenis kota yang ada di Indonesia. di mana kita semua tentu tahu bahwa kota Palembang ini sama dengan kota kota lain yang memiliki kekayaan budaya yang unik yang tentu saja tidak di miliki oleh  kota kota lain.

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui bahwa kota dari provins Sumatra selatan ini hanya terkenal dengan makanan khasnya yang tak lain adalah pempek. Tapi rasanya di sini kota asli makanan pempek ini tak hanya terkenal akan makanan saja.

Namun di sini juga kaya dan terkenal akan budaya yang di milikki oleh kota Palembang ini. Adapun salah satu jenis kekayaan budaya yang di  miliki adalah tarian. Mungkin kita juga tahu jika setiap daerah yang ada di Indonesia itu sendiri memiliki keunikan dan juga kekhasan tarian masing masing.

Tari Gending Sriwijaya

Tari Gending Sriwijaya – Sumber: indonesiakaya.com

Nah begitu juga dengan tarian gending yang berasal dari kota Palembang ini. mungkin kita yang memang bukan berasal dari kota pempek ini tentu saja akan merasa sedikit penasaran dan juga ingin tahu tentang seperti apa dan juga bagaimana sih sebenarnya Tari Gending Sriwijaya itu.

Untuk anda yang penasaran tentang apa sih yang di maksud dengan Tari Gending Sriwijaya itu sendiri. nah di bawah ini kami akan membetarikan informasi yang bisa berguna da bermanfaat untuk anda semua yang ingin tahu secara lebih jauh tentang Tari Gending Sriwijaya.

Baca juga ya :

Arti dan juga makna dari  tarian tari gending Sriwijaya

Tari Gending Sriwijaya

Tari Gending Sriwijaya

Sama halnya seperti tari tari lain seperti pada umumnya yang memiliki arti dan juga makna. Demikian juga  tari gendig ini juga memiliki arti dan juga makna dari Tari Gending Sriwijaya.

Tari Gending Sriwijaya adalah sebuah tarian yang memiliki makna dan juga arti tentang kemasyuran dan juga kemegahan dari kerajaan sriwijaya yang telah lama berdiri pada jaman munculnya kerajaan hindu budha dan juga yang tak kalah penting adalah kemunculan dari kerajaan kerajaan islam.

Selain itu kerajaan Sriwijaya ini juga sudah terbilang kerajaan yang lama berdiri bila di bandingkan dengan kerajaan lain yang pernah ada dan juga berdiri di Indonesia.

Fungsi dan juga manfaat diadakan kesenian Tari gending Sriwijaya

sejarah Tari Gending Sriwijaya

sejarah Tari Gending Sriwijaya – foto tribunwiki.com

Sama halnya seperti unsur budaya pada umumnya yang juga memiliki fungsi dan juga manfaat tertentu dari adanya unsur unsur kebudayaan itu sendiri demikian juga dengan unsur kebudayaan lain yang salah satunya adalah tarian. Termasuknya di sini adalah Tari Gending Sriwijaya itu sendiri.

Adapun di sini yang masuk dalam fungsi dan juga manfaat dari pengadaan tari gending yaitu adalah

  • Berguna untuk dalam acara penyambutan atas kedatangan tamu penting yang datang ke kota Palembang.
  • Fungsi lain di sini adalah sebagai sarana untuk melestarikan dan juga memperkenalkan tarian asal Palembang ini kepada orang yang bukan berasal dari kota Palembang khususnya di sini bagi para turis yang sedang malakukan kunjungan atau juga wisata ke kota palembang.

Aturan dalam melakukan tari gending Sriwijaya

Makna Tari Gending Sriwijaya

Makna Tari Gending Sriwijaya – foto berita.bhagvan.com

Setiap tarian itu pasti memiliki aturan masing masing yang berbeda beda. Begitu pula di sini dengan Tari Gending Sriwijaya. Tari gending ini adalah jenis tarian adat yang berasal dari kota Palembang. Di mana tarian gending ini  sengaja di tujukan dengan maksud untuk acara penyambutan tamu penting yang mengadakan kunjungan dari kota yang jauh untuk melakukan visitasi pada kota Palembang.

Biasanya dalam acara penyambutan tamu tamu penting ini tarian gending ini akan di mainkan oleh 9 orang penari. Dan tarian gending biasanya di adakan dan juga di tarikan oleh 9 orang wanita. Biasanya para penari ini memakai pakaian ada yang merupakan perpaduan dari 2 budaya yang berbeda.

Adapun 2 jenis budaya itu adalah budaya jawa dan juga dari budaya melayu yang merupakan kekhasan yang merupakan budaya asli dari pulau Sumatra. Tak lupa juga di sini Tari Gending Sriwijaya  juga memiliki music penggiring bagi para penari.

Leave a Reply