Daftar Wisata

6 Tempat Wisata di Merauke yang harus dikunjungi

Markas Avengers, Tempat Wisata di Merauke

Tempat Wisata di Merauke -Foto: YouTube

Tempat Wisata di Merauke – Merauke merupakan kabupaten paling timur di Indonesia. Letaknya berbatasan langsung dengan Papua Nugini, sehingga tempat ini menjadi titik terluar di bagian timur Indonesia. Meski begitu, Merauke memiliki keindahan alam yang amat menawan.

6 Tempat wisata di Merauke

1. Monumen Avengers/Markas Avengers

Markas Avengers

Markas Avengers – Foto: YouTube

Monumen avengers merupakan Tempat Wisata di Merauke terbaru yang paling ngehits. Monumen ini merupakan monumen kapsul waktu yang menyimpan impian dan harapan anak-anak Indonesia 2015-2085. Monumen ini lebih dikenal masyarakat dengan sebutan “Markas Avengers”. Lokasi monumen seluas 2,5 hektar (ha) berada didekat Bandara Mopah.

Monumen avengers ini merupakan landmark baru kota Merauke sehingga dapat dilihat saat pesawat mendarat. Sekilas monumen avengers terlihat menyerupai huruf kapital A yang identik dengan logo pasukan Avengers besutan Marvel.

Bentuk monumen kapsul waktu terinspirasi dari menara perang suku Dani. Terdapat lima pintu masuk pada monumen, di mana lima pintu tersebut merepresentasikan lima suku asli Merauke yakni Appi, Auyu, Malind, Mandobo, dan Muyu.

2. Lotus Garden

Tempat Wisata di Merauke ini bernama lotus garden ini wujudnya berupa kolam, gazebo dan jalur trekking. Lotus garden mempunyai luas 10 hektar dan sudah dibuka sejak tahun 2014. Suasananya sungguh tenang dan masih sangat alami.

Taman Lotus Garden Merauke Tempat Wisata di Merauke

Taman Lotus Garden Merauke, Tempat Wisata di Merauke – foto idntimes

Apalagi dikelilingi oleh hutan yang penuh pepohonan serta semak belukar. Tempat ini sungguh nyaman untuk bersantai dan jika menghendaki trekking ke dalam hutan juga seru.  Anda perlu membayar Rp. 20.000,00 untuk bisa masuk ke lotus garden.

Sedangkan untuk duduk di gazebo, sistemnya semacam siapa cepat dia dapat. Beberapa warung makanan juga sudah tersedia. Fasilitas kamar mandi dan mushola pun juga sudah ada.  Lokasi lotus garden berada di kawasan Semangga, Distrik Muramsari. Sekitar 45 menit dari pusat Kota Merauke menggunakan mobil.

Baca Juga ya6 Tempat Wisata di Enarotali Kabupaten Paniai

3. Masjid Al-Aqsha

Masjid Al-Aqsha

Masjid Al-Aqsha – Foto: Pinterest

Kini tak perlu jauh-jauh datang ke Yerusalem untuk menyaksikan Masjid Al-Aqsha. Anda cukup ke Merauke saja karena di sana ada replika Masjid paling bersejarah bagi umat muslim.

Wakil ketua 1 Pengurus Kesejahteraan Masjid (PKM) Masjid Al Aqsha, Abu Bakar Akhyar mengatakan bahwa Al-Aqsha memiliki arti terjauh. Dan ini dianalogikan sebagai lokasi masjid yang terjauh dari pusat Pemerintahan di Jakarta.

Masjid ini cukup luas di sekitarmya dikelilingi bangunan seperti Yayasan Masjid Raya, sekolah tingkat TK, dan Lembaga Pengembangan Tilawatul Quran. Di depannya pun ada taman yang asri.

Lokasi masjid Al-Aqsha berada di pusat Kota Merauke atau dekat dengan Tugu Libra, jadi cukup mudah dijangkau. Di sini Anda bisa beribadah sekaligus berfoto-foto.

4. Taman Nasional Wasur

Taman nasional wasur merupakan Tempat Wisata di Merauke yang juga tak kalah menariknya dibanding tempat wisata lainnya di Merauke. Taman Nasional Wasur menjadi rumah bagi ratusan flora dan fauna. Di Taman Nasional Wasur ini Anda dapat menemukan hal unik berupa rumah rayap raksasa yang tingginya mencapai lebih dari 2 meter.

Taman Nasional Wasur

Taman Nasional Wasur

Selain itu, di sini Anda juga bisa bertemu dengan hewan khas Australia, Kanguru. Tak jauh dari pintu masuknya terdapat suatu kolam alami yang luas. Di mana airnya berasal dari rawa dan sungai biras.

Kalau mau memancing pun boleh. Anda bisa memancing lobster dan ikan. Taman Nasional Wasur terletak di Kecamatan Sota, Kabupaten Merauke, Papua. Buka setiap hari 24 jam dan harga tiket masuk Rp. 5.000,00 per orang.

5. Tugu 0 Km Merauke-Sabang

0 Km Merauke-Sabang

0 Km Merauke-Sabang – Foto: Mister Aladin Blog

Sama halnya dengan Sabang, Merauke juga mempunyai titik 0 km, tepatnya di Tugu 0 Km Merauke-Sabang. Tugu tersebut juga menjadi pembatas antara Indonesia dengan negara Papua Nugini.

Tugu 0 Km Merauke menjadi salah satu Tempat Wisata di Merauke yang paling sering dituju wisatawan. Lokasi Tugu 0 Km Merauke-Sabang berada di Jl. Poros, Sota, Kabupaten Merauke, Papua. Jika berkunjung ke sini Anda tidak akan dipungut biaya alias gratis.

Baca Juga ya6 Pakaian Adat dari Papua yang harus kamu tahu

6. Taman Merah Putih

Tak jauh dari perbatasan Indonesia-Papua Nugini, Anda bisa menjumpai taman merah putih. Sesuai namanya, taman mengusung tema warna merah dan putih. Apalagi kalau bukan terinspirasi dari warna bendera Indonesia.

Taman Merah Putih

Taman Merah Putih

Taman merah putih begitu rindang dan rapi sehingga tempat ini juga menjadi Tempat Wisata di Merauke yang sayang dilewatkan. Tepat di bagian tengahnya terdapat bendera merah putih yang membentang di atas tiang. Kanan-kirinya banyak bangku-bangku dan gazebo untuk bersantai. Beberapa pernak-pernik khas Papua pun terjaja.

di Taman Merah Putih ini juga banyak kata-kata heroik dan nasionalisme. Seperti ‘Untukmu Indonesia, Cintaku Tak Terbatas, Tekadku Pengabdian Terbaik’, dan tulisan yang paling besar ‘Bahasa Indonesia Penjaga Persatuan dan Kesatuan NKRI’.

Dari Kota Merauke dibutuhkan perjalanan sekitar 2 jam naik mobil untuk sampai ke lokasi. Anda hanya ditarik biaya seikhlasnya saja sebagai tiket masuk ke dalam taman. Menariknya lagi, di perbatasan Indonesia- Papua Nugini ini Anda selalu di sapa oleh warga Papua Nugini dengan mengucapkan ‘have a good day’.

 

Leave a Reply