Air Terjun, Alam, Budaya, Daftar Wisata, Danau, Pantai

6 Tempat Wisata di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah

Tempat Wisata di Kabupaten Poso

Lembah Bada, Tempat Wisata di Kabupaten Poso - photo credit: pesona.travel

Tempat Wisata di Kabupaten Poso – Kabupaten Poso adalah salah satu diantara 13 kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Tengah yang memiliki banyak surga wisata yang tersembunyi. Kabupaten Poso memiliki 19 kecamatan dan 166 desa yang dihuni oleh penduduk sebanyak 243.025 jiwa (BPS 2017). Berdasarkan data statistik, kepadatan penduduk di Kabupaten Poso hanya sebesar 26 jiwa/km2.

Bisa kamu bayangkan, betapa sepinya wilayah ini apabila rata-rata kepadatan penduduknya per-km2 hanya dihuni 26 jiwa saja. Sebagai perbandingan, Kota Palu di provinsi yang sama memiliki kepadatan penduduk sebesar 739 jiwa/km2.

Tetapi, meskipun demikian Kabupaten Poso memiliki banyak sekali tempat wisata yang memukau siapa saja yang datang kesana. Dengan kondisi demografi yg minim penduduk, bisa dibayangkan tempat wisata di sana pasti masih terjaga keasriannya. Dan tidak ramai pengunjung pula, jadi kamu bisa menikmati pengalaman liburan yang ekslusif!

Nah, inilah 6 tempat wisata di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah yang paling menarik dan wajib ada dalam daftar tempat wisata yang harus kamu kunjungi.

1. Danau Poso

6 Tempat Wisata di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah 1

Danau Poso – photo credit: pesona.travel

Tempat Wisata di Kabupaten Poso yang pertama tentunya Danau poso. Danau Poso merupakan sebuah danau dengan luas 323,2 km2, panjang 32 km, lebar 16 km dan kedalaman 450 m yang berada di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Dengan kedalaman dan keluasannya, danau ini menjadi danau terdalam dan terbesar ketiga di Indonesia.

Uniknya, danau ini memiliki pesona magisnya sendiri yang membuat kamu tak ingin beranjak jika sudah sampai disini. Kamu akan terpukau oleh suasana yang tidak biasa. Kamu akan merasakan sensasi mengunjungi danau dengan pasir kuning keemasan dan air danau yang unik karena memiliki gradasi berbeda di tepian dan tengahnya.

Di tepian, air danau berwarna hijau. Sedangkan di tengah danau berwarna biru laut. Ya, Danau Poso memiliki suasana seperti laut. Pasir seperti pasir di laut, warna air seperti air laut, bahkan gelombang airnya pun seperti air laut! Luar biasa bukan? Tidak kalah dengan Danau Toba di Sumatera Utara.

Danau Poso tepatnya terletak di Kota Tentena yang merupakan sebuah kota kecil sekaligus ibukota kecamatan Pamona Puselemba. Meskipun demikian, tetapi Tentena merupakan kota terbesar kedua di Kabupaten Poso setelah Kota Poso. Di Tentena inilah, Festival Danau Poso diselenggarakan oleh pemerintah provinsi Sulawesi Tengah setiap akhir tahun.

Festival ini menampilkan budaya lokal yang bertujuan untuk menarik wisatawan dan mempromosikan bahwa Poso merupakan tempat yang aman untuk dikunjungi dan bebas konflik. Apabila kamu kesini, pastikan tidak ketinggalan festival ini ya.

Untuk kemari, kamu bisa mengambil rute dari Kota Palu atau Kota Poso. Dari Kota Palu, kalian harus menempuh perjalanan darat sejauh 283 km atau sekitar 8 jam perjalanan. Sedangkan dari Kota Poso, kamu hanya perlu menempuh 56 km atau sekitar 1 jam perjalanan.

Kalau sudah sampai sini, jangan lupa pergi ke kawasan Watu Ngonggi, batu-batu besar yang muncul dari dalam danau dan bisa mengeluarkan bunyi apabila dipukul. Selain itu, jangan ketinggalan juga untuk menikmati senja di Danau Poso yang akan terasa lebih nikmat dengan menyantap ikan Sogili bakar, makanan khas Kota Poso.

2. Taman Nasional Lore Lindu

6 Tempat Wisata di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah 2

Taman Nasional Lore Lindu – photo credit: indonesiatraveler.id

Taman Nasional Lore Lindu adalah satu dari 50 Taman Nasional yang dimiliki Indonesia. Taman Nasional ini terletak di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Taman Nasional seluas 217.000 hektar ini terus dikembangkan untuk menjadi destinasi wisata alam utama di Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca juga ya:

Bagi kamu yang menyukai wisata alam, Taman Nasional Lore Lindu harus masuk dalam daftar tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Kamu bisa menikmati suasana segar hijaunya pepohonan di hutan, melihat dan bercengkerama dengan berbagai jenis flora dan fauna, menikmati suasana pagi di telaga, bahkan mengunjungi situs megalitikum.

