Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Agung Tanggamus

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Agung Tanggamus 1

Makanan Khas Kota Agung Tanggamus. Foto : duniaindra.com

Kuliner dan Makanan Khas Kota Agung Tanggamus – Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri, salah satu keunikannya terdapat pada kuliner yang dimilikinya. Tak lengkap rasanya bila kalian tak menyantap makanan khas ketika mengunjungi sebuah daerah. Apabila mengunjungi Kota Agung Tanggamus, sebuah kota di kabupaten Tanggamus, kalian dapat menyantap kuliner yang memiliki cita rasa lezat dan segar yang tentu saja tidak dijumpai di daerah lain.

Lokasi Kota Agung Tanggamus

Kota Agung merupakan sebuah kota yang terletak kabupaten Tanggamus, Lampung. Terletak dibawah kaki Gunung Tanggamus dan sisi pantai Teluk Semangko membuatnya menjadi penghasil ikan segar yang cukup banyak. Tak heran, bila kota ini memiliki banyak variasi makanan khas berbahan dasar ikan.

Untuk mengunjungi kota ini, kalian dapat menggunakan mobil dari Bandar Lampung dengan menempuh waktu sekitar 2,5 jam atau sejauh 104 km. Perjalanan yang memakan waktu cukup lama ini akan terbayar dengan tempat wisata yang memesona dan tentu saja kuliner yang lezat.

Daftar Wisata Kuliner di Kota Agung Tanggamus

Berikut adalah 6 kuliner dan makanan khas Kota Agung Tanggamus yang tak boleh kalian lewatkan.

1. Sup Ikan Marlin

Sup Ikan Marlin - Makanan khas Kota Agung Tanggamus

Sup Ikan Marlin, Makanan Khas Kota Agung Tanggamus – Foto : duniaindra.com

Dengan lokasi yang terletak di tepi teluk, ikan blue marlin menjadi salah satu hasil laut yang cukup banyak diperoleh. Olahan ikan blue marlin yang bisa kalian nikmati ialah sop ikan marlin yang menjadi makanan khas Kota Agung Tanggamus.

Kuliner yang begitu segar ini memiliki kontur daging yang lembut dan tidak berbau amis sangat cocok untuk kalian menyuka sop ikan. Tak heran, makanan ini menjadi menu andalan yang dijual di beberapa rumah makan. Untuk harga 1 porsi sop cukup murah yaitu sekitar Rp25.000. Namun, jangan sampai ketinggalan ya karena sop ini sangat cepat habis.

2. Otak-otak, makanan khas Kota Agung Tanggamus

Otak-otak - makanan khas Kota Agung Tanggamus

Otak-otak – Foto : @elephunx25_85

Makanan olahan hasil laut yang digemari bukan hanya penduduk lokal saja namun juga penduduk sekitar seperti dari Kab. Pringsewu, Bandar Lampung, dan Jakarta ialah otak-otak. Makanan berbahan dasar ikan tenggiri ini begitu diburu wisatawan dan masyakart lokal terlebih di bulan Ramadhan.

Rasa gurih dengan kelembutan daging dan aroma yang khas dari otak-otak ini sangat pas dipadukan dengan cuka merah atau bumbu kacang yang membuatnya semakin lezat dan nikmat. Dengan mengeluarkan uang Rp1.000, otak-otak yang menjadi makanan khas Kota Agung Tanggamus bisa kalian bawa pulang.

Baca Juga ya :

3. Iwan

Iwan - makanan khas Kota Agung Tanggamus

Iwan, Makanan Khas Kota Agung Tanggamus – Foto : www.kupastuntas.co

Walau nama iwan begitu identik dengan nama orang, tapi di Kota Agung Tanggamus nama iwan merujuk pada salah satu makanan khas yang patut untuk coba. Iwan terbuat dari bahan dasar ikan yang berbentuk bulat seperti layaknya bakso.

Iwan dapat disajikan dalam dua cara yaitu digoreng atau direbus. Jika iwan disajikan dengan cara direbus, penyajiannya akan seperti bakso namun tidak menggunakan mie. Namun, bila iwan digoreng, dapat disajikan bersama dengan kuah cuka merah. Kalian bisa menikmati dua cara penyajian ini yang sama-sama lezat dengan rasa yang gurih dan manis dari ikan yang segar.

4. Bekasam

Bekasam - makanan khas Kota Agung Tanggamus

Bekasam – Foto : ilarizky.com

Makanan khas Kota Agung Tanggamus lainnya yang tak boleh ketinggalan adalah bekasam. Bekasam merupakan istilah yang digunakan untuk produk fermentasi ikan secara tradisional. Fermentasi ini menggunakan bahan alami agar ikan tidak cepat busuk yang dilakukan selama beberapa hari.

Bekasam biasanya disajikan pada saat tertentu seperti pada upacara adat atau penyambutan tamu kehormatan. Akan tetapi, kalian bisa juga menemui makanan ini di beberapa lokasi wisata di Kota Agung Tanggamus yang dijual oleh penduduk lokal.

5. Sambol Cubik

Sambol Cubik - makanan khas Kota Agung Tanggamus

Sambol Cubik – Foto : bobo.grid.id

Tidak afdol rasanya menikmati hidangan segar laut tanpa adanya sambal. Biasanya, sambal ini dihidangkan saat menyantap ikan dan terong bakar. Sambal yang terkenal sebagai pelengkap makanan khas Kota Agung Tanggamus ini ialah sambol cubik.

Pembuatannya sama seperti sambal pada umumnya, yaitu menggunakan bawang merah, cabai, terasi, dan garam. Membuatnya berbeda dari sambal lain ialah sambal yang telah jadi disiram dengan santan segar kental, inilah yang dikenal dengan sambol cubik.

Kalian bisa menikmati sambol cubik yang siramkan ke ikan dan terong bakar hingga tampak terendam. Perpaduan rasa pedas sambal dan gurih dari ikan dan terong bakar menyatu menjadi satu sehingga menghasilkan rasa lezat yang begitu nikmat untuk disantap.

6. Lepot Tapai

Lepot tapai - makanan khas Kota Agung Tanggamus

Lepot Tapai, Makanan Khas Kota Agung Tanggamus – Foto : lampungtraveller.blogspot.com

Tidak hanya olahan ikan, Kota Agung Tanggamus juga memiliki kue tradisional yaitu lepot tapai. Berbahan dasar beras ketan, kue ini dimasak tanpa campuran bumbu lainnya, hanya menggunakan santan kelapa, lalu dikukus hingga matang.

Lepot tapai dibalut oleh daun aren dengan pola memanjang dengan dililitkan lidi dari daun aren agar tidak terlepas ketika di kukus. Kue yang menjadi makanan khas Kota Agung Tanggamus ini dapat disajikan bersama dengan tapai manis atau sambal iwa. Kalian bisa menikmati kue ini dengan cara dicocol.

*

Itulah 6 kuliner dan makanan khas Kota Agung Tanggamus yang dapat kalian cicipi jika berkunjung ke Kota Agung. Tidak hanya makanan khas dari olahan ikan tetapi juga kue tradisional yang bisa kalian bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Leave a Reply