Daftar Wisata

6 Tempat Wisata di Agats, Kabupaten Asmat, Papua

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz - Sumber: Google Maps/Zulkifli SE

Tempat Wisata di Agats – Agats adalah salah satu distrik di Kabupaten Asmat, Papua. Yang mana juga menjadi ibukota dari Kabupaten Asmat. Kota ini letaknya berada di pesisir selatan Papua dan menghadap ke Laut Arafura.

Agats begitu unik, karena menjadi pemukiman tepi laut yang penuh pesona. Keindahannya memunculkan objek wisata yang memikat hati. Kota Agats pun memiliki konstruksi bangunan yang unik, dimana jalan dapat ditinggikan untuk menghindari air pasang yang dapat mencapai 5 meter.

Keunikan lain juga dihadirkan pada objek wisatanya. Dan inilah 6 tempat wisata yang ada di Agatas, Kabupaten Asmat.

1. Keliling Kota Agats

Kota Agats Kabupaten Asmat

Kota Agats Kabupaten Asmat – Sumber: Google Maps/ Philipus Ulukyanan

Kota Agats sendiri dapat menjadi destinasi wisata atau Tempat Wisata di Agats yang menarik untuk kalian explore. Jika bayangan kota adalah bangunan beton tinggi dan jalanan yang beraspal, tidak demikian dengan Agats. Kota ini memiliki konstruksi yang unik, terutama jalanan utama yang digunakan.

Kota ini membangun jalan berupa papan karena kondisi tanah yang berlumpur dan bekas rawa. Sekilas jalanan papan ini berbentuk seperti dermaga, yang melingkupi seluruh Kota Agats. Namun kini, jalanan ini sudah mulai disempurnakan dengan bentuk beton yang kuat.

Bangunan di kota yang memiliki luas 30.000 meter persegi ini juga dibangun menyesuaikan dengan bentuk rumah – rumah panggung. Kota ini pun termasuk ramah lingkungan, karena masyarakat menggunakan motor bertenaga listrik, bukan motor bensin seperti biasa. Hal ini tak lain karena jalan yang menopang tidak cukup kuat untuk motor mesin, apalagi mobil. Transportasi lain yang digunakan oleh masyarakat adalah perahu bermotor.

2. Museum Kebudayaan Asmat

Museum Kebudayaan Asmat, Tempat Wisata di Agats

Museum Kebudayaan Asmat , Tempat Wisata di Agats – Sumber: Simone Zasa Zasa

Tempat Wisata di Agats selanjutnya adalah Museum Kebudayaan Asmat yang berlokasi di Jalan Misi, Bis Agats, Kota Agats. Di museum ini kamu akan banyak menjumpai berbagai hasil karya seni Suku Asmat. Mulai dari ukiran, hingga baju perang dari zaman dahulu.

Sedikitnya 1.200 item hasil karya kerajinan Suku Asmat dipamerkan di museum ini. Jika kamu berkunjung ketika berlangsung Festival Budaya Asmat, museum ini wajib masuk daftar kunjunganmu. Karena akan ada kebudayaan Asmat yang ditampilkan di sini.

Baca Juga ya :

3. Pantai Bokap,Tempat Wisata di Agats Asmat

Pantai Bokap, Tempat Wisata di Agats

Pantai Bokap, Tempat Wisata di Agats – Sumber: wisatakepapua.blogspot.com

Masih di distrik Agats, terdapat pantai indah bernama Pantai Bokap. Asmat memang tidak hanya rawa dan jalanan kayu, tapi juga memiliki pantai dengan keindahan yang luar biasa seperti Pantai Bokap ini. Di sini, kamu dapat menikmati pesona pasir putih serta air laut yang jernih mempesona.

Pepohonan menjadi pemanis pemandangan di sini, yang juga membuat pantai ini tampak asri. Kamu juga dapat menyaksikan kegiatan nelayan tradisional yang ada di pantai ini. Untuk dapat menikmatinya, kamu harus menyiapkan uang tiket masuk sebesar Rp 20.000. Pesona keindahan Pantai Bokap membuatnya menjadi salah satu Tempat Wisata di Agats yang wajib dikunjungi.

4. Pantai Pek

Pantai Pek, Tempat Wisata di Agats Asmat

Pantai Pek, Tempat Wisata di Agats Asmat – Sumber: wisato.id

Sama halnya dengan Pantai Bokap, Pantai Pek juga terletak di Distrik Agats. Pantai ini menawarkan pesona alami pantai yang begitu tenang. Tidak banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini. Sehingga pantai ini tepat bagi kamu yang menginginkan suasana pantai yang tenang dan nyaman.

Pemandangannya pun tak kalah indah dengan pantai lainnya. Hamparan pasir putih dengan lautan biru yang luas. Akan memanjakan mata siapapun yang memandang. Pantai Pek menjadi salah satu Tempat Wisata di Agats yang banyak dikunjungi oleh wisatawan maupun warga setempat.

5. Festival Budaya Asmat

Festival Kebudayaan Asmat

Festival Kebudayaan Asmat – Sumber: indonesiatravel.news

Jika ingin mengenal suatu daerah, kenalilah juga budaya daerah setempat. Begitu juga ketika kamu berkunjung ke Kota Agats, kenalilah budaya Suku Asmat di sini. Kamu bisa mengunjungi Pesta Budaya Suku Asmat yang digelar setiap tahun, biasanya di akhir tahun.

Suku Asmat kaya akan budaya dan kekayaan alamnya. Oleh karena itu, wajib bagi kamu memasukkan Festival Budaya Asmat ke list destinasi wisata ketika berkunjung ke sini.

Di acara ini, Suku Asmat akan menampilkan seni ukiran yang mereka hasilkan, berbagai karya seni lainnya, dan tentu saja tari – tarian. Begitu unik dan sayang jika dilewatkan.

6. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz – Sumber: Google Maps/Zulkifli SE

Taman Nasional Lorentz adalah taman nasional terluas di Asia Tenggara. Luasnya melingkupi 10 kabupaten yang ada di Asmat, termasuk juga Kabupaten Asmat. Dengan area kurang lebih 2,4 juta hektar, wajar bila belum seluruh wilayahnya pernah dijamah oleh wisatawan.

Di sini, terdapat berbagai keanekaragaman hayati, baik tumbuhan dan hewan. Yang masih sangat alami dan belum terjamah. Bahkan uniknya, di sini kamu dapat mendaki di gunung salju satu – satunya di Indonesia. Dimana Taman Nasional Lorentz juga memiliki wilayah seperti fjord yang ada di Norwegia.

 

Itulah 6 Tempat Wisata di Agats  yang wajib masuk dalam daftar kunjungan ketika berada di Kabuapten Asmat.

Leave a Reply