6 Kuliner dan Makanan Khas Maba Halmahera Timur - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Maba Halmahera Timur

Makanan Khas Maba Halmahera Timur

Makanan Khas Maba Halmahera Timur

Makanan Khas Maba Halmahera Timur – Bagi pecinta wisata dan kuliner maka Kota Maba di Halmahera Timur Maluku Utara bisa menjadi salah satu daftar kota yang harus dikunjungi. Kota yang pernah menjadi tujuan pengamat astronomi sebagai kota yang paling ideal untuk mengamati gerhana matahari di Indonesia pada tahun 2016 lalu ini terletak di sebelah timur kota Sofifi.

Suasana yang akan kalian rasakan saat sampai di Maba adalah suasana kota dekat pantai dengan suara deburan ombak yang indah mengiringi langkah di kota ini. Selain suasana kota yang khas, di kota Maba terdapat makanan khas yang patut kalian buru dan cicipi.

6 Kuliner Khas di Kota Maba Halmahera Timur

1. Papeda

6 Kuliner dan Makanan Khas Maba Halmahera Timur 3

Papeda makanan khas Maluku Utara pengganti nasi – Foto @abdrivai21

Papeda adalah makanan khas pengganti nasi yang diambil dari pohon sagu yang diolah sedemikan rupa sampai menjadi tepung setelah disaring. Tepung sagu ini lalu disiram air panas lalu diaduk sampai jadi papeda.

Biasa disajikan dengan lauk berjenis ikan seperti ikan kuah kuning, ditambah sayur dan sambal yang rasanya pasti sangat lezat. Oya, cara memakan papeda ini cukup unik yaitu dengan menggunakan sumpit lalu dipilin kemudian dimasukkan ke dalam kuah ikan kuning.

2. Ikan Cakalang Fufu

Makanan Khas Maba

Ikan Cakalang Fufu, Makanan Khas Maba – Foto Wikipedia.org

Selain di daerah Minahasa Sulawesi Utara, ikan cakalang Fufu juga sangat popular di Maluku Utara. Ikan ini dibuat dari ikan cakalang atau mungkin kalian lebih familiar dengan nama ikan tongkol.

Ikan ini dibelah dua lalu dijepit menggunakan bambu lalu di asapi sekitar 4 jam. Makanan khas ini dapat bertahan dalam suhu ruang sampai satu bulan. Jadi kuliner ini sangat pas untuk dibawa sebagai oleh-oleh karena dapat bertahan lama.

Hidangan ini biasa disajikan dengan seporsi nasi hangat. Untuk kalian yang travelling ke sini sambil menikmati suasana kota pantai ditemani menu ini pasti akan menjadi pengalaman tidak terlupakan. Kalian bisa menikmati ikan  cakalang fufu dengan harga Rp. 25.000 – Rp. 50.000 saja.

3. Ikan Bakar Dabu-Dabu

6 Kuliner dan Makanan Khas Maba Halmahera Timur 4

Ikan Bakar Dabu Dabu – Foto: dapurkobe.co.id

Saat berkunjung ke kota ini maka ikan bakar dabu dabu menjadi salah satu makanan yang wajib kalian coba. Makanan Khas Maba Halmahera Timur ini berupa ikan yang dibakar dan disajikan dengan sambal dabu-dabu yang lezat.

Ikan yang digunakan biasanya berjenis ikan kembung lalu disiram dengan sambal dabu-dabu ditemani nasi putih hangat. Dijamin bakal bikin kenyang deh! Untuk harga dijamin terjangkau karena  sangat mudah ditemui di Maba Halmahera Timur ini.

4.  Gohu Ikan

Makanan Khas Maba

Gohu Ikan, Makanan Khas Maba Halmahera Timur – Foto: Akurat.co

Wah ikan lagi ya? Tapi karena Maba adalah kota pessisir pantai maka banyak sekali sajian makanan dengan bahan baku ikan. Tapi dijamin gak bakal bikin kalian bosen kok. Karena variasinya sangat banyak. Salah satunya adalah Gohu Ikan. Makanan Khas Maba Halmahera Timur ini dijamin enak dan lezat.

Bagi kalian yang senang kuliner pasti pernah coba sashimi kan? Makanan khas Jepang yang terbuat dari ikan mentah. Nah di Indonesia juga tidak kalah, karena disini di Maluku Utara Halmahera Timur juga ada sajian khas berupa daging ikan cakalang atau tuna mentah yang dicampur bumbu seperti jeruk, bawang merah, cabe, dan daun kemangi yang dipanaskan dengan minyak goreng.

Leave a Reply