Di kawasan Taman Nasional ini diperkirakan hidup sebanyak 117 jenis mamalia, 29 jenis reptil, 263 jenis burung dan 19 jenis amfibi. Selain itu, 50% diantaranya adalah jenis flora endemik Sulawesi, seperti kuskus, kera tongkea, kera hantu (tangkasi), babi rusa, anoa, musang Sulawesi dan ular emas.

Berbagai jenis fauna juga tinggal disini. Salah satunya yang paling langka adalah Kantung Semar. Dari 11 jenis yang ada di Indonesia, 5 diantaranya tumbuh subur dan lestari di Taman Nasional Lore Lindu.

Selain panorama alam, flora dan fauna, Tempat Wisata di Kabupaten Poso ini menawarkan situs megalitik, salah satu yang terbaik di Indonesia. Kamu bisa mengunjungi lebih dari 400 situs peninggalan peradaban Lemban Besoa di sini. Benda-benda peninggalan peradaban lampau seperti mortar batu, piringan, jambangan besar, dan patung batu manusia akan dengan mudah kamu temukan disini.

Kamu juga bisa mengunjungi Telaga Tambing, tempat di mana kamu bisa mendengar orkestra alam dari berbagai spesies burung. Datanglah ke telaga ini pagi hari, ketika burung-burung sedang bersiap keluar dari sarangnya. Maka kamu akan mendengar nyanyian merdu dari kicauan burung-burung disana. Jangan lupa pakai jaket yang tebal, karena berada di ketinggian Telaga 1700 meter di atas permukaan laut, tanpa pakaian tebal kamu pasti menggigil kedinginan.

Untuk kesini, apabila kamu berada di luar pulau, kalian bisa naik pesawat menuju Palu, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, atau kalian juga bisa menyewa mobil dari Palu. Jaraknya bisa ditempuh sekitar 2 jam dari Kota Palu.

3. Air Terjun Saluopa

Air Terjun Saluopa, Tempat Wisata di Kabupaten Poso

Air Terjun Saluopa, Tempat Wisata di Kabupaten Poso – photo credit @dandipacul on Instagram

Air Terjun Saluopa merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Poso yang paling banyak diminati wisatawan. Tak heran, karena destinasi wisata ini bak oase di tengah padang pasir. Kabupaten Poso merupakan daerah pesisir pantai yang tentu saja cuaca panas adalah hal yang biasa disana. Oleh karenanya, Air Terjun Saluopa menawarkan kesegaran dan kesejukan yang dibutuhkan wisatawan.

Air Terjun Saluopa berada 12 km di sebelah barat Kota Tentena. Tepatnya di Desa Tonusu, Kec. Pamona Puselemba. Jika kamu hendak kemari, kamu harus menempuh perjalanan darat selama 5 – 7 jam dari Kota Palu menuju Poso. Atau, kamu juga bisa menggunakan jalur udara dari Bandara Hasanuddin, Makasar menuju Poso.

Selanjutnya, kamu melanjutkan perjalanan selama 1,5 – 2 jam menuju Kota Tentena. Dari Tentena ke lokasi air terjun hanya berjarak setengah jam saja. Perjalanan yang cukup panjang ini bisa kamu tempuh dengan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat.

Lelahmu menuju lokasi air terjun akan segera terobati setelah memasuki area wisata. Kamu harus berjalan ke dalam hutan tropis dimana air terjun berada. Selama perjalanan itulah, kamu bisa menikmati suasana sejuk hutan tropis dengan pepohonan lebat dan suara binatang-binatang hutan yang akan membuatmu merasakan kedamaian alam.

Air terjun ini berasal dari mata air pegunungan setempat. Airnya meluncur deras dari ketinggian 25 meter melewati 12 undakan batuan gunung. Daya tarik utama air terjun ini adalah adanya 12 undakan batu yang setiap undakannya membentuk kolam kecil yang bisa kamu gunakan untuk berendam.

Untuk menaiki undakan air terjun dan sampai pada kolam-kolamnya, kamu bisa menggunakan tangga-tangga batu yang telah disediakan. Kamu juga bisa berfoto disana. Bahkan, kalau beruntung, akan ada pelangi yang menjadi background fotomu.

Untuk menikmati Tempat Wisata di Kabupaten Poso  atau semua kenikmatan alam tersebut, kamu hanya perlu membayar 10 ribu rupiah saja. Murah sekali bukan?

