Alam, Daftar Wisata, Gua, Gunung

6 Tempat Wisata di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah

6 Tempat Wisata di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah 1

Gunung Halau - Halau. Foto: koranbanjar.net

Setelah membahas tentang tempat wisata di Kabupaten Barito Kuala beberapa waktu yang lalu, kali ini kita akan membahas tentang tempat wisata di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, yang juga masih bagian dari Kalimantan Selatan.

Barabai sendiri adalah ibukota dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang memiliki motto “Mufakat, Rakat, dan Seiya-Sekata“. Sudah gak sabar melihat keindahan di Barabai? Yuk kita simak ulasannya.

6 Tempat Wisata di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Berikut ini kami sajikan daftar 6 tempat wisata di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang jangan sampai kamu lewatkan ketika mengunjungi Kalimantan Selatan.

1. Pagat Batu Benawa

6 Tempat Wisata di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah 2

Foto: janganlupapiknikk.blogspot.com

Tempat wisata pertama yang akan kita kunjungi adalah Pagat Batu Benawa yang terletak di Desa Pagat, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Dari Kota Barabai, jaraknya sangat dekat yaitu hanya sekitar 7 km.

Wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah berupa perbukitan hijau yang berisi pepohonan serta mengalir sungai yang jernih di tengah – tengahnya. Tempat ini buka pada pukul 08.00 sampai 18.00 dengan harga tiket masuk hanya sebesar Rp. 10.000 saja.

2. Birayang

Tempat wisata kedua yang menarik untuk dikunjungi adalah Birayang yang terletak di Desa Birayang, Kecamatan Batang Alai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Di desa wisata ini, banyak terdapat sungai – sungai berair jernih yang dikelilingi pohon – pohon yang rindang, sehingga cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan berfoto.  Di desa ini juga terdapat jembatan antik yang sudah berusia lebih dari 100 tahun, lho.

3. Banyu Panas Hantakan

6 Tempat Wisata di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah 3

Foto: ksmtour.com

Sesuai dengan namanya, di Kabupaten Hulu Sungai Tengah memang terdapat banyak sekali sungai yang mengalir. Beberapa sungai tersebut berujung di beberapa tempat pemandian air panas. Salah satu pemandian air panas yang ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah pemandian Banyu Panas Hantakan.

Tempat ini berada di Desa Haruyan Dayak, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Tempat ini cocok untuk mengendurkan sendi – sendi yang pegal setelah berkeliling Kota Barabai.

Selain itu, air di pemandian ini mengandung belerang yang cukup tinggi sehingga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Tempat ini buka 24 jam dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 10.000 saja.

4. Lok Laga

Lok Laga juga merupakan tempat wisata yang berupa sungai yang mengalir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, tepatnya di Kelurahan Sei Harang, Kecamatan Haruyan. Lok Laga sendiri memiliki arti secara harfiah sebagai “Sungai Naga”.

Berbeda dengan tempat wisata sungai lain, tempat ini cenderung sepi pengunjung, sehingga cocok untuk kamu yang mencari wisata alam yang masih sepi, sunyi, dan tenang.

Karena tempat ini belum dikelola dengan baik, maka harga tiket masuknya pun bisa berubah – ubah. Tetapi umumnya, pengunjung hanya akan diminta untuk membayar Rp. 7.500 per orang oleh warga setempat.

5. Gunung Halau – Halau

Bosan dengan wisata sungai? Maka kamu wajib untuk datang ke wisata gunung yang satu ini. Gunung Halau – Halau merupakan gunung tertinggi di Kalimantan  Selatan dengan ketinggian mencapai 1.901 diatas permukaan laut.

Mulai dari awal jalur pendakian hingga ke puncaknya, gunung ini menawarkan keindahan alam yang masih sangat eksotis dan belum banyak terjamah wisatawan. Gunung ini masih belum dikelola secara baik oleh pemerintah, sehingga fasilitasnya pun masih minim.

Perlu diketahui, bahwa di sekitar gunung ini masih ditinggali oleh masyarakat Suku Dayak Pedalaman, karena itu kamu harus selalu menjunjung tinggi sopan santun dan taat pada peraturan yang  sudah dibuat masyarakat setempat.

6. Goa Limbuhang

6 Tempat Wisata di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah 4

Foto: nunuy-norliani.blogspot.com

Selain sungai dan gunung, Kabupaten Hulu Sungai Tengah juga memiliki tempat wisata berupa gua, yaitu Goa Limbuhang. Gua ini berada di Desa Haliau, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Salah satu keunikan dari gua ini terletak di airnya yang bisa berubah warna. Perubahan air di Goa Limbuhang sangat bergantung para perubahan cuaca. Ketika cuaca terang, maka air berwarna biru laut dan ketika mendung, maka air berubah warna menjadi biru kehijauan.

Untuk masuk ke tempat wisata ini, kamu harus membayar Rp. 5.000 sebagai tiket masuk dan Rp. 5.000 sebagai tarif parkir. Jika kamu ingin menikmati perahu karet disini, maka kamu perlu membayar biaya sebesar Rp. 5.000 saja. Sangat murah bukan?

Demikian ulasan mengenai tempat wisata di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply