Uncategorised, Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat Kabupaten Bangka

Makanan Khas Sungai Liat

Makanan Khas Sungai Liat

Makanan Khas Sungai Liat – Bangka salah satu kabupaten yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung ini mempunyai kuliner khas yang begitu menggoda bagi para pengunjungnya, nih! Setiap makanan kuliner yang berasal dari Bangka pasti mempunyai cita rasa tersendiri di lidah yang tentunya membuat nagih.

Pulau yang dekat dengan laut ini memanfaatkan produk laut sebagai bahan makanan yang rata-rata mendominasi kuliner di Kabupaten Langka, khususnya di Sungai Liat.

Lokasi Sungai Liat berada di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tempat ini juga merupakan tujuan wisata di Bangka Belitung yang bisa anda temukan dengan berbagai macam kuliner khas Sungai Liat. Mulai dari makanan laut hingga makanan hasil perkebunan.

Daftar 6 Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat Kabupaten Bangka

Berikut adalah beberapa rekomendasi mengenai kuliner dan makanan Khas Sungai Liat Kabupaten Bangka:

1. Nasi Goreng Ikan Teri

Nasi Goreng Ikan Teri - Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat Bangka

Nasi Goreng Ikan Teri – Makanan Khas Sungai Liat Bangka -Foto: belitung.tribunnews.com

Makanan khas Sungai Liat ini bisa anda dapatkan di Kuliner Mandiri, yang berada di lokasi Ahmad Yani Sungaliat. Tempat ini dibuat sudah lebih dari 10 tahun dengan lapak-lapak yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bangka.

Tak hanya nasi goreng ikan teri khas Sungai Liat, ada juga beberapa kuliner khas lokal seperti Mpek-mpek Lenjer yang dijual murah dengan harga Rp 1.000-.

Untuk kuliner minuman, anda bisa menikmati minuman hangat Sekoteng, Susu Sapi, dan Susu Kedelai. Tenang, Kuliner Mandiri tidak menjual dan bersih dari minuman beralkohol, ya!

2. Berego, Makanan Khas Sungai Liat yang menggoda

Barego, Makanan Khas Sungai Liat

Berego – Makanan Khas Sungai Liat Kabupaten Bangka – Foto: ksmtour.com

Sekilas makanan ini mirip dengan lontong, ya. Namun ternyata Berego berbeda dengan lontong pada umumnya. Berego menggunakan bahan baku tepung beras yang dicampur dengan tepung sagu.

Namun untuk cara penyajiannya, makanan khas Sungai Liat satu ini memang sama dengan lontong, yaitu dihidangkan bersamaan dengan lauk berkuah. Berego di sajikan dengan kuah kari ikan.

Biasanya Berego dikombinasikan dengan makanan lainnya seperti Sup Gangan, Lakse, dan Mie Belitung. Untuk mendapatkannya juga tidak sulit, anda bisa membelinya di warung-warung makan yang ada di pinggir jalan.

3. Lakse Bangka

Laksa, Makanan Khas Sungai Liat

Lakse – Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat – Foto: helloindonesia.id

Makanan satu ini mirip dengan spageti, bukan? Ya, benar! Warna Belitung sendiri mengakui bahwa Lakse terinspirasi dari Spageti. Atau jika di Indonesia, anda bisa menyamakannya dengan kue putu mayang yang menjadi makanan kuliner khas Betawi.

Untuk menyatapnya, Lakse bisa anda hidangkan dengan dua cara, yaitu: dihidangkan dengan lauk berkuah seperti Sup Gangan yang berbahan santan kelapa dan ikan atau udang yang sudah ditumbuk halus. Dan dihidangkan dengan cara digoreng.

Mendapatkan Lakse juga tidak sulit, anda bisa membelinya di warung makan dimana saja dengan harga yang cukup terjangkau. Atau satu keping Lakse bisa diharga sekitar Rp 1.500 hingga Rp 2.000.

Baca juga ya:

4. Sup Gangan

Sup Gangan,Makanan Khas Sungai Liat

Sup Gangan – Makanan Khas Sungai Liat Bangka – Foto: travel.tempo.co

Makanan yang sempat disinggung di dua makanan sebelumnya ini berbahan dasar olahan laut, yaitu ikan. Ikan yang digunakan untuk membuat Sup Gangan ini biasanya ikan tenggiri yang masih segar. Dan kemudian dimasak secara bersamaan dengan rempah-rempah seperti cabai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, serta kunyit.

Dengan menggunakan bahan rempah-rempah, Sup Gangan khas Sungai Liat ini akan mengasilkan rasa gurih yang sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia. Tidak salah lagi, kuliner satu ini menjadi kebanggaan warga Belitung.

5. Pantiaw

Pantiaw, Makanan Khas Sungai Liat

Pantiaw – Makanan Khas Sungai Liat Bangka Foto: cookpad.co

Pantiaw adalah Makanan khas Sungai Liat yang terbuat dari bahan beras yang diolah dan kemudian dibentuk seperti mie dengan ukuran lebih besar.

Pantiaw dihidangkan secara bersamaan dengan bumbu ikan yang telah direbus, digiling halus, dan dimasak dengan olahan berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada, garam, serta bumbu penyedap lainnya.

Umumnya, pengunjung menikmati Pantiaw di waktu makan siang. Dengan ditambah taburan bawang goreng.

6. Roti Panggang Telur dan Roti Panggang Kacang Wijen

roti panggang telur, Makanan Khas Sungai Liat

Roti Panggang Telur dan Roti Panggang Kacang Wijen – Makanan Khas Sungai Liat – Foto: travelingyuk.com

Siapa yang tidak mengenal makanan andalan di Warung Kopi Tung Tau ini? Salah satu tempat kuliner di Sungai Liat yang ramai dikunjungi wisawatan. Letaknya tepat di Jalan Mujahidin No. 87.

Selain dua menu andalan tersebut, tempat kuliner ini juga menyediakan gado-gado otak-otak, dan berbagai minuman seperti kopi tarik, kopi susu, kopi O, teh tarik, dan masih banyak lagi.

Yang menjadi daya tarik dari Warung Kopi Tung Tau ini adalah masih mempertahankan cita rasa tradisional. Ditambah bangunannya mempunyai design jaman dulu.

Demikian 6 Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat Kabupaten Bangka yang bisa menjadi destinasi anda bila berkunjung di Kepulauan Bangka Belitung. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply