Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Liwa Lampung Barat

Sate Tuhuk tenggiri, Makanan Khas Liwa

Sate Tuhuk tenggiri, Makanan Khas Liwa Lampung Barat. Sumber : Cookpad.com

Makanan Khas Liwa – Kota Liwa adalah salah satu daerah di Lampung Tengah yang dikelilingi oleh pegunungan yang berada di rangkaian Bukit Barisan. Untuk menuju ke Kota Liwa dibutuhkan jarak tempuh sekitar 236 Km dari pusat kota Bandar Lampung dan untuk mencapainya bisa menggunakan perjalan darat dengan waktu tempuh sekitar 6 jam.

Karena berada di daerah pegunungan, Kota Liwa sering juga disebut kota kabut, karena hampir setiap pagi daerah ini selalu tertutup oleh kabut. Selain terkenal dengan kota kabut, Liwa juga mempunyai banyak sajian kuliner khas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke ibukota Lampung Barat ini. Kuliner khas yang bisa ditemukan di Kota Liwa Lampung Barat ini antara lain adalah :

1. Gulai Taboh

Gulai Taboh, Makanan Khas Liwa

Gulai Taboh, Makanan Khas Liwa – Sumber : Resepmasakanindonesiaorgininal

Seperti namanya, Kuliner Gulai Taboh ini adalah masakan khas yang dimasak dengan menggunakan bumbu gulai. Gulai Taboh ini banyak dijumpai di Lampung, khususnya di daerah pesisir barat sehingga makanan Gulai Taboh ini menjadi Makanan Khas Liwa yang wajib dicoba.

Bahan dasar pembuatan Gulai Taboh ini biasanya adalah ikan laut dan Khattak atau kacang-kacangan seperti kacang panjang atau juga kacang merah. Selain itu Gulai Taboh juga sering ditambahkan dengan rebung dan kentang sebagai pelengkap. Tak hanya ikan laut, Gulai Taboh bisa juga menggunakan ayam, udang atau telur sebagai isiannya.

2. Sate Tuhuk

Sate Tuhuk, Makanan Khas Liwa

Sate Tuhuk, Makanan Khas Liwa – Sumber : Cookpad.com

Jika biasanya sate berbahan dasar ayam ataupun kambing. Di Lampung Barat ada olahan sate yang menjadi Makanan Khas Liwa karena menggunakan bahan dasar ikan Blue Marlin. Namanya adalah Sate Tuhuk.

Penggunaan ikan Blue Marlin sebagai bahan dasar karena ikan ini dianggap memiliki rasa yang mirip dengan ikan Salmon, selain itu kandungan gizi yang tersaji di dalamnya pun sangat banyak sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Seperti sate ayam Madura, Sate Tuhuk juga biasa dilengkapi dengan siraman kuah kacang. Selain itu dalam penyajiannya juga sering ditambahkan acar dan juga sambal yang menjadikan kuliner khas pesisir barat Lampung ini menjadi lebih nikmat.

Baca juga ya :

3. Kacang Tojin

Kacang Tojin, Makanan Khas Liwa

Kacang Tojin, Makanan Khas Liwa – Sumber : Cookpad.com

Kacang Tojin adalah Makanan Khas Liwa lainnya yang bisa kamu coba. Jika dilihat sekilas, makanan kacang tojin ini mirip dengan kacang bawang. Hal yang membuat kacang tojin berbeda dengan kacang bawang adalah bahan dasarnya yang menggunakan kacang merah.

Dalam pembuatannya, pertama-tama kacang merah dikukus. Selepas dikukus, kemudian kacang merah digoreng sebentar hinga berwarna kecokelatan. Setelah matang, kacang kemudian ditambahkan bumbu rasa asin atau pedas.

Namun seiring perkembangan jaman, rasa yang ada di kacang tojin pun semakin beragam. Masyarakat di Lampung Barat sangat gemar menjadikan Kacang Tojin sebagai camilan yang menjadi teman menyeruput kopi.

4. Buak Tat, Makanan Khas Liwa yang menggoda

Buak Tat, Makanan Khas Liwa

Buak Tat, Makanan Khas Liwa – Sumber : Duniaindra.com

Buak Tat adalah kue khas lampung Barat yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh jika kebetulan sedang berwisata di daerah Liwa. Buak tat ini memiliki cita rasa yang begitu manis karena menggunakan selai nanas sebagai isiannya.

Karena menggunakan selai nanas, sekilas rasa dari Buak Tat ini mirip dengan kue Nastar, hanya saja Buak Tat ini bertekstur lembut dan lembek dan tidak renyah seperti Nastar.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan Buak Tat ini anttara lain adalah tepung terigu, margarin, telur, gula dan juga selai nanas.

Selain untuk dikonsumsi secara pribadi, masyarakat di Liwa Lampung Barat juga sering menggunakan Buak Tat sebagai sajian dalam acara hajatan ataupun untuk menyambut tamu ketika lebaran.

5. Kue Cuchuk

Kue Cuchuk, Makanan Khas Liwa

Kue Cuchuk, Makanan Khas Liwa – Sumber : Tempo.co

Kuliner khas Lampung Barat atau Makanan Khas Liwa berikutnya adalah Kue Cuchuk. Untuk kue yang satu ini berbahan dasar dan memiliki cita rasa yang manis dan legit. Sebenarnya di beberapa tempat di Indonesia banyak ditemui kue sejenis, namun memiliki nama yang berbeda-beda di tiap daerahnya.

Yang membedakan Kue Chucuk kas Liwa dengan daerah lainnya adalah ciri khas dari Kue Cuchuk Liwa yang memiliki bentuk bulat dan tiga lubang ditengahnya. Selain itu warna dari Kue Chucuk Liwa ini berwarna coklat pekat seperti kue cucur karena menggunakan gula merah sebagai bahan campurannya.

6. Kumbang Luyang

Kumbang Luyang, Makanan Khas Liwa

Kumbang Luyang, Makanan Khas Liwa – Sumber : Carabuatresep.blogspot.vom

Kumbang Luyang sebenarnya adalah istilah untuk kue Kembang Goyang di Lampung. Serupa dengan kue Kembang Goyang dari Betawi, bahan dari pembuatan Kumbang Luyang adalah tepung terigu yang diencerkan dan sudah dicampur bahan lainnya.

Adonan kemudian dimasukkan ke dalam cetakan dan setelah itu digoreng hingga menjadi berwarna kecoklatan dan renyah. Di Liwa Lampung Barat, kue Kumbang Luyang biasa dibuat dengan berbagai macam varian rasa, seperti manis, gurih, asin, cokelat ataupun bisa juga dikresi dengan berbagai macam rasa lainnya. Tak heran kelezatan Kumbang Loyang khas ini juga menjadi salah satu Makanan Khas Liwa yang bisa kalian coba kelezatnya.

Leave a Reply