6 Kuliner dan Makanan Khas Liwa Lampung Barat - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Liwa Lampung Barat

Sate Tuhuk tenggiri, Makanan Khas Liwa

Sate Tuhuk tenggiri, Makanan Khas Liwa Lampung Barat. Sumber : Cookpad.com

Makanan Khas Liwa – Kota Liwa adalah salah satu daerah di Lampung Tengah yang dikelilingi oleh pegunungan yang berada di rangkaian Bukit Barisan.

Untuk menuju ke Kota Liwa dibutuhkan jarak tempuh sekitar 236 Km dari pusat kota Bandar Lampung dan untuk mencapainya bisa menggunakan perjalan darat dengan waktu tempuh sekitar 6 jam.

Karena berada di daerah pegunungan, Kota Liwa sering juga disebut kota kabut, karena hampir setiap pagi daerah ini selalu tertutup oleh kabut.

Selain terkenal dengan kota kabut, Liwa juga mempunyai banyak sajian kuliner khas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke ibukota Lampung Barat ini.

Kuliner khas yang bisa ditemukan di Kota Liwa Lampung Barat ini antara lain adalah :

1. Gulai Taboh

Gulai Taboh, Makanan Khas Liwa

Gulai Taboh, Makanan Khas Liwa – Sumber : Resepmasakanindonesiaorgininal

Seperti namanya, Kuliner Gulai Taboh ini adalah masakan khas yang dimasak dengan menggunakan bumbu gulai.

Gulai Taboh ini banyak dijumpai di Lampung, khususnya di daerah pesisir barat sehingga makanan Gulai Taboh ini menjadi Makanan Khas Liwa yang wajib dicoba.

Bahan dasar pembuatan Gulai Taboh ini biasanya adalah ikan laut dan Khattak atau kacang-kacangan seperti kacang panjang atau juga kacang merah.

Selain itu Gulai Taboh juga sering ditambahkan dengan rebung dan kentang sebagai pelengkap. Tak hanya ikan laut, Gulai Taboh bisa juga menggunakan ayam, udang atau telur sebagai isiannya.

2. Sate Tuhuk

Sate Tuhuk, Makanan Khas Liwa

Sate Tuhuk, Makanan Khas Liwa – Sumber : Cookpad.com

Jika biasanya sate berbahan dasar ayam ataupun kambing. Di Lampung Barat ada olahan sate yang menjadi Makanan Khas Liwa karena menggunakan bahan dasar ikan Blue Marlin. Namanya adalah Sate Tuhuk.

Penggunaan ikan Blue Marlin sebagai bahan dasar karena ikan ini dianggap memiliki rasa yang mirip dengan ikan Salmon, selain itu kandungan gizi yang tersaji di dalamnya pun sangat banyak sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Seperti sate ayam Madura, Sate Tuhuk juga biasa dilengkapi dengan siraman kuah kacang.

Selain itu dalam penyajiannya juga sering ditambahkan acar dan juga sambal yang menjadikan kuliner khas pesisir barat Lampung ini menjadi lebih nikmat.

Baca juga ya :

3. Kacang Tojin

Kacang Tojin, Makanan Khas Liwa

Kacang Tojin, Makanan Khas Liwa – Sumber : Cookpad.com

Kacang Tojin adalah Makanan Khas Liwa lainnya yang bisa kamu coba. Jika dilihat sekilas, makanan kacang tojin ini mirip dengan kacang bawang.

Hal yang membuat kacang tojin berbeda dengan kacang bawang adalah bahan dasarnya yang menggunakan kacang merah.

Leave a Reply