Daftar Wisata

6 Tempat wisata di Timika Kabupaten Mimika

Kali Pindah-Pindah, Tempat wisata di Timika

Kali Pindah-Pindah, Tempat wisata di Timika - registarapa.blogspot

Tempat wisata di Timika – Timika merupakan salah satu kabupaten di provinsi Papua yang mana berorientasi pada bidang industri dan jasa. Kota Timika merupakan kota terseksi di Papua. Bagaimana tidak, di daerah ini berdiri perusahaan tambang emas terbesar di Indonesia, PT Freeport Indonesia.

Terlepas dari itu tentu Timika juga mempunyai tempat – tempat wisata yang tak kalah populer dengan sekitarnya. Mulai dari wisata alam, buatan, sejarah, dan wisata kebudayaan.

6 Tempat wisata di Timika Kabupaten Mimika

1. Negara Korowai

Suku Korowai, Tempat wisata di Timika

Suku Korowai, Tempat wisata di Timika – Foto: PAPUA NEWS

Negara Korowai adalah nama suatu wilayah yang paling tradisional di Papua. Beberapa suku di sini seperti suku Korowai dan suku Kombai terkenal menjalani gaya hidup semi-nomaden.

Mereka tinggal di rumah pohon dan hidup dalam kelompok keluarga kecil. Kebanyakan dari mereka tidak bisa berbahasa Indonesia. Justru keadaan seperti inilah yang mampu menarik para petualang baik lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi kawasan Korowai.

Selain melihat budaya yang ada, di sini Anda bisa berfoto ria. Meski dibilang tradisional namun pada kenyataannya mereka memakai beberapa pakaian modern. Banyak dari mereka juga menghabiskan beberapa waktu di desa permanen.

2. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz buka setiap hari 24 jam, taman ini mempunyai harga tiket masuk Rp. 20.000,00 per orang. Sebagian wilayah Taman Nasional Lorentz masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Mimika.

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz – Sumber: Google Maps/Zulkifli SE

Dan sebagian wilayahnya lagi masuk wilayah Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Asmat, Kabupaten Nduga, Kabupaten Lanni Jaya, dan Kabupaten Puncak. Di kawasan ini Anda bisa menyaksikan keindahan pantai.

Selain itu ada panorama hutan bakau dan nipah dengan akar-akar bakau yang tersusun rapi di atas permukaan air menghiasi tepi-tepi kali sepanjang mata memandang. Kemudian ada juga panorama air terjun yang asri dan panorama bentangan es (gletser) di Puncak Cartensz.

Setidaknya  terdapat 34 tipe vegetasi diantaranya hutan pegunungan, hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan gambut, hutan kerangas, hutan sagu, hutan hujan lahan datar/lereng, hutan hujan pada bukit, pantai pasir karang, padang rumput, dan lumut kerak.

Baca juga ya :

3. Kali Pindah-Pindah Timika

Kali Pindah-Pindah, Tempat wisata di Timika

Kali Pindah-Pindah, Tempat wisata di Timika – registarapa.blogspot

Sungai atau kali pindah-pindah masuk kedalam daftar Tempat wisata di Timika. Kali Pindah-pindah ini memiliki keunikan tersendiri  di mana aliran airnya sering berpindah-pindah. Kadang alirannya di kiri, tengah, dan kadang juga di bagian kanan. Kali ini dapat ditempuh sekitar 1 jam dari Kota Timika dan terletak di Jalan Trans Timika – Nabire.

Di pinggir sungai ditumbuhi pohon cemara yang membuat sungai ini semakin indah dan enak dipandang.  Airnya sangat jernih dan dingin. Selain itu juga terdapat banyak batuan besar untuk duduk-duduk santai sambil rendam-rendam kaki dan menikmati keindahannya.

4. Kuala Kencana, Tempat wisata di Timika

Kuala Kencana, Tempat wisata di Timika

Kuala Kencana, Tempat wisata di Timika – Foto: Backpacker Jakarta

Kota Kuala Kencana menjadi salah satu Tempat wisata di Timika yang bisa kamu kunjungi. Sebenarnya Kota Kuala Kencana ini bukan  kawasan yang dikhusukan untuk. Hanya orang-orang yang memiliki kartu identitas ID PTFI atau yang telah memiliki izin tertentu saja yang bisa masuk. Hal ini dikarenakan Kuala Kencana merupakan kawasan terbatas yang dikelola oleh PTFI (PT Freeport Indonesia).

Di checkpoint perbatasan Timika-Kuala Kencana, petugas keamanan selalu memeriksa dengan ketat setiap kendaraan yang akan masuk kawasan ini. Setiap pengunjung pasti terpesona dengan keasrian, kesejukan dan kebersihan kawasan ini.

Kebanyakan pengunjung selalu memanfaatkan momen foto di kawasan lapangan yang terdapat tugu. Tugu ini merupakan hasil kerajinan masyarakat Papua yang disekelilingnya dipercantik dengan semburan air mancur. Saat memasuki Kuala Kencana seperti sedang berada di luar negeri.

Kuala Kencana adalah kota pertama di Indonesia yang menggunakan underground utilities). Mulai dari saluran kabel listrik, komunikasi, serta distribusi air bersih dan pengolahan limbah yang terpusat. Tiang jalur kabel listrik atau kabel telepon juga tidak terlihat karena semuanya tertanam rapi di dalam tanah.

5. Wisata Sejarah Keakwa

Wisata Sejarah Keakwa, Tempat wisata di Timika

Wisata Sejarah Keakwa, Tempat wisata di Timika – Foto: Suara Papua

Tempat wisata di Timika yang bersejarah adalah Pantai Keakwa. Keakwa mempunyai pesona pantai pasir putih yang memesona. Kekayaan udang, kepiting dan ikannya juga melimpah.

Tak hanya itu, saat diserang sekutu sewaktu Perang Dunia II kampung yang berada di Distrik Mimika Tengah ini pernah menjadi basis utama pertahanan Jepang melawan sekutu  di bagian Selatan Papua.

Di Keakwa Anda masih bisa menemukan puing-puing peninggalan sejarah Jepang dan Amerikan Serikat terutama mesin-mesin perangnya. Ada mortir, tank, meriam, peluru dan pesawat tempur. Anda juga dapat melihat pelabuhan utama untuk memobilisasi peralatan tempur Jepang.

6. Kawasan Outbound di Brigif Mapurujaya

Kawasan Outbound di Brigif Mapurujaya Timika

Kawasan Outbound di Brigif Mapurujaya Timika – foto kompasiana.com

Kawasan Outbound di Brigif Mapurujaya merupakan Tempat wisata di Timika lainnya yang bisa kamu datangi.  Kawasan utboond ini ada berkat kerja keras jajaran TNI Angkatan Darat khususnya rekan-rekan dari Brigif 20/ Ima Jaya Keramo. Di tempat ini Anda bisa mencoba flying fox  dengan ketinggian 50 meter di atas permukaan tanah dalam waktu tempuh selama 30-45 detik.

Ada juga jembatan gantung yang menghubungkan area perkantoran dan perumahan dengan melewati sungai yang cukup dalam dengan daya jelajah sekitar 30 meter. Ada juga jembatan goyang dan jembatan tali tiga.

Berkat fasilitas safety bahkan Anda bisa berfoto selfie di atas pohon. Kawasan Outbound di Brigif Mapurujaya dibuka untuk umum dan harga tiket masuknya cukup terjangkau.

 

Leave a Reply