6 Tempat wisata di Timika Kabupaten Mimika - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata

6 Tempat wisata di Timika Kabupaten Mimika

Kali Pindah-Pindah, Tempat wisata di Timika

Kali Pindah-Pindah, Tempat wisata di Timika - registarapa.blogspot

Tempat wisata di Timika – Timika merupakan salah satu kabupaten di provinsi Papua yang mana berorientasi pada bidang industri dan jasa. Kota Timika merupakan kota terseksi di Papua. Bagaimana tidak, di daerah ini berdiri perusahaan tambang emas terbesar di Indonesia, PT Freeport Indonesia.

Terlepas dari itu tentu Timika juga mempunyai tempat – tempat wisata yang tak kalah populer dengan sekitarnya. Mulai dari wisata alam, buatan, sejarah, dan wisata kebudayaan.

6 Tempat wisata di Timika Kabupaten Mimika

1. Negara Korowai

Suku Korowai, Tempat wisata di Timika

Suku Korowai, Tempat wisata di Timika – Foto: PAPUA NEWS

Negara Korowai adalah nama suatu wilayah yang paling tradisional di Papua. Beberapa suku di sini seperti suku Korowai dan suku Kombai terkenal menjalani gaya hidup semi-nomaden.

Mereka tinggal di rumah pohon dan hidup dalam kelompok keluarga kecil. Kebanyakan dari mereka tidak bisa berbahasa Indonesia. Justru keadaan seperti inilah yang mampu menarik para petualang baik lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi kawasan Korowai.

Selain melihat budaya yang ada, di sini Anda bisa berfoto ria. Meski dibilang tradisional namun pada kenyataannya mereka memakai beberapa pakaian modern. Banyak dari mereka juga menghabiskan beberapa waktu di desa permanen.

2. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz buka setiap hari 24 jam, taman ini mempunyai harga tiket masuk Rp. 20.000,00 per orang. Sebagian wilayah Taman Nasional Lorentz masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Mimika.

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz – Sumber: Google Maps/Zulkifli SE

Dan sebagian wilayahnya lagi masuk wilayah Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Asmat, Kabupaten Nduga, Kabupaten Lanni Jaya, dan Kabupaten Puncak. Di kawasan ini Anda bisa menyaksikan keindahan pantai.

Selain itu ada panorama hutan bakau dan nipah dengan akar-akar bakau yang tersusun rapi di atas permukaan air menghiasi tepi-tepi kali sepanjang mata memandang. Kemudian ada juga panorama air terjun yang asri dan panorama bentangan es (gletser) di Puncak Cartensz.

Setidaknya  terdapat 34 tipe vegetasi diantaranya hutan pegunungan, hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan gambut, hutan kerangas, hutan sagu, hutan hujan lahan datar/lereng, hutan hujan pada bukit, pantai pasir karang, padang rumput, dan lumut kerak.

Baca juga ya :

3. Kali Pindah-Pindah Timika

Kali Pindah-Pindah, Tempat wisata di Timika

Kali Pindah-Pindah, Tempat wisata di Timika – registarapa.blogspot

Sungai atau kali pindah-pindah masuk kedalam daftar Tempat wisata di Timika. Kali Pindah-pindah ini memiliki keunikan tersendiri  di mana aliran airnya sering berpindah-pindah. Kadang alirannya di kiri, tengah, dan kadang juga di bagian kanan. Kali ini dapat ditempuh sekitar 1 jam dari Kota Timika dan terletak di Jalan Trans Timika – Nabire.

Di pinggir sungai ditumbuhi pohon cemara yang membuat sungai ini semakin indah dan enak dipandang.  Airnya sangat jernih dan dingin. Selain itu juga terdapat banyak batuan besar untuk duduk-duduk santai sambil rendam-rendam kaki dan menikmati keindahannya.

4. Kuala Kencana, Tempat wisata di Timika

Kuala Kencana, Tempat wisata di Timika

Kuala Kencana, Tempat wisata di Timika – Foto: Backpacker Jakarta

Leave a Reply