Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Bukit Tinggi

Makanan Khas Bukit Tinggi

https://republika.co.id/

Makanan Khas Bukit Tinggi menjadi salah satu tujuan para wisatawan jika sedang berlibur ke Bukit Tinggi. Banyak makanan enak di Bukit Tinggi yang akan memanjakan perut Anda. Bukti Tinggi merupakan salah kota yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berlibur.

Banyak tempat wisata di Bukit Tinggi, kami sudah pernah membahasnya di artikel 5 Tempat Wisata di Kota Bukit Tinggi. Artikel-artikel yang kami buat akan menjadi rekomendasi Anda untuk berlibur. Berikut rekomendasi makanan khas Bukti Tinggi yang wajib Anda coba karena memiliki citarasa yang enak, yaitu :

1. Karupuak Kuah

Makanan khas Bukit Tinggi yang pertama adalah Karupuak Kuah. Karupuak yang dimaksud adalah kerupuk, kerupuk yang terbuat dari singkong atau beras. Biasanya kita memanggilnya dengan sebutan opak. Lalu kerupuk atau opak tersebut disiram dengan kuah sate padang yang dicampur dengan sambal dan bihun.

Makanan khas Bukti Tinggi ini sangat cocok sebagai cemilan. Jika Anda ingin mencoba jajanan ini banyak dijual di area Jam Gadang dan harganya juga sangat terjangkau.

2. Ampiang Dadiah

Jajanan ini tidak akan ditemukan di daerah manapun benar-benar khusus daerah Bukit Tinggi. Rasa dari jajanan ini cukup unik karena dibuat dari campuran karamel yang dibuat gula merah, ketan putih, dan ketan merah. Ketan merah itu yang disebut ampiang. Lalu dicampur juga dengan susu kerbau yang sudah difermentasi hingga seperti keju.  Untuk mencoba jajanan ini Anda bisa ke Pasar Lereng.

3.  Martabak Kubang

Mirip dengan martabak asin, namun makanan khas Bukit Tinggi ini memiliki ukuran yang lebih tebal. Martabak kubang memiliki varian, yaitu martabak biasa, martabak super, dan martabak special. Cocok untuk mengganjal perut, Anda wajib coba agar tau perbedaannya dengan martabak asin.

4. Kopi Kawa Daun

Bagi pencinta kopi dan bagi Anda yang sering minum kopi Anda wajib mencoba kopi ini jika Anda berlibur ke Bukit Tinggi karena kopi ini berbeda dengan kopi pada umumnya. Kopi ini diseduh dengan daunnya bukan dengan bubuk. Dan penyajiannya mempunyai daya tarik karena disajikan menggunakan batok kelapa.

Dan Anda juga bisa mencampurnya dengan susu. Kopi ini memiliki warna yang hitam pekat dan aroma yang begitu kuat.

5. Itiak Lado Mudo

Makanan khas Bukit Tinggi yang satu ini sangat terkenal. Itiak Lado Mudo adalah bebek sambel hijau. Sambal hijaunya jangan diragukan lagi sudah pasti enak. Sambal hijau dicampur dengan makanan apapun pasti akan menciptakan rasa yang enak. Ada dua cara memasaknya, yaitu direndang dan digulai. Keduanya sama-sama enak.

Jika Anda ingin coba itiak lado mudo makanan khas bukit satu ini, Anda bisa datang ke warung itiak balado mudo di Ngarai Sianok. Warung itik lado balado tersebut sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan.

6. Ketupek Pical

Ketupek pical ini adalah makanan khas Bukit Tinggi yang seperti pecel karena isinya mirip seperti pecel, yaitu sayuran yang disiram dengan bumbu kacang. Sayuran tersebut seperti jantung pisang, rebung daun picuk singkong, dan daun lobak Singgalang. Lalu dicampur juga dengan irisan ketupat dan ditaburkan kerupuk merah khas Minang diatasnya.

Jika Anda ingin mencoba ketupek pical, silahkan datang ke Warung Pical Sikai, di Jalan Panorama nomor 19C. Warung tersebut juga menjual makanan khas Bukit Tinggi lainnya seperti lamang tapai.
Masakan Sumatera Barat tidak perlu diragukan lagi. Makanannya sangat enak, apalagi nasi padang. Nasi padang menjadi idola semua orang se-Indonesia. Masih banyak makanan lainnya yang wajib kalian coba, seperti nasi kapau yang sudah sangat terkenal saat ini. Nasi kapau juga sangat wajib kalian coba.
Selain itu juga ada sate padang dan soto padang yang wajib kalian coba ketika di Sumatera Barat. Kalian bisa langsung bedakan sensasi makan langsung di sana dengan makan di daerah tempat asal kalian.  Makanan khas Bukit Tinggi yang makanan ringan maupun makanan berat memilik banyak jenis. Contohnya makanan ringannya kerupuk, kerupuk ada beberapa jenis, ada kerupuk sanjai yang sudah terkenal.

Leave a Reply