Kuliner

6 Kuliner Salatiga Terenak

kuliner salatiga

perpus.jatengprov.go.id

Berbicara tentang kuliner, banyak sekali kota di Indonesia yang memiliki kuliner khas. Salah satu kota yang menyimpan banyak kuliner khas yaitu Salatiga. Banyak sekali wisatawan yang datang ke Salatiga hanya untuk mencicipi kulinernya. Lalu, apa saja kuliner yang ada di Salatiga?

1. Soto Esto

kuliner salatiga

adhityasemesta.blogspot.com

Di Salatiga terdapat salah satu soto khas yang cukup terkenal, yaitu Soto Esto. Kedai Soto Esto sendiri memang sudah berdiri lama dan sudah menjadi destinasi kuliner karena cita rasa soto yang sangat lezat. Satu hal yang menjadikan Soto Esto khas adalah adanya kerupuk karak yang menemani.

2. Bakmi Djowo Salatiga

kuliner salatiga

kuliner.mung.info

Kuliner Salatiga selanjutnya adalah Bakmi Djowo Salatiga. Bakmi Djowo Salatiga ini merupakan salah satu favorit wisatawan penggemar mie. Bakmi Djowo milik Pak Agus sendiri proses memasaknya masih sangat tradisional, masih menggunakan arang. Hal ini memang sengaja dibiarkan untuk memberikan aroma khas pada kuliner Bakmi.

3. Sate Sapi Suruh

kuliner salatiga

perpus.jatengprov.go.id

Kuliner Salatiga setelah Bakmi Djowo adalah Sate. Jika makan sate ayam sudah biasa, maka kamu sepertinya perlu mencoba Sate Sapi Suruh ini. Kuliner sate ini sangat legendaris dan sudah ada sejak tahun 1987.

Potongan daging pada Sate Sapi Suruh cukup besar, sehingga kamu hanya perlu memesan satu porsi saja dan kamu dijamin kenyang. Selain itu, dagingnya juga cukup empuk dengan paduan siraman bumbu kacang yang akan membuatnya semakin lezat. Paduan ini dijamin akan membuatmu ketagihan!

Baca juga:

4. Ronde Sekoteng Jago

kuliner salatiga

garnesia.com

Setelah mencoba semua kuliner di atas, ada baiknya kamu mencoba kuliner tempo dulunya Salatiga, yaitu Ronde dan Sekoteng. Ronde adalah bola-bola yang terbuat dari tepung beras gula merah yang dinikmati bersama kuah jahe dan kacang tanah.

Sedangkan sekoteng adalah minuman yang terbuat dari air jahe dan biasanya dihidangkan bersama dengan kacang tanah, kacang hijau, dan irisan roti tawar.

Salah satu ronde yang terkenal di Salatiga adalah Ronde Sekoteng Jago. Ronde yang dimiliki rasa kuah jahenya pas dan isiannya pun lengkap. Maka tak heran ronde ini sangat laris manis.

5. Nasi Kucing Senjoyo Pak Sus

kuliner salatiga

foodsafarisalatiga.blogspot.com

Di Salatiga juga masih ada warung lesehan loh. Warung ini sangat ramai dikunjungi anak muda, warung tersebut yaitu Nasi Kucing Senjoyo Pak Sus. Nasi kucing ini masih sama seperti pada umumnya. Selain nasi kucing di sana juga ada beberapa lauk seperti sate kulit ayam, sate usus, dan sate telur puyuh.

Selain aneka sate, ada juga aneka gorengan, mulai dari tempe sampai ayam goreng. Di sana juga ada tempe bacem yang tak kalah enak loh!

6. Toko Oom Tan

kuliner salatiga

wisataku.id

Jika kamu sudah puas mencicipi semua kuliner Salatiga, ada baiknya kamu membawa oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah. Salah satu pusat oleh-oleh khas Salatiga yang terkenal adalah Toko Oom Tan.

Toko Oom Tan ini menjual berbagai jajanan khas Salatiga, diantaranya permen asem, gula kacang, enting-enting gepuk cap klenteng, singkong keju, dan masih banyak lagi. Oleh-oleh dari Toko Oom Tan yang paling banyak dibeli adalah enting-enting gepuk cap klenteng, enting-enting ini terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk menggunakan gula merah yang dipanaskan.

Itulah ke-6 kuliner Salatiga yang khas. Kamu sudah pernah coba yang mana?

Leave a Reply