6 Tempat wisata di Negara, Kabupaten Jembrana - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Alam, Budaya, Daftar Wisata

6 Tempat wisata di Negara, Kabupaten Jembrana

6 Tempat wisata di Negara, Kabupaten Jembrana 1

Taman Pecangakan_Sumber: bappeda.jembranakab.go.id

Salah satu moda transportasi untuk menuju ke Pulau Bali adalah menggunakan kapal penyeberangan dari Ketapang di Banyuwangi, Jawa Timur ke pelabuhan di Gilimanuk, Bali. Dari Gilimanuk, para pelancong dapat singgah sejenak ke Kecamatan Negara, ibukota Kabupaten Jembrana. Daerah ini juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang seru untuk dikunjungi. Berikut 6 tempat wisata di Negara, Kabupaten Jembrana.

1. Pantai Baluk Rening

6 Tempat wisata di Negara, Kabupaten Jembrana 2

Pantai Baluk Rening_Sumber: nusabali.com

Pantai Baluk Rening merupakan tempat wisata di Negara yang terletak di daerah Banjar Rening, Desa Baluk, Kecamatan Negara. Pantai ini sekitar 2 jam dari Denpasar atau hanya sekitar 30 menit dari Gilimanuk.

Pasir pantai di Baluk Rening adalah pasir hitam. Namun, banyak warga yang mempercayai bahwa pasir hitam tersebut baik untuk kesehatan, misalnya menyembuhkan sakit rematik pada kaki.

Di sekitar pantai terdapat banyak pohon nyiur. Selain itu, ada jalan tersendiri untuk para pejalan kaki yang ingin menyusuri pantai.

Di tempat wisata di Negara ini tersedia banyak warung makan, restoran, kafe, dan hotel. Waktu terbaik untuk mengunjungi Baluk Rening adalah saat sore hari ketika matahari akan terbenam. Pelancong tidak perlu membayar tiket masuk, tetapi cukup membayar parkir kendaraan saja.

Baca Juga:

2. Kelompok Tenun Putri Mas

6 Tempat wisata di Negara, Kabupaten Jembrana 3

Hasil Kerajinan Kelompok Tenun Putri Mas_Sumber: tenunputrimas.com

Kelompok Tenun Putri Mas merupakan kelompok pengrajin kain Bali berupa kain tenun songket khas Jembrana. Kain-kain ini digunakan untuk pakaian adat khas Bali dan berbagai kerajinan tangan seperti dompet hingga tas yang memiliki corak tenun Bali.

Pengrajin tenun di kelompok ini rata-rata adalah perempuan. Jika tertarik untuk membeli oleh-oleh khas Bali atau mengoleksi kain nusantara, tempat wisata di Negara ini cocok menjadi destinasi para pelancong.

Koleksi dari para pengrajin tenun Kelompok Putri Mas ini berada di Jalan Cendrawasih No.3 Negara, Jembrana. Kelompok ini juga membuka toko di cabang Gianyar, tepatnya di Jalan Gunung Muliawan No.13, Sengguan Kawan, Gianyar.

Harga kerajinan tenun dari kelompok ini beragam sesuai dengan jenis kerajinannya. Pakaian dengan produk tenun ini mulai dari Rp125.000 hingga kain tenun songket utuh yang berharga jutaan rupiah.

3. Pura Dang Khayangan Jati Jembrana

6 Tempat wisata di Negara, Kabupaten Jembrana 4

Pura Dang Kahyangan Jati Jembrana_Sumber: trepelin.com

Pura Dang Khayangan Jati terletak di Pengambengan, Kecamatan Negara. Tempat ibadah ini terletak sekitar 11,67 km dari kantor bupati Jembrana. Pura ini dikenal juga dengan nama yang lebih pendek yaitu Pura Jati.

Di area pura tersebut terdapat pohon jati bercabang tiga yang selalu mengeluarkan air. Jika air tersebut surut, dipercaya bahwa akan ada bencana yang melanda. Ketika hal tersebut terjadi, pengemong pura harus mengadakan upacara.

Untuk mengunjungi pura ini, pelancong dapat menggunakan kendaran pribadi. Jika ingin menggunakan transportasi umum, wisatawan bisa turun di terminal bus Negara kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek.

Leave a Reply