Air Terjun, Alam, Danau, Harga Tiket, Pantai

5 Tempat Wisata di Kota Agung Kabupaten Tanggamus yang Memesona

5 Tempat Wisata di Kota Agung Kabupaten Tanggamus yang Memesona 1

Pantai Batu Hiu Tanggamus, sumber-nativeindonesia.com

Tempat Wisata di Kota Agung Kabupaten Tanggamus – Kabupaten Tanggamus yang beribukota di Kota Agung Pusat ini termasuk memiliki banyak tempat wisata yang indah dan menakjubkan.

Lain dengan tempat wisata sebelumnya di kabupaten Pringsewu yang lebih banyak dijadikan berswafoto karena spot tempatnya yang instagramable.

Kabupaten Tanggamus di kota Agung ini secara geografis adalah wilayah teluk. Teluk Semaka yang menjadi teluk terbesar di Lampung dengan panjang pantai sekitar 200 km berada di kabupaten ini. Maka tak heran jika wisata alam bahari dan wisata alam yang tersembunyi dapat kita jumpai di kabupaten Tanggamus ini.

Daftar Tempat Wisata Di Kota Agung Kabupaten Tanggamus

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai hal apa saja di tempat wisata terbaik yang ada di Kota Agung Kabupaten Tanggamus yang wajib untuk dikunjungi.

1. Pantai Mulang Sayang Tanggamus

5 Tempat Wisata di Kota Agung Kabupaten Tanggamus yang Memesona 2

Pantai Mulang Sayang- sumber: wisato.id

Tempat Wisata di Kota Agung Kabupaten Tanggamus yang pertama adalah Pantai Mulang Sayang berada di Desa Way Nipah, Kecamatan Pematang Sawa. Pantai Mulang Sayang ini termasuk pantai yang masih alami dan belum banyak dikunjungi orang. Padahal pemandangan di pantai ini sangat indah karena banyak barisan pepohonan kelapa di pinggir pantai.

Kemudian ombak di pantai ini juga masih tenang, jadi bisa dipakai untuk bermain air atau mungkin berenang. Apabila pengunjung ingin datang ke pantai ini, harus membawa bekal sendiri karena di sini belum ada penjual makanan. Namun, fasilitas seperti kamar mandi umum dan toilet sudah tersedia.

2. Teluk Kilauan Tanggamus

Tempat Wisata di Kota Agung Kabupaten Tanggamus

Teluk Kilauan, Tempat Wisata di Kota Agung Kabupaten Tanggamus -sumber: dolanyok.com

Teluk Kilauan adalah salah satu tempat wisata yang wajib kalian kunjungi. Teluk ini berada di desa Kilauan Negeri, kecamatan Kelumbayan, kabupaten Tanggamus. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari kota Bandar Lampung, hanya sekitar 80 kilometer dan dapat ditempuh selama waktu 3 hingga 4 jam.

Di teluk Kilauan ini selain kalian bisa melihat segerombolan lumba-lumba di laut lepas seperti di Pantai Lovina Bali. Kalian juga bisa bermain pasir di pesisir pantai dan juga berenang di laguna biru yang bagus banget.

3. Danau Hijau Ulubelu Tanggamus

Tempat Wisata di Kota Agung Kabupaten Tanggamus

Danau Hijau- sumber: traveltodayindonesia.com

Tempat wisata Danau Hijau Ulubelu berada di Desa Muaradua, Kecamatan Ulubelu. Danau ini bisa dikatakan merupakan danau alami  yang terbentuk dari proses alam.

Di danau ini kalian akan disuguhi pemandangan eksotis berupa air yang berwarna hijau. Air dari danau ini pun konon mempunyai suhu yang hangat karena di bawah danau tersebut ada bongkahan belerang yang mendidih.

Oleh karena itu jangan kaget apabila kalian akan mencium bau belerang yang menyengat di danau ini. Selain itu di danau ini terdapat banyak fasilitas seperti gazebo untuk tempat beristirahat dan juga beberapa pedagang makanan.

4. Pantai Gigi Hiu Tanggamus

Pantai Gigi Hiu, Tempat Wisata di Kota Agung Kabupaten Tanggamus

Pantai Gigi Hiu, Tempat Wisata di Kota Agung Kabupaten Tanggamus – sumber: wisato.id

Pantai Gigi Hiu ini terletak di desa Pegadungan, kecamatan Kalumbayan, kabupaten Tanggamus.

Pantai Batu Hiu adalah nama populer dari pantai Gigi Hiu yang juga punya nama lain Batu Layar atau Pegadungan. Dinamakan pantai Gigi Hiu karena di tempat ini terdapat gugusan karang tajam yang mirip dengan gigi ikan hiu.

Pantai Gigi Hiu ini dianggap sebagai pantai yang paling fotogenik tidak hanya di kota Lampung sendiri, tetapi di seluruh Indonesia. Lokasi pantai dengan panorama gugusan karang yang menakjubkan ini berada tidak jauh dari Teluk Kilauan.

5. Air Terjun Way Lalaan Tanggamus

Tempat Wisata di Kota Agung Kabupaten Tanggamus

Air Terjun Way Lalaan- sumber:travellingyuk.com

Tempat wisata air terjun ini konon sangat terkenal sekali dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Lokasinya berada di desa Kampungbaru, kecamatan Kota Agung Timur atau tepat berada di kaki Gunung Tanggamus.

Keistimewaan Air Terjun Way Lalaan adalah air terjun ini memiliki ketinggian air hingga 11 meter dan airnya sendiri mengalir ke sungai Lalaan yang bermuara ke Teluk Semangka.

Akses menuju ke lokasi air terjun ini pun cukup mudah, kalian hanya perlu menaiki anak tangga yang terbuat dari beton bekas peninggalan jaman Belanda tahun 1937 silam.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Way Lalaan

Untuk masuk ke tempat ini kalian harus membayar tiket masuk sebesar 5000 rupiah dan biaya parkir motor sebesar 5000 rupiah.

Lokasi Air Terjun Way Lalaan

Untuk menuju ke air terjun ini dari kota Bandar Lampung, kalian menggunakan bus jurusan Rajabasa – Kota Agung dan berhenti tepat di pintu masuknya. Pintu masuknya berada persis di sebelah kiri jalan sebelum pintu masuk kompleks Pemda Tanggamus.

Sumber: wisato.id, jumanto.com, travellingyuk.com

Leave a Reply