6 Kuliner dan Makanan Khas Masohi Maluku Tengah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner, Uncategorised

6 Kuliner dan Makanan Khas Masohi Maluku Tengah

sagu gula, Makanan Khas Masohi Maluku Tengah

sagu gula, Makanan Khas Masohi Maluku Tengah

sagu gula, Makanan Khas Masohi Maluku Tengahsekitar 37,30 kilometer kuadrat dan total penduduk mencapai kurang lebih sekitar 32.060 jiwa dari kelima kelurahan. Dan sebagian wilayahnya mempunyai topgrafi seperti dataran rendah dengan ketinggian 0 hingga 110 Mdpl.

Selain terkenal dengan oleh-oleh Mutiara nya, kota Masohi juga dikenal dengan kuliner makanan yang berasal dari olahan serba ikan. Tak hanya itu, nama makanan kulinernya yang unik bisa menarik perhatian orang-orang untuk mencicipinya.

Penasaran apa saja? Yuk, simak kuliner Makanan Khas Masohi Maluku Tengah.

1. Suami, Makanan Khas Masohi

Suami, Makanan Khas Masohi

Suami, Makanan Khas Masohi – Sumber foto: radiodms

Mungkin suami yang orang kira adalah status atau bisa saja makanan ini dibuat oleh suami. Yang benar, makanan khas Masohi Maluku Tengah ini terbuat dari ubi yang sebelumnya sudah diparut, yang kemudian airnya diperas lalu dikukus hingga matang.

Aslinya, makanan suami mempunyai 3 jenis, yaitu: dipakai gula, kelapa setengah tua, dan original atau tidak pakai apa-apa.

Bila anda memakai jenis gula, makanan suami dapat ditemani dengan minuman teh atau kopi. Lalu jika memakai kelapa setengah tua, anda bisa menyantapnya dengan gula cair. Dan jika anda ingin mencoba jenis yang tidak memakai apa-apa, anda bisa menyantapnya dengan lauk ikan maupun sambal colo-colo.

3 jenis dalam satu makanan tersebut tentu saja bisa menjadi menu utama saat berbuka puasa, nih.

2. Papeda

papeda, Makanan Khas Masohi

Papeda, Makanan Khas Masohi – Sumber Foto: 1001indonesia

Makanan kedua ini juga paling banyak di sukai oleh masyarakat setempat. Papeda bahkan menjadi salah satu ikon kuliner Maluku dan juga menjadi Makanan Khas Masohi yang perlu dicoba

Papeda sendiri terbuat dari bahan dasar tepung sagu yang sudah diolah hingga menjadi seperti bubur yang lengket dan kental. Makanan ini mempunyai rasa yang tawar. Dan biasanya dihidangkan secara bersamaan dengan ikan tongkol atau mubara yang sudah dibumbui kunyit.

Untuk menyajikannya, Papeda harus diletakkan ke atas piring dengan menggunakan sumpit. Dengan cara mengambilnya yang unik seperti ini membuat para pengunjung penasaran dan tak sabar untuk mencicipinya.

3. Nasi Lapola

Nasi lapola, Makanan Khas Masohi

Nasi lapola, Makanan Khas Masohi – Sumber Foto: bangduns

Nasi lapola menjadi kuliner khas Masohi atau Makanan Khas Masohi yang sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya berbahan dasar sagu, makanan kuliner kali ini terbuat dari beras, kacang tolo, dan parutan kelapa muda. Nasi lapola juga salah satu bukti bahwa kuliner di Maluku semakin berkembang.

Leave a Reply