4. Lembah Bada

Lembah Bada, Tempat Wisata di Kabupaten Poso yg bersejzrah

Lembah Bada, Tempat Wisata di Kabupaten Poso yg bersejzrah – photo credit: pesona.travel

Lembah Bada atau yang disebut juga dengan Lembah Napu merupakan lembah yang di dalamnya terdapat warisan kebudayaan berupa puluhan patung megalitik raksasa peninggalan Zaman Megalitikum, yang diperkirakan didirikan pada abad ke-14 M.

Situs Megalitikum tertua di Indonesia ini berada di wilayah morfologi Pegunungan Telawi dengan 5 satuan ruang. Lembah Besoa, Lembah Napu, dan Lembah Bada yang berada di Kabupaten Poso. Serta Lembah Palu dan Danau Lindu yang masuk wilayah administratif dari Kabupaten Sigi.

Baca juga ya:

Patung-patung raksasa yang ada di sini disebut sebagai Patung Palindo oleh masyarakat lokal. Palindo sendiri berarti Sang Penghibur. Penamaan ini mengacu pada ukiran patung yang tampak tersenyum.

Selain patung, di Tempat Wisata di Kabupaten Poso atau di lembah ini juga memiliki lanskap alam yang indah berupa hamparan savana yang amat luas sejauh mata memandang. Untuk menuju kesini, kamu harus menempuh jarak sejauh 145 km atau 3 – 4 jam perjalanan darat dari Kota Poso.

5. Goa Tangkaboba

6 Tempat Wisata di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah 3

Pemandangan Danau Poso dari Goa Tangkaboba – photo credit: dhave.id

Kabupaten Poso memang kaya akan potensi wisata alam dan peninggalan budaya. Satu lagi wisata peninggalan budaya yang dapat kamu kunjungi di Kabupaten Poso, yaitu Goa Tangkaboba.

Goa yang berada di dalam wilayah Kelurahan Sangele, Tentena, Kecamatan Pamona Puselemba ini berada tepat di tepian Danau Poso. Kamu bisa menikmati keelokan Danau Poso dari mulut goa yang ada di lereng bukit, ke sisi selatan dengan melewati jembatan Pamona yang membelah Sungai Poso.

Goa Tangkaboba atau disebut juga Goa Latea ini digunakan sebagai tempat penyimpanan jenazah leluhur Suku Pamona. Maka, jangan heran ketika kamu menemukan tumpukan tengkorak manusia dan peti jenazah di tepian dinding goa. Karena itulah daya tarik utamanya.

Lokasi Tempat Wisata di Kabupaten Poso atau Goa Tangkaboba ini berada 63 km dari Kota Poso dan 1 km dari Kelurahan Sangele. Kalian bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk kesana.

6. Pantai Siuri

Pantai Siuri, Tempat Wisata di Kabupaten Poso yang indah

Pantai Siuri, Tempat Wisata di Kabupaten Poso yang indah – photo credit: id.wikipedia.org

Pantai Siuri adalah Tempat Wisata di Kabupaten Poso yang  terakhir. Pantai Siuri adalah sebuah pantai unik yang terletak di Desa Toinasa, Kecamatan Pamona Barat, Kabupaten Poso. Pantai ini berjarak 17 km dari Kota Tentena dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Pantai ini disebut sebagai pantai unik karena pantai ini tidak berada di tepi laut, tetapi tepi sebuah danau, yaiatu Danau Poso.

Pantai dengan pasir lembut berwarna kuning keemasan ini memberikan sensasi berbeda apabila kamu mengunjunginya. Meskipun bukan pantai di pinggir laut, tetapi Pantai Siuri juga memiliki gelombang yang mirip gelombang laut.

Kamu tetap bisa merasakan deburan lembut ombak membasahi pantai. Kamu juga bisa berenang tanpa khawatir terseret ombak besar. Mata kamu juga tidak akan pedih karena air pantai ini bukan air asin, melainkan air tawar.

Semilir angin seperti di laut akan membuat aktivitas bersantai kamu menjadi lebih nikmat. Selain bersantai, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain seperti naik banana boat, bermain voli di pantai, dan memanggang ikan Sogili.

Kalau kamu lapar, tak perlu khawatir karena di sekitar pantai ada berbagai sajian kuliner yang siap kalian nikmati. Kalau ingin menginap, disini juga disediakan berbagai penginapan dan hotel dengan harga bervariasi. Kamu bisa memilih fasilitas seperti apa yang kamu inginkan.

Sebelum pergi, jangan lupa untuk menikmati matahari tenggelam di pantai ini. Sunset disini sungguh indah!

***

Nah, itulah tadi ke-6 tempat wisata di Kabupaten Poso yang wajib kamu datangi ketika berada di Poso. Jangan lupa untuk tetap tidak membuang sampah sembarangan ketika kamu berwisata, agar kebersihan dan kelestariannya tetap terjaga.

Leave a Reply