Alam, Bukit, Gua, Gunung, Masjid, Pantai, Pulau

6 Tempat Wisata di Ranai Kabupaten Natuna yang Wajib Dikunjungi

6 Tempat Wisata di Ranai Kabupaten Natuna yang Wajib Dikunjungi

taman batu alif | instagram.com/disparbud_natuna

Tempat Wisata di Ranai Kabupaten Natuna – Kota Ranai adalah kota yang terletak di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Kota Ranai juga merupakan ibu kota dari Kabupaten Natuna. Kota Ranai merupakan terjemahan dari rantau nan indah atau rantau bertuah, karena memiliki panorama dan pemandangan yang sangat indah.

Kalau berkunjung ke Kota Ranai, bisa dilewati dengan jalur udara melalui Batam dan akan memakan waktu ke Ranai Natuna sekitar 90 menit. Dan jangan khawatir untuk penginapan, karena terdapat banyak penginapan di Kota Ranai dengan berbagai fasilitas dari mulai harga Rp 50.000 sampai dengan Rp 200.000 per malamnya.

Berikut 6 tempat wisata di Ranai Kabupaten Natuna yang harus dikunjungi ketika berlibur.

1. Batu Madu

6 Tempat Wisata di Ranai Kabupaten Natuna yang Wajib Dikunjungi

batu madu | pesona.travel

Lokasi tempat wisata Batu Madu ini terletak di desa Cemaga, Kecamatan Bungaran Selatan, Kabupaten Natuna. Untuk akses menuju Batu Madu, dapat dituju menggunakan motor maupun mobil dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari kota Ranai.

Di destinasi Batu Madu ini, menawarkan panorama pemandangan pantai indah dan pulau-pulau yang terbentuk dari batu-batu granit berukuran besar. Waktu yang pas saat berkunjung ke Batu Madu adalah saat air laut surut. Ketika air laut surut inilah akan nampkan hamparan pantai luas dan batu granit yang eksotis.

Dinamakan Batu Madu, karena dulunya terdapat tumpukan-tumpukan batu granit yang pernah dijadikan sarang lebah madu. Untuk menikmati panorama di Batu Madu, tidak perlu merogoh kocek alias gratis.

2. Taman Batu Alif

6 Tempat Wisata di Ranai Kabupaten Natuna yang Wajib Dikunjungi

taman batu alif | instagram.com/sohib_nature

Kalau belum puas dan masih penasaran melihat batu-batu granit indah lainnya, bisa berkunjung ke Taman Batu Alif. Jangan lupa untuk siapkan kamera untuk mengabadikan foto dengan pesona keindahan alamnya.

Letak Taman Batu Alif di Tanjung Sulai,  Desa Sepempeng, Kecamatan Bungaran Timur, Kabupaten Natuna dan hanya berjarak 10 km dari pusat kota Ranai. Untuk tiket masuk, bisa diakses dengan biaya berkisa Rp 5.000 saja.

Di Taman Batu Alif terdapat hamparan batu-batu besar di sepanjang pantai yang memiliki luas tiga hektar. Pemberian nama batu alif karena batu-batu yang terhampar itu menjulai ke atas seperti huruf alif dalam bahasa arab.

3. Gunung Ranai

6 Tempat Wisata di Ranai Kabupaten Natuna yang Wajib Dikunjungi

gunung ranai | batamnews.co.id

Kalau hobi mendaki dan ingin mencari sedikit tantangan sekaligus dapat melihat panorama yang indah, Gunung Ranai menjadi salah satu tempat wisata di Ranai Kabupaten Natuna yang harus masuk list kunjungan.

Letaknya di Ranai, Bunguran Besar, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau dan untuk tiket masuknya bebas biaya. Gunung Ranai memiliki tinggi yang relatif rendah yaitu berkisar 300-1035 meter. Untuk bisa mencapai puncak, harus melalui tiga puncak berupa tebing-tebing.

Puncak pertama dinamai dengan Serendit yang berada di ketinggian 968 meter dengan tinggi mencapai 100 meter. Puncak kedua dinamai Puncak Erik Samali di ketinggian 999 meter dengan tinggi tebing sekitar 150 meter.  Dan puncak ketika dinamai Puncak Datuk Panglima Husin diketinggian 1035 meter dengan tinggi tebing berkisar 200 meter.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Tilamuta, Kabupaten Boalemo

4. Bukit Kapur

6 Tempat Wisata di Ranai Kabupaten Natuna yang Wajib Dikunjungi

bukit kapur | instagram.com/disparbud_natuna

Kalau belum puas mendaki dan menikmati panorama pemandangan Gunung Ranai, bisa juga menikmati spot yang terletak di kaki Gunung Ranai, yaitu Bukit Kapur. Panorama dan pemandangan keindahan alam Natuna terhampar dari ketinggian 400 mdpl.

Di Bukit Kapur ini juga terdapat hutan-hutan pinus dan yang pasti menjadi spot instagrammable yang tak boleh dilewatkan. Dan tak perlu khawatir karena kelaparan dan haus, karena di Bukit Kapur terdapat warung-warung makan dan juga terdapat balkon untuk berfoto-foto.

5. Masjid Agung Natuna

6 Tempat Wisata di Ranai Kabupaten Natuna yang Wajib Dikunjungi

masjid agung natuna | instagram.com/wan_andri11

Masjid Agung Natuna menjadi salah satu bangunan ikonik wisata religi yang berada di Jamengan, Bunngaran Timur, Kabupaten Natuna. Masjid Agung Natuna mulai dibangun pada tahun 2007 dan selesai pada tahun 2009.

Pesona pemandangan dan kemegahan Masjid Agung Natuna sunggu terasa ketika berada di dalam kompleks Gerbang Utaraku. Dari Masjid Natuna, bisa menyaksikan keindahan panorama Gunung Ranai dari kejauhan. Masjid Agung Natuna ini mempunyai 20 kubah yang tersusun dalam tiga tingkat dan memiliki satu kubah besar. Terdapat juga enam kubah kecil dan 20 pintu.

6. Tanjung Senubing

6 Tempat Wisata di Ranai Kabupaten Natuna yang Wajib Dikunjungi

tanjung senubing | instagram.com/dya_iganov

Tempat wisata di Ranai Kabupaten Natuna yang harus di kunjungi adalah Tanjung Senubing yang terletak di Bungaran Timur, Kabupaten Natuna. Tanpa merogoh kocek alias gratis, sudah bisa menyaksikan pemandangan batu purba raksasa, gua, dan hamparan laut biru.

Di Tanjung Senubing, ada batu yang membentuk pola-pola unik yang dikenal dengan nama Batu Sindu. Dari atas bukit, juga bisa menyaksikan pesona pemandangan lautnya yang sangat indah.

Nah, itu dia 6 tempat wisata di Ranai Kabupaten Natuna. Jika berkunjung ke Ranai, jangan lupa untuk mampir ke salah satu tempat wisata di Ranai. Atau bisa kunjungi semua tempat wisata di Ranai kalau berlibur cukup lama di Rabai Kabupaten Natuna.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan

Leave a Reply