Budaya

6 Cerita Rakyat Dari Sulawesi Yang Terkenal

cerita rakyat dari Sulawesi

cerita rakyat dari Sulawesi // histori.id

Cerita Rakyat Dari Sulawesi – Indonesia benar-benar sebuah negara yang di setiap daerahnya terdapat kisah-kisah legenda tertentu. Salah satu yang terkenal adalah cerita rakyat dari Sulawesi yang hingga saat ini masih terawat dengan baik.

Hal ini disebabkan oleh kesadaran masyarakat untuk tetap menurunkan cerita-cerita tradisional kepada anak cucunya. Sehingga muncul siklus penceritaan legenda yang terus berkembang dengan intensif.

Baca juga ya : 

cerita rakyat dari Sulawesi

cerita rakyat dari Sulawesi // ceritarakyat.com

Nah, di bawah ini ada beberapa sinopsis sederhana tentang cerita legenda yang berasal dari propinsi Sulawesi. Kumpulan rangkuman cerita yang menjadi bukti kalau Sulawesi dan Indonesia adalah gudangnya legenda. Ini kisah cerita yang dimaksud:

1. Legenda Batu Bangga

Legenda Batu Bangga

Legenda Batu Bangga // pedomanbengkulu.com

Legenda Batu Bangga adalah kisah seorang anak bernama Intobu yang durhaka kepada ayahnya yang sudah tua renta. Bahkan, ia tega tidak menyelamatkan sang ayah saat terjadi gelombang ganas hanya karena malu pada istrinya yang cantik.

Akhirnya sang ayah pun mengutuk Intobu menjadi batu beserta bangga atau sejenis perahu yang cukup besar.

Beberapa saat setelah doa dipanjatkan, terjadi petir dan si anak durhaka tersebut akhirnya menjadi batu yang disebut batu bangga.

Ada pesan moral yang bisa dipetik dari legenda ini yaitu jangan pernah menyia-nyiakan orang tua di masa tuanya. Justru ia harus dirawat dengan baik atau tuhan akan murka lalu mengirimkan laknatnya.

2. Legenda Sigarlaki dan Limbat

Legenda Sigarlaki dan Limbat

Legenda Sigarlaki dan Limbat // youtube.com

Legenda Sigarlaki dan Limbat adalah kisah yang populer dan layak diceritakan kepada anak cucu kita. Pasalnya, di dalam kisah ini terdapat pesan moral yang bagus yaitu tidak asal menuduh orang sembarangan.

Sigarlaki adalah seorang pemburu yang memiliki pelayan bernama Limbat. Karena Sigarlaki merasa lapar tetapi tidak mendapatkan satu buruan pun maka ia pulang dari hutan dengan harapan Limbat memasak untuknya.

Sayang, ketika sampai di rumah Sigarlaki tidak menemukan makanan sedikitpun yang kata Limbat telah dicuri oleh orang.

Namun, Sigarlaki tidak percaya dan menyangka makanan telah dihabiskan sendiri oleh pembantunya tersebut. Dari sini konflik terus bermula yang membuat Sigarlaki akhirnya menyesal karena menuduh Limbat macam-macam.

3. Legenda Si Penakluk Rajawali

Legenda Si Penakluk Rajawali

Legenda Si Penakluk Rajawali // WAWASAnews.com

Cerita rakyat dari Sulawesi yang juga cukup terkenal adalah Legenda Si Penakluk Rajawali. Sebuah kisah tradisional yang menarik karena dibumbui dengan intrik perkelahian antara pemuda tampan dengan rajawali raksasa.

Kisah diawali dari keresahan seorang raja yang harus mengorbankan satu putri kesayangannya kepada rajawali raksasa. Karena itu, ia pun mengadakan sayembara barang siapa yang bisa menaklukkan rajawali tersebut akan dinikahkan dengan putrinya yang cantik.

Cerita tidak sederhana tersebut karena si pemuda yang akhirnya berhasil membunuh sang rajawali justru lebih memilih kembali mengembara daripada menikahi sang putri.

Namun, akhirnya lewat sebuah gelaran bola sepak, akhirnya putri dan sang pemuda dipertemukan kembali dan pernikahan bisa dilangsungkan.

Baca juga ya : 

4. Legenda Hawadiyah

Legenda Hawadiyah

Legenda Hawadiyah // takterlihat.com

Legenda Hawadiyah adalah kisah percintaan yang sangat populer di Sulawesi. Mengisahkan dua orang perempuan bernama Hawadiyah dan Bekkandari yang tinggal di sebuah kampung bernama Mandar.

Hawadiyah adalah perempuan cantik tetapi miskin dan hanya tinggal bersama ibunya di gubuk yang reyot. Sedangkan Bekkandari adalah perempuan yang kaya raya tetapi memiliki wajah yang biasa saja.

Keduanya terlihat konflik sengit ketika ada pemuda bernama Mara’ Dia Jawa hendak melamar Hawadiyah. Terjadi konflik percintaan yang seru setelah itu, apalagi Hawadiyah dan ibunya menjadi pekerja di perkebunan kelapa sawit milik keluarga Bekkandari.

5. legenda Putri Tandampalik

Legenda Putri Tandampalik, Cerita Rakyat Dari Sulawesi

Legenda Putri Tandampalik, Cerita Rakyat Dari Sulawesi // Pengajar.co.id

Legenda Putri Tandampalik adalah kisah yang hits di Sulawesi. Bahkan, sering dijadikan bahan dongeng ketika orang tua akan menidurkan anaknya di malam hari.

Di dalam kisah ini ada seorang putri bernama Putri Tandampalik yang diusir dari Kerajaan Luwu karena diserang penyakit kusta.

Namun, ketika si putri terdampar di sebuah pulau, kusta di tubuhnya sembuh karena dijilati oleh seekor kerbau putih.

Akhirnya sang putri menikah dengan putra mahkota Kerajaan Bone. Kehidupan mereka akhirnya berbahagia sekalipun keduanya berasal dari dua negara yang berbeda di kala itu.

6. Panglima To Dilating

Panglima To Dilating, Cerita Rakyat Dari Sulawesi

Panglima To Dilating, Cerita Rakyat Dari Sulawesi // ceritarakyat.com

Cerita rakyat Sulawesi yang terakhir adalah Panglima To Dilating. Kisah singkat tetapi mengandung pesan moral yang bagus. Bahkan, ada yang mengatakan kalau legenda ini adalah sebuah kisah sejarah tentang seorang panglima yang gagah perkasa.

Panglima To Dilating adalah kepala pasukan Raja Gowa yang berhasil mengalahkan raja Lego yang telah menindas rakyat di Kerajaan Balanipa. Tak dinyana, ternyata Raja Balanipa sebelumnya adalah ayahnya sendiri yang dulu hendak membunuhnya saat masih bayi.

Untung Panglima To Dilating diselamatkan oleh Patih Puang Moso dari kekejaman ayahnya sendiri. Sehingga, jadilah ia panglima kerajaan Gowa yang disegani.

Itulah beberapa cerita rakyat dari Sulawesi yang layak diketahui oleh masyarakat. Jangan lupa untuk terus diceritakan kepada generasi selanjutnya supaya legenda tidak hilang ditelan jaman.

Leave a Reply