Kuliner

6 Kuliner Dan Makanan Khas Langsa, Aceh Yang Harus Dicobai Oleh Anda

6 Kuliner Dan Makanan Khas Langsa, Aceh Yang Harus Dicobai Oleh Anda 1

Makanan Khas Langsa – Kota Langsa merupakan salah satu kota yang memiliki jarak sekitaran 400 km dari Banda Aceh. Selain tempat wisata kota Langsa yang terkenal, ternyata kota tersebut memiliki makanan ciri khas tersendiri.

Nah, dibawah ini sudah tersusun 6 jenis makanan khas Langsa yang harus dicobai oleh anda. Dimana keenam makanan tersebut menawarkan cita rasa yang sangat enak. Mari kita simak 6 makanan yang ada dibawah ini.

Baca juga ya:

1. Mie Wak

6 Kuliner Dan Makanan Khas Langsa, Aceh Yang Harus Dicobai Oleh Anda 4

Mie Wak-putratravel.net

Mie Wak merupakan sebuah jenis makanan yang terbaik dan wajib untuk dicobai oleh anda yang ingin mengunjungi kota Langsa.  Mie wak disebut makanan khas Langsa, karena mie dibuat oleh pemilik warung yang bernama Mie Wak Hasan.

Posisi dari warung tersebut terletak di kampung jawa tepatnya di jalan A. Yani, No. 160 yang bersebelahan dengan warung kopi (Warkop) Gempur Kopi. Letaknya dipinggir jalan, jadi anda tidak akan mengalami kesusahan dalam mencari tempat tersebut.

Harga dari mie ini berkisaran Rp. 20.000,- untuk satu porsinya. Harganya terbilang cukup murah, karena terbuat dari daging atau biasanya udang. Satu porsi sudah cukup untuk mengenyangkan perut anda, karena porsinya cukup banyak.

2. Sop Sekengkel

6 Kuliner Dan Makanan Khas Langsa, Aceh Yang Harus Dicobai Oleh Anda 5

Sop Sekengkel-pergikuliner.com

Masih sama dengan makanan yang berkuah, tapi ini tidak menggunakan mie, karena makanan khas Langsa yang selanjutnya adalah Sop Sekengkel. Nah, pada umumnya makanan ini merupakan salah satu makanan khas Langsa yang terbuat dari iga-iga ataupun tulang dari kaki sapi.

Makanan ini tersedia di Warung Mbak Mis yang terletak didesa Asam Peutek Kec. Langsa Lama. Banyak warga disana mengatakan kalau makanan tersebut menjadi salah satu makanan yang wajib untuk dicobai oleh para wisatawan (termasuk anda).

Terdiri dari berbagai bumbu yang khas tradisional, dan dapat membangkitkan selera makan anda. Selain enak dicicip, makanan ini juga memiliki aroma yang wangi. Maka dari itu, Sop Sekengkel ini direkomendasikan untuk anda.

3. Ayam Tangkap

6 Kuliner Dan Makanan Khas Langsa, Aceh Yang Harus Dicobai Oleh Anda 6

Ayam Tangkap-masakapahariini.com

Nah, jika anda merasa bosan dengan makanan yang berkuah, maka cobalah untuk mencicipi masakan Ayam Tangkap. Dilihat dari namanya, makanan ini menjadi salah satu makanan khas Langsa yang terunik dan aneh.

Makanan berbahan utama ayam goreng akan dibuat dengan berbagai macam bumbu ataupun rempah-rempah yang khas Langsa. Biasanya, makanan Ayam Tangkap ini dijuluki sebagai Ayam Tsunami.

Kenapa? Hal ini dikarenakan, makanan tersebut akan disajikan pada piring dengan bentuk yang tidak beraturan. Dalam hal ini, sama seperti bencana Tsunami yang terjadi di wilayah Aceh. Tentu saja makanan ini memiliki nama yang bersejarah, bahkan makanan ini menjadi nikmat untuk dicicipi oleh anda.

4. Kuah Blang (Beulangong)

6 Kuliner Dan Makanan Khas Langsa, Aceh Yang Harus Dicobai Oleh Anda 7

Kuah Blang-bisniswisata.co.id

Kembali lagi ke kuliner yang berkuah, dan salah satunya makanan khas Langsa yang berkuah adalah Kuah Blang. Makanan ini sudah menjadi suatu kebiasaan bagi orang yang ada disana apabila musim tanam padi tiba.

Itulah sebabnya Kuah Blang menjadi salah satu makanan khas Langsa, dimana ini memiliki sejarah yang unik. Biasanya Kuah Blang ini menjadi sebuah menu utama disetiap acara yang seperti pernikahan, hajatan, selamatan dan beberapa perayaan lainnya.

Anda bisa mendapatkan rasa dari Kuah Blang ini dengan mengunjungi Warkop Dapur Kupi Kencana. Alamatnya terletak dijalan Islamic Center No. 3, Langsa Baro, silahkan dikunjungi!..

5. Gulai Ikan Sembilang

6 Kuliner Dan Makanan Khas Langsa, Aceh Yang Harus Dicobai Oleh Anda 8

Gulai Ikan Sembilang-nazlee.com

Jika anda sering merasa bosan dengan makanan yang berbahan daging, maka cobalah untuk mencicipi Gulai Ikan Sembilang ini. Dimana makanan ini menjadi sebuah makanan khas Langsa yang harus dicobai oleh anda. Makanan yang halal ini mampu membuat lidah anda menari.

Kelezatan dari makanan ini sudah tidak bisa diragukan lagi, dimana bahan utamanya terbuat dari ikan sembilang dan dilengkapi dengan bumbu gulai. Pada umumnya, makanan ini bukan hanya sedap saja untuk disantap, melainkan makanan ini memiliki banyak manfaat untuk anda.

Apabila anda ingin mencicipi dan merasakan kenikmatan yang luar biasa dari Gulai Ikan Sembilang ini, maka cobalah untuk mampir di kota Langsa. Tersedia di Warung Nasi Umi yang terletak dijalan Kuala Langsa tepatnya dibagian kiri jika anda berasal dari pusat kotanya.

Baca juga ya:

6. Sate Matang

6 Kuliner Dan Makanan Khas Langsa, Aceh Yang Harus Dicobai Oleh Anda 9

Sate Matang-magazine.job-like.com

Sate matang merupakan makanan khas Langsa yang terakhir direkomendasi kali ini. Sate matang disajikan dengan bahan utamanya, yakni Kambing akan tetapi sering kali makanan ini disajikan dengan daging Sapi. Hal ini hanya tergantung dari penjualannya saja.

Bahan pelengkap dari makanan ini terdiri atas kuah kaldu yang kental dengan bawang goreng yang akan ditaburi di bagian atasnya. Makanan ini berbau wangi dan harum karena adanya kuah kaldu yang kental dan sudah dicampuri dengan rempah-rempah pilihan.

Anda ingin mencobanya? Nah, bagi anda yang ingin mencobanya, maka anda dapat mengunjungi ke Rex atau Pusat Kuliner Langsa. Tempat tersebut berada dijalan Ahmad Yani tepatnya di depan SPBU Harapan dan disebelah Kantor Pos.

Leave a Reply