Alam, Daftar Wisata

6 Tempat Wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala

6 Tempat Wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala 1

Pulau Kembang. Foto: blog.airyrooms.com

Tempat Wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala – Sejak dulu, kalimantan menyimpan banyak keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Jika suatu saat kamu pergi ke Kalimantan Selatan, jangan lupa untuk mampir ke kota Marabahan yakni ibu kota dari Kabupaten Barito Kuala. Kabupaten Barito Kuala memiliki luas wilayah 3.284 km² dan berpenduduk sebanyak 276.066 jiwa

Selain karena kota Marabahan memiliki banya budaya juga karena disini banyak sekali terdapat tempat wisata yang unik dan mempesona. Penasaran seperti apa tempat wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala? Simak ulasannya berikut.

6 Tempat Wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala

Berikut ini kami tampilan 6 tempat wisata di Marabahan kabupaten Barito Kuala yang wajib jadi destinasi wisata kamu selanjutnya.

1. Pulau Kembang

Tempat wisata di Marabahan kabupaten Barito Kuala yang pertama adalah Pulau kembang. Pulau Kembang merupakan sebuah pulau di Barito Kuala yang terletak di tengah – tengah sungai Barito, tepatnya di Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Keunikan dari Pulau Kembang ini terletak di banyaknya kera yang menghuni pulau ini. Pulau ini merupakan habitat alami asli dari kera ekor panjang serta berbagai jenis burung. So, jika kamu takut kera, disarankan untuk tidak datang kesini.

Pulau ini sudah dibuka sebagai tempat wisata sejak tahun 1976.  Pulau ini berjarak 1,5 km dari Kota Banjarmasin dan dapat ditempuh dengan menggunakan perahu klotok dengan biaya sewa Rp. 100.000,-. Harga tiket untuk masuk ke pulau ini cukup murah, hanya Rp. 5000,- saja untuk wisatawan lokal dan Rp. 25.000,- untuk wisatawan asing.

2. Jembatan Barito

Jembatan Barito, tempat wisata di Marabahan kabupaten Barto Kuala

Jembatan Barito, tempat wisata di Marabahan kabupaten Barto Kuala – Foto: pesona.travel

Bagi kamu yang hobi selfie, wajib mengunjungi Jembatan Barito. Jembatan yang diresmikan pada tahun 1997 ini memiliki panjang 1.082 meter dan melintang diatas sungai  Barito. Jembatan ini memegang rekor MURI sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia.

Daya tarik lain dari tempat wisata di Marabahan kabupaten Barito Kuala ini adalah terletak pada tiang kuning sebagai ciri khasnya dan kerap dijadikan tempat selfie oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Tidak hanya itu, dari atas jembatan kamu bisa melihat aktivitas masyarakat setempat di Sungai Barito.

Baca Juga ya :

3. Agropolitan Tarantang

Agropolitan Tarantang Barito Kuala

Agropolitan Tarantang Barito Kuala – foto kaskus.com

Agropolitan Tarantang adalah salah satu tempat wisata di Marabahan kabupaten Barito Kuala yang juga wajib kamu kunjungi. Agropolitan Tarantang  merupakan sebuah area pertanian yang berada di Kecamatan Marabahan, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Pemerintah setempat sukses “menyulap” area pertanian ini menjadi salah satu agrowisata yang ramai dikunjungi. Kawasan Agropolitan Tarantang memiliki beragam hasil tani yang dipamerkan seperti jeruk dan padi. Disini juga terdapat peternakan hewan seperti sapi potong dan kambing.

4. Jembatan Rumpiang

Jembatan Rumpiang di Barito Kuala

Jembatan Rumpiang di Barito Kuala – foto wisato.co.id

Selain Jembatan Barito, daerah Barito Kuala juga memiliki jembatan lain yang tidak kalah menarik, yaitu Jembatan Rumpiang. Jembatan ini juga berada di atas Sungai Barito dan diresmikan pada tahun 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Jembatan ini lebih pendek daripada Jembatan Barito, dengan panjang sekitar 753 meter. Sama seperti Jembatan Barito, Jembatan Rumpiang biasa digunakan sebagai tempat wisatawan berfoto selfie sambil menikmati keindahan Sungai Barito dan segala aktivitasnya.

Keunikan dan keindahan Jembatan rumpiang menjadikanya sebagai objek wisata atau salah satu Tempat Wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala yang harus kamu abadikan.

5. Pulau Kaget, Tempat Wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala

Pulau Kaget, Tempat Wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala

Pulau Kaget, Tempat Wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala – Foto: travel.kompas.com

Jika Pulau Kembang merupakan habitat asli kera ekor panjang, maka Pulau Kaget adalah habitat asli kera Belanda atau disebut juga kera Bekantan. Sama seperti Pulau Kembang, Pulau Kaget juga terletak di tengah – tengah Sungai Barito.

Untuk mencapai Tempat Wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala ini kamu bisa menyewa speed boat dari Kota Banjarmasin dengan waktu tempuh sekitar 15 menit saja. Kalau kamu lebih memilih naik perahu klotok dan menikmati ketenangan danau Barito, maka waktu tempuh menjadi cukup lama yaitu sekitar 1,5 jam.

Pada tahun 1976, pulau ini dinobatkan sebagai Cagar Alam Pulau Kaget karena banyaknya hewan langka dan dilindungi yang berada di pulau ini. Pulau ini adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Barito Kuala yang cocok dikunjungi para pecinta fauna.

6. Pasar Apung Kuin

Pasar Apung QuinTempat Wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala

Pasar Apung Quin, Tempat Wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala – Foto: tempatwisataseru.com

Anak 90an pasti masih ingat dengan iklan RCTI yang menampilkan pasar yang berada di tengah – tengah sungai kan? Nah, pasar yang ada di iklan tersebut merupakan Pasar Apung Kuin yang berada di tengah sungai Barito.

Jika kamu pergi ke Kabupaten Barito Kuala, kurang lengkap rasanya jika kamu tidak merasakan sensasi berbelanja di atas perahu. Pasar apung ini berlokasi di Kampung Muara Kuin dan buka mulai dari subuh hingga sebelum siang hari. Di pasar ini, kamu bisa berbelanja sayur- sayuran hingga beragam jenis ikan yang masih segar.

Demikian pembahasan mengenai Tempat Wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala yang bisa kamu kunjungi. Semoga dengan artikel ini, makin banyak wisatawan yang tertarik untuk menikmati keindahan tempat wisata yang ada disana.

Leave a Reply