Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Batik Pace

tari batik pace

Tari Batik Pace. Foto oleh indonesiakaya.com

Tari Batik Pace – Batik tak hanya menjadi simbol dan ciri khas dari negara Indonesia. Selain menjadi motif pada kain-kain, batik juga lekat dengan makna tertentu. Di Pacitan misalnya. Ada batik bermotif Pace atau mengkudu, buah beraroma menyengat namun memiliki banyak khasiat.

Dengan imajinasi seorang seniman, pace atau buah mengkudu tadi dirupakan menjadi suatu karya seni yang indah, sehingga terciptalah karya seni tari bernama Tari Batik Pace. Begitulah kiranya asal usul terciptanya tarian Batik Pace dari Pacitan, Jawa Timur. Sosok pendiri Pacitan begitu melekat dalam ingatan masyarakat. Konon menurut cerita, kebiasaan sang pendiri Pacitan yang suka meminum sari buah paca saat berjuang menginspirasi lahirnya tarian ini.

Baca juga ya :

Sejarah Tari Batik Pace

Tari Batik Pace

Tari Batik Pace. Foto oleh indonesiakaya.com

Jika kamu ingin berkunjung ke Pacitan, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu tarian khas daerahnya ini. Tari Batik Pace adalah salah satu jenis tarian jawa timur yang dapat kamu jadikan sebagai hiburan. Nah, apa itu Tari Batik Pace? Tarian tradisional warisan yang berasal dari Jawa Timur adalah tarian yang terinspirasi dari buah pace atau mengkudu yang begitu disukai pendiri Kota Pacitan. Di dalam perjuangannya suka minum sari buah ini yang banyak tumbuh di kawasan Pacitan.

Tarian ini menjadi warisan budaya tarian tradisional yang sudah sangat terkenal di Jawa Timur dan masih sering dipentaskan dalam setiap acara. Beberapa sumber berpendapat, bahwa contoh seni tari yang bernama Tari Batik Pace ini diciptakan oleh Anang, yaitu pendiri Sanggar Blarak Pacitan.

Tarian ini mengakomodasi sejarah dari kebutuhan memperkenalkan karya khas yang berupa batik Pace dan buah pace. Menurut Anang tarian Batik Pace ini merupakan tari kontemporer, dengan mengadopsi gerakan tari yang indah. Karna banyak tanaman pace (mengkudu) yang tumbuh didaerah pacitan, maka nama batik pace itupun menjadi salah satu riwayat  Pemberian nama Batik Pace ini.

Pertunjukan Tari Batik Pace

Di setiap pertunjukannya, kamu dapat melihat Tari Batik Pace ini biasanya dibawakan oleh 5 (lima) orang penari. Tarian ini mulanya diawali dengan masuknya para penari ke atas pentas dengan gerakan memutar cepat didepan panggung. Kemudian para penari membentuk formasi, sehingga 3 orang penari dibagian sudut kiri panggung dan 2 orang penari di bagian sudut kanan panggung.

Lalu ketiga penari tadi memperagakan gerakan dengan tangan kiri dan kanan mengarah ke atas dan kebawah secara bergantian, seraya bergerak mundur teratur. seorang penari lainnya memerankan gerakan mengeringkan kain batik yang telah dibuat, sedangkan seorang penari lainnya memerankan gerakan mencelup batik.

Baca juga ya :

Para penari kemudian menggunakan media kain batik pace dengan meletakan kain batik tersebut di bagian belakang pinggul dan memutarkan kedepan diikuti dengan gerakan tubuh menghadap ke penonton. Dengan kaki mengayun ke arah kiri dan ke kanan kelima para penari secara bersama-sama bergerak lincah dan berbaris, sambil memegang kain batik yang melingkar ditubuh, Gerakan ini cukup menakjubkan dan juga atraktif.

Pengiring Tari Batik Pace

Tari Batik Pace

Tari Batik Pace. Foto oleh indonesiakaya.com

Tari Batik Pace sendiri diiringi alunan musik yang berasal dari 2 orang pemukul tabuh perkusi dan 2 orang lain memainkan slenthem. Dari kombinasi suara perkusi dan slenthen itu, kamu akan mendengat suara yang cukup unik dihasilkan oleh kolaborasi musik tersebut. Suara perkusi dan slenthem menghasilkan alunan nada indah itulah yang mengiringi gerak tari Batik Pace sehingga terdengar sangat lembut di telinga.

Hingga saat ini, Tari Batik Pace masih terus menerus dilestarikan dan dipelajari oleh beberapa sanggar seni yang ada di jawa timur. Hal itu dilakukan sebagai upaya dalam melestarikan kesenian tradisional kepada masyarakat luas. Selain ditampilkan pada acara besar, tari ini juga sering ditampilkan di acara penyambutan tamu festival budaya. Karena pentingnya kesenian ini dilesatrikan dan dibudayakan maka kita sebagai masyarakat wajib mempertahankan budaya seni kita. Agar kelak generasi penerus kita dapat melihat keindahan kesenian asli Pacitan satu ini.

***

Nah itulah tadi sedikit ulasan mengenai Tari Batik Pace. Semoga setelah mengenal tarian ini, kamu jadi lebih tertarik untuk melihatnya secara langsung atau bahkan mempelajarinya.

Leave a Reply